Cara Klaim Dana BPJS TK Secara Offline di Denpasar

Advertisement
Advertisement
Sebenarnya saya sudah pernah klaim dana BPJS dengan cara online atau disebut dengan e-Klaim, tapi karena selalu dibilang salah, akhirnya saya mencoba untuk klaim dana BPJS secara offline. Cara offline ini ternyata tidak susah artinya cukup mudah untuk bisa klaim dana BPJS ini. Saya yang memilih kantor BPJS TK yang ada di jalan Hayam Wuruk no 45 Denpasar karena kantornya dekat dengan tempat tinggal saya. Saat mau klaim sebaiknya datang lebih awal jika tidak mau mengantre terlalu lama. Saya sendiri yang datang sekitar jam 08.15 mendapat nomor antrean 20 dan lumayan lama menunggu untuk dipanggil oleh petugas atau teller dan akhirnya selesai pada pukul 10.00 Wita.

Cara Klaim Dana BPJS TK Secara Offline di Denpasar

Saat kamu mau klaim dana BPJS TK ketika kamu sudah tidak bekerja lagi selama sebulan sejak mengundurkan diri maupun karena kena PHK, maka kamu bisa mencairkan dana BPJS TK kamu sepenuhnya. Sebelum kamu datang ke kantor BPJS TK terdekat sebaiknya kamu persiapkan dulu data atau syarat yang harus kamu bawa seperti di bawah ini:
  • Fotokopi 1 lembar kartu peserta BPJS TK atau Jamsostek yang lama serta aslinya.
  • Fotokopi kartu keluarga 1 lembar serta aslinya.
  • Fotokopi 1 lembar buku tabungan serta aslinya.
  • Fotokopi KTP 1 lembar serta aslinya.
  • Fotokopi Parklaring 1 lembar serta aslinya.
  • Fotokopi surat berhenti kerja yang dilaporkan ke Disnaker dari perusahaan.
Setelah data di atas sudah lengkap maka silakan datang ke kantor BPJS TK terdekat, kalau di Bali ada dua yakni di Jalan Hayam Wuruk Denpasar dan di Jalan Bay Pass Dharma Giri, Buruan, Gianyar. Saya memilih datang ke kantor BPJS TK Denpasar karena dekat dengan rumah. Setelah kamu sampai di kantor BPJS TK Denpasar maka silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Klaim Dana BPJS TK Secara Offline di Denpasar
Formulir Pengajuan Pembayaran Jaminan Hari Tua
  • Pertama ambil formulir Pengajuan Pembayaran Jaminan Hari Tua, di sebelah kiri pintu masuk dari kantor BPJS TK. Silakan isi dengan benar, di sana sudah ada contoh untuk mengisinya.
  • Jika sudah selesai mengisi formulir tersebut, maka silakan gabungkan dengan data yang sudah disiapkan di atas, masukkan ke dalam map, jika kamu tidak membawa map, maka di sana sudah disiapkan map plastik bening.
  • Jika data sudah terkumpul menjadi satu, silakan masukkan ke dalam Drop Box yang berada di bagian kanan dari pintu masuk ruang kerja kantor BPJS TK Denpasar. Masukkan saja di sana, silakan tunggu di ruang tunggu, nanti akan di panggil oleh petugas Verifikator data.
  • Setelah data dinyatakan lolos atau sudah lengkap oleh Verifikator data, maka kamu akan diberikan nomor antrean.
  • Setelah itu silakan tunggu lagi untuk dipanggil oleh teller berdasarkan nomor antrean yang kamu dapatkan dari Verifikator data.
Setelah kamu menunggu dan tiba giliran kamu, maka pada saat di teller kamu akan di tanya hal-hal berikut ini:
  • Pertama kamu akan disapa dengan ramah oleh petugas teller dan dipersilakan duduk.
  • Setelah itu serahkan data yang sudah diverifikasi tadi, cukup serahkan saja, nanti jika ada yang tidak jelas akan ditanyakan oleh pihak teller.
  • Kamu akan disuruh tanda tangan lagi pada formulir Pengajuan Pembayaran Jaminan Hari Tua, diisi nama lengkap dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Nanti kamu akan ditanya nama Ibu Kandung kamu, ingat, jangan sampai lupa nama Ibu Kandung sendiri.
  • Setelah data dicek dan sudah lengkap, maka Kartu keluarga dan KTP yang asli akan dikembalikan, sedangkan kartu peserta BPJS TK yang asli diambil oleh pihak BPJS TK.
  • Setelah itu kamu akan difoto oleh petugas teller, entah apa tujuannya, saya lupa menanyakannya.
  • Kamu akan di berikan print out dari saldo dana BPJS Kamu, simpan saja sebagai pembanding jika saldo kamu sudah di transfer oleh pihak BPJS TK.
  • Setelah itu selesai sudah, maka kamu bisa meninggalkan teller dan menunggu dana di transfer ke rekening kamu dalam kurun waktu 4-5 hari kerja.
  • Tidak ada pemberitahuan dari pihak BPJS TK ketika dana sudah ditransfer, maka dari itu silakan cek sendiri saldo tabungan kamu setelah 5 hari kerja yang dimaksud.
Selain beberapa hal di atas ada juga beberapa hal yang perlu kamu ketahui yakni jika saldo BPJS kamu kurang dari 2 juta rupiah, maka akan langsung dicairkan pada hari itu juga, artinya dibayar tunai melalui teller tadi. Tapi jika dana atau saldo BPJS TK kamu lebih dari 2 juta rupiah maka pembayarannya wajib ditransfer ke rekening yang sudah kamu berikan tadi. Nah itulah cara klaim dana BPJS TK secara langsung atau offline di kantor BPJS TK jalan Hayam Wuruk, Denpasar, mungkin prosedur di atas juga berlaku untuk kantor BPJS TK yang ada di jalan Bay Pass Dharma Giri, Buruan, Gianyar, semoga bermanfaat, jika ada yang belum jelas, silakan tanyakan pada kolom komentar, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

1 Response to "Cara Klaim Dana BPJS TK Secara Offline di Denpasar"

  1. Terima kasih BPJS TK. Informasinya sangat membantu sekali.

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih