Pengertian Karma Phala Hindu

Advertisement
Advertisement
Om Swastyastu, ada baiknya kita mengingat sesuatu yang kita tahu tapi kadang kita lupakan entah sengaja atau tidak dan entah apa alasannya kita melupakan hal yang mendasar dalam hidup kita sebagai umat Hindu. Saya yakin semua umat Hindu sudah kenal dengan yang namanya Karma Pala. Dua kata yang kedengarannya sederhana tetapi itulah hukum yang berlaku bagi umat Hindu. Secara adil kita diajarkan sebuah hukum seperti sebab akibat dan berani berbuat berani menanggung akibatnya.

Dalam kehidupan sehari-hari kadang orang sengaja mengabaikan Karma Pala ini hanya untuk kenikmatan sesaat dan akhirnya menyesal setelah tahu akibatya berbuat hal tersebut. Sebenarnya apa itu Karma Pala? Kenapa harus ada Karma Pala? Secara sederhana Karma Pala berasal dari dua kata yaitu Karma yang artinya perbuatan atau aksi, sedangkan Pala artinya hasil atau buah atau reaksi. Jadi Karma Pala artinya buah dari perbuatan yang telah dilakukan sebelumnya atau yang akan dilakukan.

Karma Pala adalah hukum bahasa universal artinya setiap perbuatan akan mendatangkan hasil. Siapa yang berbuat dia yang akan menerima hasilnya, bukan orang lain. Dalam konsep Hindu berbuat itu terdiri dari tiga yaitu, perbuatan melalui pikiran, perbuatan melalui perkataan dan perbuatan melalui tingkah laku, ketiganya disebut dengan istilah Tri Kaya Parisudha. Ketiga perbuatan inilah yang akan mendatangkan hasil bagi mereka yang berbuat, jika perbuatan baik maka baik pula hasilnya, jika perbuatan jahat maka keburukan yang diterima, begitu seharusnya.

Hasil perbuatan bisa berwujud nyata (Skala) atau tentang keduniawian  atau tidak nyata (niskala) bisa dalam bentuk kesenangan bathin. Ditinjau dari segi waktu perbuatan (Karma) dan hasil (Pala) yang akan diterima maka Karma Pala dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

Sancita Karma Phala artinya Phala atau hasil yang diterima pada kehidupan sekarang atas perbuatan dikehidupan sebelumnya. Makanya kadang ada orang yang berbuat jahat, tapi hasilnya baik atau sebaliknya, mungkin itu efek dari Sancita Karma Phala.

Prarabdha Karma Phala artinya perbuatan atau karma yang dilakukan saat ini maka phala atau hasil yang diterima juga pada kehidupan saat ini. Di Bali hal ini dibilang Karma Pala Cicih, sekarang berbuat, maka hasilnya diterima sekarang.

Kryamana Karma Phala artinya karma atau perbuatan yang dilakukan saat ini maka pahala atau hasilnya akan diterima pada kehidupan selanjutnya. Dalam hal ini atma melalui proses Punarbahawa atau Reinkarnasi atau proses lahir kembali karena untuk membayar hutang untuk perbuatan jahat atau menerima pahala baik.

Nah itulah pengertian dan bagian-bagian dari Karma Phala, nah mulai sekarang apakah kamu mau berbuat baik atau jahat, kamu sudah tahu akibatnya, maka dari itu berusahlah untuk berbuat baik untuk menyeimbangkan pahala mungkin tidak sengaja berbuat jahat. Saat perbuatan baik dan jahat seimbang maka disanalah hukum Karma Pala menjadi Nol artinya tidak hutang baik atau jahat maka manusia bisa terhindar dari hukum Punarbhawa. Cukup sekian penjelasan singkat tentang Karma Pala, semoga bermanfaat. Om Santhi, Santhi, Santhi Om.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pengertian Karma Phala Hindu"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih