Cara Ganti Plat Nomor Kendaraan Grab Secara Online

Advertisement
Advertisement
Halo Brosis, sudah satu minggu saya menjadi driver GrabBike dan selama itu juga saya mengamati biaya yang saya keluarkan untuk narik dengan sepeda motor NMax tahun 2016. Setelah saya pakai selama 1 minggu maka saya putuskan untuk mengganti motor Yamaha Nmax tersebut karena alasan cost, dimana biaya yang dikeluarkan saya pikir terlalu besar mulai dari BBM yang pakai pertamax dan juga kampas rem yang cepat habis. Selain itu kasihan juga motor bagus dipakai ngojek entar cepat kriput, mending pakai untuk pulang kampung saja. 😆

Cara Ganti Plat Nomor Kendaraan Grab Secara Online

Kebetulan saya punya motor yang lebih tua dan masih bisa dipakai narik yakni tahun Vario Techno 125 FI old tahun 2014. Saya rasa biaya yang dipakai oleh Vario ini akan lebih hemat karena bisa memakai bahan bakar yang lebih murah dan juga dari segi yang lain yang saya rasa lebih hemat dan juga alasan lain lain adalah motor ini lebih kecil dan dipastikan akan lebih lincah dipakai ketika menembus kemacetan di jalan raya Denpasar dan sekitarnya.

Baca juga: Cara Memindahkan akun Grab Driver ke HP Baru

Selain itu dek Vario juga rata maka dipastikan bisa membawa barang lebih banyak sedangkan untuk NMax deknya tidak rata bahkan untuk membawa helm penumpang saja kadang agak susah karena tidak ada gantungan dan terhalau oleh tangki BBM yang berada di depan. Dengan demikian ketika saya ganti dengan Vario saya rasa akan lebih maksimal dalam hal membawa barang bawaan.

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa Ganti Nopol GrabBike / GrabCar

Hari ini Jumat, 4 Mei 2018 saya sudah mendaftarkan kendaraan saya secara online untuk mengganti plat nomor kendaraan yang ada pada aplikasi Grab Driver. Pengajuan penggantian plat nomor secara online bisa dilakukan langsung dari aplikasi Grab Driver di HP.

Namun sebelum lanjut ada baiknya kita perlu tahu apa saja syarat untuk mengganti plat nomor kendaraan GrabBike/GrabCar secara online? silakan simak syaratnya di bawah ini:
  1. Motor yang didaftarkan harus minimal tahun 2008 karena saya berada di Denpasar. Sedangkan untuk GrabCar kendaraan minimal tahun 2010.
  2. Silakan buat foto Anda sedang memegang SIM/KTP.
  3. Silakan buat Foto Anda sedang memegang STNK
  4. Silakan buat Foto Anda dengan kendaraan (tampak plat nomor kendaraan)
  5. Foto Kendaraan Anda
  6. Foto surat kuasa dari pemilik STNK (jika STNK kendaraan bukan atas nama sendiri)

Silakan lihat contoh foto di bawah ini untuk memudahkan Anda untuk membuat foto yang di maksud di atas.

Cara Ganti Plat Nomor Kendaraan Grab Secara Online


Jika sudah mempersiapkan beberapa dokumen di atas maka lanjut untuk unggah dokumen tersebut langsung dari aplikasi Grab Driver di HP kamu. Nah seperti apa caranya silakan simak cara mengganti plat nomor kendaraan GrabBike dan GrabCar secara online.

Cara Ganti Plat Nomor Kendaraan Grab Secara Online

  1. Buka aplikasi Grab Driver, silakan Tap menu Lainnya (garis tiga pojok kanan bawah) cari Profil Saya >> Tap Plat No  >>tap Informasi kendaraan (plat nopol)
  2. Setelah itu akan muncul syarat dan foto seperti di atas, dan ada keterangan bahwa perubahan pelat nomor Anda akan diproses dalam waktu maksimal 3 x 24 jam. setelah itu silakan scroll ke bawah, silakan isi form tersebut dengan benar.
  3. Silakan isi formulir tersebut mulai dari pilih kota tempat Anda, isi Nomor KTP, Nomor Pelat yang lama, Merk kendaraan yang baru, Tahun pembuatan, silakan pilih jenis layanan GrabBike /GrabCar.
  4. Setelah itu silakan unggah foto yang sudah disiapkan tadi mulai dari foto dengan KTP/SIM, foto dengan STNK, foto dengan kendaraan terlihat plat nomor, foto kendaraan dan foto surat kuasa jika STNK tidak atas nama sendiri.
  5. Jika sudah selesai memasukkan 4-5 foto diatas maka silakan pilih menu Kirim.
  6. Jika sudah di kirim maka akan muncul notifikasi Kami Peduli dengan Anda, Grab akan menindaklanjuti keluhan Anda. Setelah itu silakan klik selesai.
  7. Selanjutnya akan ada juga email yang masuk ke alamat email yang didaftarkan pada Grab, isinya adalah nomor tentang keluhan Anda yang sudah diterima oleh pihak Grab.
Nah itulah langkah mudah untuk mengganti plat nomor kendaraan GrabBike secara online langsung dari aplikasi Grab Driver di HP kamu. Proses itu katanya membutuhkan waktu 3 x 24 jam, namun pada kenyataannya tidak perlu waktu selama itu untuk mengganti palt nomor kendaraan.

Hari ini saya selesai unggah semua persyaratan itu pukul 11.02 Wita, karena butuh proses 3 hari maka saya memberanikan diri untuk mengaktifkan aplikasi dan mencari penumpang. Pertama tidak ada masalah karena nomor plat masih terlihat yang lama. Namun setelah pukul 16.25 Wita saya mendapat email dari Grab yang isinya tentang perubahan plat nomor kendaraan sudah selesai dan plat nomor kendaraan sudah berubah dari yang lama menjadi baru.

Setelah itu saya menerima order GrabBike, tanpa ragu saya terima order tersebut, setelah sampai dititik penjemputan, ternyata penumpang ragu dengan saya karena nomor plat yang diaplikasi beda dengan motor yang saya bawa. Namun bisa saya jelaskan bahwa saya baru saja mengganti motor namun saya tidak tahu kalau nomor kendaraan saya sudah berubah.

Jadi jika kamu mengganti plat nomor kendaraan, sebaiknya jangan dulu ngebid atau selalu perhatikan email yang masuk dari Grab terkait perubahan nomor plat tersebut supaya tidak menimbulkan keraguan dari penumpang. Untuk penggantian plat nomor kendaraan saya hari ini kurang lebih memakan waktu kurang lebih 5 jam saja. Nah itulah sedikit cerita mengubah plat nomor kendaraan pada Grab, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

12 Responses to "Cara Ganti Plat Nomor Kendaraan Grab Secara Online"

  1. Mas saya sudah buat seperti diatas dah 4 hari kok blum berubah juga ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah saat mengirim data-data tersebut sudah mendapat balasan dari pihak grab? jika belum mendapat balasan, mungkin ada beberapa dokumen foto yang kurang memenuhi syarat.

      Hapus
  2. Selamat siang mas, saya juga punya rencana mau ganti plat nomor, nah kan STNK bukan atas nama sendiri, harus buat surat kuasa. Dan di kebanyakan surat kuasa STNK harus ada ttd si pemilik. Nah kalau kita beli motornya bukan dari pemilik pertama, lalu gimana kita minta ttd si pemilik STNK-nya mas? Hehe mohon infonya mas kalau tau.

    BalasHapus
  3. Mas bisa gak perjelas tulisan surat kuasa diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk contoh surat kuasa supaya lebih jelas, silakan baca pada tulisan saya yang ini http://www.akriko.com/2018/07/contoh-surat-kuasa-untuk-grabbike.html terimakasih

      Hapus
  4. Pak saya baru daftar grab tp plat no saya salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau baru daftar, no platnya salah, tidak akan di terima, atau disuruh benerin data yang diunggah

      Hapus
  5. Pak saya kan udah mau aktivasi nih tinggal aktivasi aja.eh tapi motornya ketarik pak.solusinya gmn ya pak? padahal cuma tinggal aktivasi tapi motornya ditarik pak.bisa GK pak ganti motor lain?

    BalasHapus
  6. mlm mas....knp ya, pada saat ingin upload foto persyaratan ganti plat, kolom upload foto tidak bisa ke buka? terima kasih

    BalasHapus
  7. Mlm mas mo bikin surat kuasa tapi motor sendiri. Waktu daftar pake motornya istri gmnaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau motor sudah milik sendiri dan atas nama sendiri, tidak perlu membuat surat kuasa, terimakasih

      Hapus
  8. Mas saya calon mitra grab,tinggal nunggu aktivasi,sya daftar sudah trdaftar memakai motor adik saya,di karenakan motor saya pajak nya telat,nah yg mau sya tanya klo nanti motor saya mau saya bwa ngebid,ngurus ganti motor itu dmna,untuk wilayah tangerang,kalo ga bisa online,trima kasih

    BalasHapus

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih