Pengertian Tri Rna dan Bagiannya

Advertisement
Advertisement
Om Sawstyastu, mungkin sudah sejak SD kita sudah diajarkan tentang Tri Rna ini, tetapi ada kalanya manusia punya ingatan yang kadang bisa lupa dengan sesuatu yang mungkin sudah lama.

Dengan adanya internet banyak yang bisa didapatkan disana salah satunya adalah untuk mencari artikel tentang Dasar Agama Hindu yang mungkin sudah banyak orang yang menulisnya melalui media blog dan lain sebagainya.

Kali ini saya mencoba mengingat dan menulis ulang tentang pelajaran Tri Rna. Secara asal kata Tri Rna berasal dari kata yaitu Tri artinya Tiga dan Rna artinya Hutang jadi pengertian Tri Rna adalah tiga jenis hutang yang harus dibayar oleh manusia dengan yadnya.

Adapun bagian dari Tri Rna itu adalah sebagai berikut:

Dewa Rna adalah hutang kepada sang pencipta, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, beliau sudah menciptakan kita sebagai mahkluk yang sempurna atau sebagai manusia sekaligus dengan ketidaksempurnaannya.

Rsi Rna adalah hutang kepada para Rsi atau Guru karena telah berjasa menyebarkan ilmu pengetahuan suci dalam memberi pencerahan kepada umat manusia.

Pitra Rna adalah hutang kepada leluhur, para leluhur sudah nyata-nyata secara langsung berbuat untuk sentana atau keturunannya.

Nah itulah pengertian dan bagian-bagian dari Tri Rna. Konsep Tri Rna ini merupakan konsep yang mendasar yang merupakan pegangan bagi umat Hindu. Dewa Rna yaitu kesadaran berhutang kepada Tuhan karena yadnya-Nya kepada manusia dan alam semesta ini. Rsi Rna yaitu kesadaran berhutang kepada Rsi atau Guru karena jasanya menyebarkan ilmu pengetahuan suci. Pitra Rna adalah kesadaran berutang kepada orang tua (Ibu atau Bapak) dan leluhur atas jasanya yang telah beryadnya melahirkan, memelihara dan mendidik kita bahkan sejak dari dalam kandungan sampai kita menjadi dewasa dan mandiri.

Dengan adanya konsep dasar Tri Rna tersebut maka lahirlah ajaran Yadnya karena untuk membayar tiga hutang itu kita harus melakukan Yadnya yang terdiri dari lima bagian yang disebut dengan Panca Yadnya. Dewa Rna dibayar dengan Dewa Yadnya dan Buta Yadnya, Pitra Rna dibayar dengan Pitra Yadnya dan Manusa Yadnya dan Rsi Yadnya dibayar dengan Rsi Yadnya. Untuk lebih jelasnya silakan baca juga tentang Pengertian dan bagian dari Panca Yadnya, semoga bermanfaat, Om Santhi, Santhi, Santhi Om.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pengertian Tri Rna dan Bagiannya"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih