Cara Supaya Video Open Camera Tersimpan pada SD Card

Advertisement
Advertisement
Sejak beberapa hari lalu saya sedang mencari cara tentang cara supaya hasil rekaman video dengan aplikasi Open Camera bisa tersimpan pada memori eksternal HP (SD Card) karena selama ini video hasil rekaman selalu tersimpan pada memori HP yang memorinya sudah hampir penuh sehingga tidak bisa merekam video dengan durasi yang panjang dan kualitas bagus karena memori cepat habis.

Cara Supaya Video Open Camera Tersimpan pada SD Card

Saya memilih Open Camera sebagai aplikasi rekam video pada ponsel Android saya karena aplikasi ini memiliki dua fitur yang sangat saya suka yakni lock focus yang berguna supaya fokus tidak berubah dan yang kedua adalah lock exposure yang berguna untuk mengunci pencahayaan sehingga video yang diambil tidak berubah rubah menjadi gelap dan terang atau sebaliknya.

Selama ini saya tidak tahu kalau video hasil rekaman dengan aplikasi Open Camera ini akan tersimpan di memori internal. Hal ini saya ketahui ketika saya sedang merekam acara Bondres Rare Kual diacara pernikahan kakak sepupu saya. Waktu itu merekam hampir dengan durasi dua jam, namun karena memori internal habis terpaksa merekam dengan kamera bawaan tanpa aplikasi.

Nah sejak saat itu saya berusaha merubah tempat menyimpan video hasil rekam dengan Open Camera dari memori internal ke memori Eksternal. Namun setelah saya coba-coba ternyata saya tidak berhasil, ternyata ada satu hal yang terlupakan saat saya mengaturnya. Baiklah saya tidak akan berlama-lama lagi, saya akan segera berikan cara Supaya Video Open Camera Tersimpan pada SD Card. Silakan simak di bawah ini.
  1. Pertama buka Aplikasi Open Camera, silakan cari Pengaturan (logo gerigi)
  2. Setelah itu silakan pilih More Camera Controls
  3. Setelah itu silakan cari dan aktifkan Use Storage Access Framework
  4. Setelah itu akan muncul seperti Pengelola File, silakan tap pojok kanan atas (tiga titik) silakan pilih Tampilkan Kartu SD.
  5. Setelah itu silakan tap pojok kiri atas (tiga garis) silakan pilih Kartu SD, disana juga terlihat berapa kapasitas memori yang tersisa.
  6. Setelah itu akan muncul folder yang ada di SD Card, silakan pilih folder yang sudah ada, atau bisa membuat folder baru dengan tap logo folder dengan tanda Plus (+). (pakai saja nama foldernya OpenCamera biar tidak bingung)
  7. Setelah selesai memilih atau membuat folder silakan lihat ke bawah, silakan tap PILIH "OpenCamera" (tergantung nama folder yang dipakai)
  8. Setelah selesai maka akan langsung keluar dari pengaturan folder tersebut.
  9. Setelah itu silakan coba merekam video dengan aplikasi Open Camera, silakan cek filenya tersimpan dimana, dan pastinya sudah tersimpan di SD Card dalam folder yang sudah dibuat sebelumnya.
Nah itulah cara memindahkan media penyimpanan hasil rekam dari Open Camera dari memori internal ke memori eksternal. Dengan demikian kita bisa merekam dengan durasi dan kualitas yang lebih bagus jika sudah punya memori eksternal dengan kapasitas besar. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Untuk lebih jelasnya bisa bisa tonton video di bawah ini.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Supaya Video Open Camera Tersimpan pada SD Card"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih