Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air terjun Peng Empu di Sangeh

Akriko.com - Brosis, Hari Sabtu yang merupakan akhir pekan hari yang baik untuk menghabiskan waktu untuk mengunjungi tempat wisata untuk sekedar refreshing baik sendirian maupun dengan pasangan atau dengan keluarga. Setelah tadi pagi saya gowes ke tempat Jogging yang ada di Anggabaya Penatih saya pun mengisi hari sabtu ini untuk berkunjung ke tempat lain, sekalian pulang kampung. Mumpung lewat jalan di saat akan pulang kampung dan di Sangeh katanya di dekat Obyek Wisata Sangeh ada sebuah air terjun, nama air terjun tersebut adalah Air Terjun Peng Empu bukan Pengempu seperti yang selama ini saya tahu dan saya dengar.

Untuk mencari lokasi air terjun ini sangat mudah dan jalannya juga bagus dan sudah diaspal. Jika kamu berangkat dari Denpasar, maka cari saja jalur menuju arah obyek wisata Sangeh monkey forest nah jika kamu sudah melewati Obyek wisata Sangeh maka lagi kurang lebih 300 m ada pertigaan maka kamu belok kiri dan ikuti terus jalan tersebut sampai kembali menemukan perempatan dan kemudian kamu belok kanan setelah beberapa meter maka ada pertigaan ke kanan dan ada umbul-umbul nah di sanalah jalan untuk mencari lokasi atau alamat dari Air Terjun Peng Empu ini. Ikuti jalan itu lagi nanti akan ada jalan turun dan di sana juga banyak ada umbul-umbul nah di sanalah lokasi dari Air terjun Peng Empu ini. Silakan parkir kendaraan kamu di di atas jembatan kecil tersebut. Jika mau memakai google maps sebagai navigasi maka masukkan saja nama air terjun peng empu nanti akan ada petunjuk jalan yang jelas karena air terjun Peng Empu ini sudah tercantum di google maps

Baca juga: Air Terjun Nungnung  yang masih satu jalur dengan air terjun Peng Empu

Jalan menuju lokasi air terjun sangat mudah, karena sudah ada tangga yang tersusun rapi dan juga ada besi untuk berpegangan. Kondisi tangga layaknya kita mengunjungi Air terjun biasanya, dimana ada anak tangga yang cukup curam juga. Selama menyusuri tangga maka kamu akan melihat pemandangan yang hijau disekitar kamu. Nah setelah kamu selesai menuruni anak tangga maka silakan belok kiri cari jalan tanah untuk bisa menemukan air terjun Peng empu ini.

Air terjun Peng Empu di Sangeh

Air terjun ini lumayan tinggi, namun debit airnya sangat kecil sehingga kurang berasa seperti air terjun. Di sana juga ada beberapa pancuran untuk Penglukatan (Pembersihan), airnya sangat bening dan sejuk. Air terjun ini juga sangat dangkal jadi mungkin bsia kalau mau mandi di sana. Tadi waktu saya kesana tidak ada orang selain saya. Tadinya ada dua pasang remaja namun sat saya tiba mereka sudah mau pulang dan saya juga sempat sedikit ngobrol bersama mereka, kira-kira mereka masih SMP namun mereka begitu ramah dan selalu menjawab pertanyaan saya dengan baik.

Baca juga: Jembatan Tukad Bangkung Tertinggi di Bali

Untuk masuk ke tempat wisata ini kamu tidak perlu membeli tiket masuk, namun kamu cukup medana punia seikhlasnya dan dimasukkan ke dalam kotak dana punia yang sudah disiapkan oleh pengelola Air Terjun Peng Empu. Namun saat saya ke sana, tidak ada petugas jaga dan suasana sepi. Disana juga ada warung namun karena sepi warung tidak ada yang buka. Mungkin kalau hari libur baru ramai pengunjung yang datang ke air Terjun Peng Empu

Air terjun Peng Empu di Sangeh

Karena sepi dan suasana kurang saya suka jadi saya putuskan untuk naik saat naik capeknya baru terasa karena menaiki lumayan anak tangga. Sampai di atas masih tidak ada orang atau masih sepi. Nah itulah cerita hari ini saat berkunjung ke Air Terjun Peng Empu, semoga bermanfaat.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain