Arti Ngeblast dalam dunia Ojek Online Grab atau Gojek

Halo Brosis, salam satu aspal dan salam satu atribut untuk semua rekan ojek online diseluruh dunia. Kali ini saya mau membahas sedikit tentang ngeblast, mungkin hampir semua driver ojek online sudah tahu arti istilah ngeblast ini. Nah mungkin bagi customer yang penasaran dan juga ingin tahu apa sebenarnya ngeblast itu dalam dunia ojek online.

Arti Ngeblast dalam dunia Ojek Online Grab atau Gojek

Sudah hampir setahun saya menjadi ojek online paruh waktu kadang dengan Go-jek kadang dengan Grab, nah selama setahun itu sudah ada banyak kenangan baik suka maupun dukanya saat menjadi driver ojek online di Denpasar Bali dan sempat juga beberapa bulan online di Singaraja Bali.

Menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H tahun 2019 ini, pastinya banyak penduduk pendatang yang tinggal di Bali pada mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga besar. Termasuk juga rekan-rekan driver ojek online yang ada di Bali banyak yang mudik, sehingga jumlah driver yang online di Bali menjadi lebih sedikit.

Driver ojek online Grab/Gojek di Bali mungkin lebih banyak dilakoni oleh pendatang, oleh sebab itu ketika ada hari raya Lebaran seperti ini maka jumlah driver akan semakin sedikit. Selain itu ada waktu-waktu tertentu orderan akan ngeblast, seperti pengalaman saya jadi driver ojol, setiap hari jumat pada saat jelang solat Jumat, maka order pasti ngeblast. Sementara itu ketika order banyak namun driver yang online hanya sedikit maka akan ada beberapa hal yang mungkin terjadi ketika kamu order ojek online.
  1. Sudah pasti akan susah mendapatkan driver ojek online
  2. Meskipun mendapat driver, namun lokasinya bisa jauh dari lokasi kamu atau jauh dari merchant, bisa sampai 5 km jauhnya. 
  3. Ada kenaikan harga / tarif ketika banyak permintaan. Sama halnya dalam hukum ekonomi, ketika banyak permintaan namun penawaran sedikit maka tentu harga akan lebih mahal. Hal ini terjadi pada platform ojol tertentu.
  4. Ketika jarak driver jauh dari titik jemput maka tentu akan memakan waktu yang lebih lama.
Nah itulah 4 hal krusial ketika jumlah driver sedikit yang online sedangkan permintaan banyak, biasanya jika posisi driver jauh, biasanya driver akan memberi tahu customer, kalau posisinya masih jauh. Biasanya driver akan memberikan 2 pilihan, mau menunggu lebih lama atau cancel saja dan cari driver lain yang lebih dekat. Semua itu tergantung customer apakah mau menunggu atau cari driver lain.

Loh kok gak ada bahas ngeblast dalam tulisan ini? Sabar dulu, sebelum saya bahas ngeblast dalam dunia ojol baik Grab/Gojek maka harus dipahami dulu apa yang saya sudah jelaskan di atas. Saya sendiri juga tidak terlalu paham dengan istilah ngeblast ini, terutama dari segi bahasanya. Apakah Ngbelast itu berasal dari bahasa inggris atau bahasa lain. Atau bisa saja dari kata bablas yang kemudian menjadi ngeblas yang artinya kecolongan atau kebobolan. Artinya order yang tidak seharusnya masuk, malah masuk ke driver yang lokasinya jauh.

Namun sebagai driver ojek online tentu saya paham apa arti dari istilah ngeblast ini. Ngeblast ini ada kaitannya dengan pembahasan saya diatas. istilah Ngeblast artinya titik jemput penumpang / merchant berada jauh dari lokasi driver ojol. Penyebabnya adalah karena driver sedikit yang online. Ketika orderan ngeblast driver bisa menjemput penumpang / merchant sampai 5 km jauhnya.

Kadang kalau customer yang pengertian maka dia akan membatalkan orderan itu dan mencari driver yang lain yang lebih dekat, namun ada juga driver yang tidak mempermasalahkan itu, mungkin karena dia tidak buru-buru sehingga mau menunggu lebih lama, ketika sudah begitu, mau tidak mau, driver harus menyelesaikan order tersebut.

Nah itulah pengertian istilah ngeblast pada dunia ojek online, baik grab maupun Gojek, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca tulisan di blog ini, semoga bisa memberikan wawasan yang lebih kepada pembaca.

Belum ada Komentar untuk "Arti Ngeblast dalam dunia Ojek Online Grab atau Gojek"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel