Mengaktifkan SMS Banking untuk Mandiri Online

Advertisement
Advertisement
Sejak beberapa minggu lalu Bank Mandiri hadir dengan pelayanan baru yakni Mandiri online di mana kita bisa melakukan berbagai transaksi secara online sehingga memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi.

Mengaktifkan SMS Banking untuk Mandiri Online

Saya sendiri yang baru beberapa bulan menjadi nasabah Bank Mandiri karena mengharuskan punya rekening Mandiri untuk transfer gaji. Sebelumnya saya memakai rekening BCA untuk semua kegiatan perbankan.

Nah kali ini saya punya rekening mandiri dan kebetulan ada layanan baru yakni Mandiri online maka saya langsung mengaktifkan layanan ini supaya bisa melakukan transaksi hanya dengan melalui online. Sebelumnya saya sudah mencoba bertransaksi, namun karena SMS Banking belum aktif maka selalu muncul pesan seperti ini "Transaksi tidak dapat di proses karena Anda tidak diizinkan untuk melakukan transaksi finansial di Internet banking. Mohon untuk melakukan aktivasi nomor handphone di Cabang."

Dari pesan itu, untuk mengaktifkan Mandiri Online ini ada beberapa hal yang harus dipenuhi yakni pastinya kamu sudah punya rekening Mandiri setelah itu harus mengaktifkan Internet Banking dan juga SMS Banking. Kebetulan saat buka rekening saya hanya mengaktifkan Internet banking jadi masih ada satu syarat yang kurang yakni SMS Banking.

Kebetulan saya ada tugas ke Bank Mandiri untuk setor tunai maka saya sempatkan untuk mengaktifkan SMS Banking dan juga Mandiri online karena saya juga waktu itu buka rekeningnya di bank tersebut yakni Bank Mandiri KCP Denpasar Renon.

Singkat cerita setelah selesai melakukan tugas kantor, saya pun bertanya kepada Pak Satpam untuk cara mengaktifkan Mandiri Online dan syaratnya adalah SMS Banking, nah saat itu saya disuruh mengaktifkan SMS banking dulu dengan mengisi formulir Permintaan / Keluhan Nasabah.

Pada formulir tersebut harus diisi Bank Cabang, Tanggal, Nomor telepon, Nama Lengkap, alamat, Kartu Identitas, nomor HP, Tempat tanggal lahir, nama Ibu kandung dan nomor rekening mandiri dan paling bawah ada tanda tangan nasabah. Silakan lihat gambar dibawah untuk jelasnya.

Setelah itu harus menunggu karena banyak juga nasabah yang perlu dengan CS, saat itu saya mendapat nomor antrian 012 dari jam 10 saya dapat giliran jam 11.30 Wita. Setelah itu saya pun dapat giliran dan langsung duduk di kursi yang ada di meja Customer Service saat yang bernama Irma. Mungkin sudah standar operasinya Bank Mandiri setiap nasabah yang bertemu dengan CS akan dijabat tanggannya.

Setelah itu saya serahkan formulir yang saya isi tadi, kemudian KTP asli dan juga kartu ATM. Saat itu saya bilang akan mengaktifkan Mandiri Online dan Mbak CS itupun mengerjakan beberapa hal dulu setelah itu dia bertanya, "ini SMS banking belum aktif ya?" saya pun menjawab "Iya Mbak ini SMS Banking belum aktif cuma Internet banking saja yang aktif". "Kalau begitu kita aktifkan dulu SMS Bangkingnya, silakan ikut saya ke ATM sebelah untuk mengaktifkan". Begitu kata mbak Irma saat itu.

Lanjut ke ATM Mandiri yang ada di sebelah kantor Mandiri tersebut, kebetulan kosong maka langsung saja saya masuk dan mendapat mesin yang diluar yang memakai layar sentuh. Untuk mengaktifkan SMS Banking, nasabah harus mendaftar dulu via mesin ATM caranya adalah sebagai berikut.

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin dan silakan masukkan kata sandi ATM kamu.
  2. Setelah itu silakan pilih menu Transaksi lainnya > Pendaftaran E-Banking > Mobile Banking setelah itu masukkan nomor telepon yang akan kamu daftarkan. Syaratnya nomor yang didaftarkan masih aktif dan minimal ada saldo Rp 1.000. Setelah itu silakan tekan benar
  3. Setelah itu silakan buat PIN SMS banking anda dengan enam digit angka, silakan masukkan ulang PIN Kamu.
  4. Silakan pilih YA jika ingin menerima SMS setiap ada transaksi di rekening kamu, silakan pilh tidak untuk tidak menerima SMS karena biaya per SMS adalah Rp 500.
  5. Setelah itu masukkan tanggal lahir kamu dengan format tanggal dua dijit, bulan dua dijit dan tahun 4 dijit contoh: 01021903
  6. Setelah itu selesai maka silakan tunggu nomor OTP yang akan dikirim ke nomor yang didaftarkan tadi jumlahnya 6 dijit.
Saat saya mendaftar yang didampingi oleh Mbak CS yang cantik itu sempat mengalami beberapa kendala, rasanya gimana gitu ditungguin lama sekali di dalem ruang mesin ATM. sempat tiga kali mengulang mendaftar karena kode OTP tidak kunjung dikirim. Percobaan pertama gagal dengan beberapa kali meminta perpanjangan waktu. Percobaan kedua juga sama nah yang terakhir yang ketiga kali baru bisa menerima no kode OTP dan langsung dimasukkan ke kolom yang ada pada layar mesin ATM tadi. nah setelah itu selesai maka kembali ke ruang kerja CS tersebut.

Setelah itu selesai Mbak CS mulai bekerja lagi dan mengaktifkan SMS banking supaya bisa melakukan transaksi via Mandiri Online. Setelah beberapa saat mbak CS ssudah selesai bekerja dan menjelaskan kalau SMS Banking dan Internet banking sudah aktif, maka dengan demikian saya sudah bisa memakai Mandiri Online.

Untuk bisa memakai Mandiri online cukup login ke website ibank.bankmandiri.co.id/ masuk dengan username Internet Banking dan passwordnya. Selain itu ada juga aplikasi Mandiri online di Google Play Store masuk dengan username Internet Banking dan password SMS banking yang sudah dibuat.

Nah setelah selesai menjelaskan seperti biasa CS bertanya apakah masih ada yang bisa dibantu? nah karena sudah selesai dan beres maka saya pun bilang tidak ada, cukup itu saja dan Mbak CS itu pun menjabat tangan saya lagi sebelum meninggalkan ruang CS tersebut. Nah itulah cerita saya saat mengaktifkan SMS bangking dan Mandiri Online di bank Mandiri KCP Denpasar Renon.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Mengaktifkan SMS Banking untuk Mandiri Online"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih