Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Banyumala di Wanagiri

Akriko.com - Brosis, jumpa lagi dengan saya di sini, kali ini saya mencoba mencari lokasi air terjun Banyumala yang ada di Desa Wanagiri, Sukasada Kabupaten Buleleng. Lokasi air terjun ini sangat mudah untuk di temukan.

Air Terjun Banyumala di Wanagiri


Jika kamu berangkat dari Singaraja maka kamu cukup cari jalur Singaraja Bedugul dan setelah sampai di puncak tempat banyak monyet itu maka kamu cari saja arah menuju Gobleg dan saat sudah masuk ke jalan itu maka lagi beberapa kilometer maka akan nampak plang bertuliskan air terjun Banyumala di kanan jalan dan silakan masuk ke jalan itu.

Jalan untuk menuju lokasi Air Terjun Banyumala ini atau Twin Waterfalls Banyumala ini sudah bagus, cuma agak curam, jalannya sudah di beton dan hanya cukup untuk satu kendaraan roda empat. Namun ada beberapa titik jalan agak hancur, oleh sebab itu kamu mesti hati-hati saat melintas di jalan tersebut.

Jalan untuk menuju lokasi air terjun Banyumala ini sudah ramai, dengan terlihat di sisi kiri dan kanan jalan terdapat rumah-rumah penduduk. Setelah kamu terus mengikuti arah jalan itu maka kamu akan sampai pada lokasi parkir, untuk kendaraan roda dua bisa parkir sampai ke dalam, namun untuk kendaraan roda empat hanya bisa parkir di pinggir jalan saja.

Nah setelah kamu parkir kendaraan maka kamu harus berjalan kaki untuk turun mencari lokasi air terjun. Setelah berjalan beberapa meter maka kamu akan melihat pos jaga, di sana kamu harus membeli tiket masuk Rp 10.000 per orang nah setelah itu silakan turun dan ikuti petunjuk jalan.

Baca juga: Air Terjun Cinta di Wanagiri

Jalan menuju ke sana lumayan curam, namun sudah ada tiang-tiang bantuan yang terbuat dari kayu kopi, namun ada beberapa titik tiang kayu tersebut seperti sudah goyah dan sudah lepas sehingga bisa berbahaya bagi para pengunjung yang memegang kayu tersebut. Jalan yang paling ekstrim mungkin saat menuruni tangga yang hampir tegak yang terbuat dari kayu.

Nah setelah turun dari tangga itu ada petunjuk arah menuju lokasi Air terjun Banyumala, petunjuk itu juga sudah berubah arah dan membuat saya sedikit bingung dan akhirnya saya perbaiki supaya tidak membuat bingung pengunjung lainnya yang baru pertama ke sana. Setelah itu turun lagi sedikit dan sampailah kamu pada lokasi air terjun Banyumala yang sejuk dan airnya yang sangat jernih.

Air Terjun Banyumala di Wanagiri


Setelah sampai di lokasi air terjun, saya hanya menikmati pemandangan saja, sambil beberapa kali mengambil foto dan mencuci muka dengan air yang sejuk itu. Saat saya tiba disana ada beberapa pasangan orang yang sedang menikmati pemandangan sambil asik berfoto ria. Jika kamu ingin mandi silakan mandi karena air terjun ini dangkal dan aman untuk mandi dan fasilitas ruang ganti juga ada namun bangunannya semi permanen. Seperti yang saya lihat kemarin banyak orang yang mandi di sana.

Setelah merasa agak lama di bawah dan karena cuaca mendung saya putuskan untuk naik lagi, takut nanti turun hujan dan susah untuk naik. Di sana juga ada sewa payung dengan harga Rp 5.000 per payung. Setelah naik saya tidak berlama-lama lagi, setelah istirahat sebentar saya putuskan untuk pulang, dengan membayar parkir Rp 2.000 saya ambil motor dan lanjut pulang. Nah itulah cerita perjalanan menuju Air terjun Banyumala di Wanagiri, Sukasada, Buleleng, semoga bermanfaat, jika ada yang tidak jelas, silakan tanyakan pada kolom komentar.

Bagi para pengunjung yang mau datang ke air terjun Banyumala ini, pesan saya masih sama yakni janganlah membuang sampah sembarangan di lokasi ini, supaya alam tetap asri dan tidak merusak lingkungan. Terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

1 komentar untuk "Air Terjun Banyumala di Wanagiri"

  1. Banyumala Waterfalls are amazing twin waterfalls in Bali. The approach road to these waterfalls is through a dense forest and painstaking but the moment you reach the waterfalls, you will forget all the pain taken to reach them. They are worth every drop of your sweat. The water is clean which makes swimming easy and the views are also splendid. You will never feel like leaving the place. The place also has public conveniences like washrooms and changing rooms so you don't have to worry about anything. Definitely recommended..

    BalasHapus

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih