Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Tri Kaya Parisuda dan Bagiannya

Om Swastyastu, kita sebagai manusia harus bisa menjaga atau mengendalikan setiap tindakan yang akan kita lakukan baik dari pikiran, perkataan dan perbuatan atau tingkah laku. Biasanya setiap tindakan berawal dari pikiran berlanjut ke perkataan atau langsung ketindakan sehingga menimbulkan akibat dari yang kita lakukan, baik atau buruk tergantung sebabnya.

Dalam agama Hindu kita mengenal dengan adanya tiga jenis tindakan yang bisa menimbulkan akibat. Tiga hal tersebut adalah Tri Kaya Parisuda yang artinya tiga jenis tindakan yang merupakan landasan ajaran etika Agama Hindu dalam menjalani hidup guna mencapai kesempurnaan dan kesucian hidupnya.

Berikut adalah bagian dari Tri Kaya Parisuda yang terdiri dari tiga bagian yaitu Manacika, Wacika dan Kayika yang masing-masing memiliki arti sebagai berikut.

Manacika artinya berfikir yang baik dan benar atau suci, setiap tindakan berawal dari pikiran oleh sebab itu berusaha untuk berpikir yang positif untuk mengendalikan perkataan dan tingkah laku agar selalu berkata dan berbuat yang baik. Pikiran baik bisa dihasilkan dengan belajar meditasi dan mendekatkan diri dengan sang Pencipta.

Wacika artinya berkata yang benar dan baik, setiap orang lebih suka mendengar perkataan yang benar dan jujur walau kadang menyakitkan, tetapi sakitnya hanya sesaat. Semua orang tidak suka dicaci dan dimaki, kendalikanlah diri supaya tidak sampai seperti itu, atau jangan suka menghina orang karena setiap manusia adalah sama. Lebih seringlah mengucap mantra pemujaan atau bernyayi lagu-lagu keagamaan untuk mendekatkan diri dengan Tuhan.

Kayika artinya selalu berbuat atau bertingkah laku yang benar. Kadang ada istilah perkataan tidak sesuai dengan tindakan artinya bilangnya mau ke pura eh malah tidur di rumah atau maunya medana punia di Pura eh malah uangnya buat beli yang lain. Nah itulah salah satu tindakan yang menyimpang antara perkataan dan tindakan. Untuk bertingkah laku yang benar maka alangkah baiknya setiap anggota tubuh ini untuk melakukan pekerjaan yang baik misalnya menyapu, mencuci, belajar dan lain-lain. Janganlah kamu pakai badan ini untuk menyakiti, misalnya memukul orang lain atau memukul hewan dan lain-lain.

Kesimpulannya adalah ketiga bagian dari Tri Kaya Parisuda tersebut akan saling berhubungan, untuk mencapai keharmonisan maka setiap pikiran harus dimulai dengan hal yang baik, perkataan yang baik dan tindakan yang baik pula. Jika dari awal (pikiran) sudah benar maka selanjutnya untuk perkataan juga akan benar dan pastinya bertindak juga benar.

Nah itulah penjelasan dari Tri Kaya Parisuda serta bagian-bagiannya, semoga bermanfaat. Om Santhi, Santhi, Santhi Om.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Pengertian Tri Kaya Parisuda dan Bagiannya"