Tips Modifikasi Motor Old Vixion Menjadi Supermoto

Advertisement
Advertisement
Entah kenapa saat ini saya ngebet banget ingin memiliki motor Yamaha Vixion dengan modifikasi supermoto yang mau saya pakai untuk touring sekitar Bali saja dulu. Saat ini saya hanya punya motor Vario Techno 125 FI yang lama yang sudah sering saya pakai untuk touring sendirian. Namun dengan motor Vario saya merasa kurang gagah saat touring, oleh sebab itu saya ingin memiliki motor lain untuk touring.

Tips Modifikasi Motor Old Vixion Menjadi Supermoto

Dulu saya punya motor Vixion tahun 2010, namun karena jarang yang memakai makanya saya jual dan dulu saya belum punya niat untuk punya hobi touring naik motor dan sekarang saya menyesal telah menjual Yamaha Vixion itu. Silakan lihat foto di bawah ini saat saya mengendarai Old Vixion saya dulu.

Tips Modifikasi Motor Old Vixion Menjadi Supermoto

Namun sekarang saya berencana membeli Vixion bekas tahun 2012 dan setelah mendapatkannya akan saya langsung modifikasi supermoto sederhana, mungkin dengan budget 15 jutaan akan bisa mendapatkan 1 unit motor Yamaha Vixion bekas tahun 2012. Lalu apa saja yang perlu dirubah untuk modifikasi motor vixion supermoto? berikut adalah beberapa bagian yang harus dirombak saat merubah old vixion menjadi bergaya supermoto.

1. Peninggi Shock Depan

Supermoto sangat identik dengan shock depan yang tinggi. Sehingga diperlukan peninggi shock depan untuk menjadikan shock depan lebih tinggi. Sebenarnya kita bisa meng-upgrade shock depan dengan ukuran yang lebih tinggi seperti shock USD sepaket. Namun untuk membeli shock USD ini memang perlu biaya yang cukup mahal bisa sampai jutaan. Ya inilah solusi untuk lebih hemat pakai peninggi shock depan model sambung shock. Peninggi shock depan ini sudah banyak dijual dipasaran. Apalagi online shop juga sudah banyak yang menjual peninggi shock. Peninggi shock depan ini ada beberapa macam yaitu dengan tinggi 6cm, 8cm, 10cm, hingga 12 cm dan ada juga specialis order (tergantung permintaan pembeli). Namun anda perlu jeli dalam memilih untuk membeli peninggi shock depan ini. Jangan sampai anda tergoda dengan harga yang murah. Pilihlah peninggi shock yang berbahan lapis anti karat dan besi padat. Sehingga tidak mudah berkarat, kokoh dan terjamin tentunya kekuatannya. Ingat, jangan sembarang membeli peninggi shock yang murahan ya bro! Ini hubungannya sama nyawa anda bro.

2. Spakbor depan

Spakbor depan motor supermoto mempunyai ciri khas yaitu spakbor depan motor terlihat jentar :) pokoknya ciri khas banget. Referensi untuk penggantian spakbor depan Vixion supermoto sebaiknya menggunakan spakbor depan kawasaki zx 130 di custom sendiri (namun barangnya langka, beli di dealer harus indent), spakbor depan mio, spakbor depan kawasaki klx, kawasaki d'tracker dan lain - lain. Kebanyakan modifikasi motor Vixion supermoto memakai spakbor kawasaki zx 130 sebagai spakbor depan. Karena spakbor kawasaki zx 130 ini mempunyai model depan yang lancip, sehingga terkesan sporty dan garang.


3. Peninggi shock belakang

Untuk mengimbangi tinggi shock depan maka diperlukan juga peninggi shock belakang motor. Untuk motor vixion biasanya banyak meninggikan motor vixion dengan cara mengebor conroad vixion ori. Sebenarnya conroad fariasi peninggi shock belakang vixion ini sudah banyak yang menjualnya dipasaran. Namun untuk kualitasnya memang masih meragukan. Karena ada beberapa teman saya yang pernah menggunakan conroad peninggi shock belakang vixion fariasi, conroadnya tidak kuat, sehingga patah conroadnya, jadi ambles motornya. Jangan sampai terjadi seperti yang dialami teman saya. Sehingga direkomendasikan untuk membeli conroad ori di dealer resmi yamaha, dan mengebor conroadnya di tukang bubug agar posisi lubang bisa center dan tidak oleng saat motor dikendarai. Harga conroad ori vixion hampir lebih murah ketimbang conroad peninggi fariasi.

4. Spakbor belakang

Motor supermoto identik dengan spakbor jentar. Ya, begitulah kalo gak jentar terkesan kurang garang. Untuk aplikasi penggunaan spakbor belakang untuk modif vixion supermoto bisa menggunakan spakbor klx, spakbor byson, spakbor cs1, maupun spakbor ori yang dipotong dicustom jentar. :) Untuk pemasangannya memang kebanyakan tidak pnp (plug n play), perlu dicustom. Namun ada juga yang menjual spakbor custom model klx, cs1, byson yang sudah dicustom pnp di vixion, baik old vixion, maupun new vixion.

5. Standar samping dan tengah

Setelah motor menjadi lebih tinggi tentunya standar samping dan tengah menjadi kurang panjang. Solusinya adalah dengan cara menyambung standar samping san tengah. Ataupun juga bisa membeli standar khusus motor trail / supermoto yang pnp di vixion.

6. Selang rem depan

Biasanya setelah motor ditinggikan selang rem depan akan menjadi kurang panjang. Solusinya anda bisa mengganti selang rem ori vixion dengan selang aftermarket yang lebih panjang, berkualitas tinggi dan berlapis serabut baja. Sehingga selang rem lebih kuat, tahan terhadap gesekan, dan panas. Ada banyak selang rem depan aftermarket ng dijual di pasaran. Namun yang saya sarankan adalah merk TDR Racing itu sudah bagus dan kuat karena selang rem berlapis dari serabut baja dan harganya tidak begitu mahal tentunya.

7. Velg lebar dan ban lebar

Untuk urusan kaki - kaki biasanya untuk modifikasi motor vixion supermoto menggunakan velg lebar dan ban lebar. Selain lebih nyaman ketika dijalan, juga lebih mudah dalam mengendalikan motor karena tumpuan velg motor dan ban motor lebih luas sehingga motor lebih stabil. Untuk velg lebar ada 2 jenis yaitu velg balok (velg racing) dan velg jari - jari (velg ruji). Semua tergantung dari selera anda masing - masing. Sebaiknya gunakan juga ban lebar yang aman dan sesuai dengan ukuran lebar velg anda.

8. Headlamp

Sebenarnya memakai headlamp motor vixion ori pun juga sudah bagus untuk modif vixion supermoto. Namun ada juga yang mengganti headlamp ori vixion dengan headlamp lain agar lebih gagah dan garang seperti headlamp tiger revo, klx , d'tracker dan masih banyak lagi.


9. Stang motor

Sebenarnya stang ori pun juga sudah bagus untuk vixion supermoto. Stang ori + handguard juga sudah membuat motor vixion anda benar - benar terlihat maco dan berotot. Atau bisa ganti stang motor dengan yang lebih lebar agar kendali motor lebih nyaman. Saran saya pasanglah raiser + stang model fatbar. Stang model itu yang biasa digunakan untuk modif vixion supermoto.

10. Handguard

Agar motor terkesan lebih garang, lebih gahar, lebih berotot maka pasanglah handguard di stang motor vixion anda. Kombinasi stang fatbar + handguard akan menambah gahar vixion supermoto anda. Selain handguar sebagai acecories, handguard ini mempunyai fungsi sebagai pelindung tangan anda dari benturan dari luar dan pelindung handle rem maupun handle kopling.

11. Box motor

Penambahan box pada motor memang menambah tampilan motor semakin hidup, semakin terlihat adventure vixion supermoto. Box ini ada yang tipe singke box, side box (box kanan & kiri) dan triple box (kombinasi single box dengan side box. Harga box + braketnya memang cukup mahal. Namun modif vixion supermoto tanpa box juga sudah bagus lebih simpel dan tetap terasa aroma adventure nya. Kalau bagian ini sih tergantung yang punya motor apakah akan di isi benda ini atau tidak, kalau saya sendiri memilih menunda dulu memasang box ini.

12. Upgrade power mesin

Tentunya dengan beban motor vixion supemoto yang semakin berat karena pemakaian ban gambot lebar, velg lebar dan box akan menjadikan kinerja mesin semakin berat. Alangkah baiknya menaikkan power mesin dan penggantian gear set yang sesuai agar tarikan motor menjadi ringan dan kinerja mesin tidak begitu berat.

Nah itulah tips modifikasi vixion supermoto yang saya ambil dari sini. Salam Vixion Supermoto Nusantara (VSN). Semoga dalam waktu dekat saya dapat mewujudkannya. Salam satu aspal. Gak jinjit gak asik. Semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Tips Modifikasi Motor Old Vixion Menjadi Supermoto"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih