Mengamati Segmen Pasar dari Pabrikan Motor

Advertisement
Advertisement
Mengamati perkembangan otomotif roda dua saat ini tentu sudah jauh sangat berkembang jika dibandingkan dengan 10 tahun lalu, seperti biasa pemainnya adalah tiga pabrikan besar yang ada di tanah air seperti Honda (AHM) Yamaha (YIMM) dan Suzuki (SIS) setiap pabrikan punya masa jaya di segmen masing masing. Dulu sekitar 10 tahun lalu pangsa pasar hanya sedikit mungkin cuma ada di motor bebek dan sport yang kurang beragam.

Kemudian pasar meluas dan ada pemain baru seperti Kymco yang bermain dengan segmen motor metik.  Mau tidak mau melihat pasar yang di respon positif oleh konsumen dan berkembang pesat maka pabrikan atau vendor lain pun ikut meramaikan seperti Yamaha dengan Mio Suzuki dengan Spin dan paling akhir Honda dengan Vario dan akhirnya menguasai segmen pasar metik ini sampai sekarang dan bahkan vendor pendatang baru yang jadi pioneer seperti Kymco harus mati di himpit produk dari tiga vendor yang sudah lama bermain dan sudah punya nama di dunia otomotif roda dua tanah air.

Melihat saat ini berbagai macam segmen pasar berusaha dikuasai oleh vendor misalnya Honda yang kuat di segmen metik dengan seri Vario tidak tergoyahkan sampai sekarang oleh rival utamanya yaitu Yamaha. Sementara Yamaha yang kuat di segmen sport yang tak terbendung dengan Vixion meski Honda mencoba menggerogoti dengan mengeluarkan CB150R. Sementara saat ini mungkin Suzuki hanya sebagai pelengkap dari persaingan antara Yamaha dan Honda. Dulu sekitar 10 tahun lalu Suzuki pernah berjaya dengan seri motor Shogun dan Satria, entah kenapa saat ini SIS seperti kehilangan greget untuk merebut kembali masa kejayaannya itu.

Setiap pabrikan ingin terus eksis dan bahkan berusaha untuk menguasai pasar dan mempertahankan  Predikat penguasa dari segmen pasar tertentu. Misalnya seperti AHM yang kuat di segmen metik terus melakukan penyegaran produk seperti Vario 125 dan menambah variannya seperti dengan Vario 150. Sementara itu Yamaha juga tidak tinggal diam YIMM sudah mengeluarkan peroduk baru seperti Mio M3 dengan mesin Blue Core dan Soul GT 125 Blue Core dan di segmen 150 YIMM membawa seri N Max. Lihat saja satu segmen metik saja sudah begitu banyak produk, belum lagi di segmen yang lain.

Tahun 2015 ini akan ada banyak produk yang muncul, seperti yang sudah terendus AHM akan menyiapkan Ayago CS150RS mungkin untuk menghadang laju Suzuki Satria FU yang melenggang sendiri. Juga masih dari AHM yang menyegarkan CB150R untuk bisa lebih kompetitif dengan kompetitor yaitu Yamaha Vixion, bayangkan saja dari 5 orang 4 orang adalah pengguna Vixion apa tidak sakit hati AHM melihat pasar seperti itu. Sementara itu YIMM juga tidak tinggal diam dengan isu CB150R facelift, YIMM juga sudah menyegarkan Vixion kabarnya akan rilis lebih awal yaitu sekitar bulan april 2015, nah akankah Honda mampu mengangkat martabatnya di segmen ini dengan CB150R facelift? itu adalah beberapa produk yang laris manis di pasaran, mungkin akan masih banyak ada produk baru dari masing masing pabrikan, nah bagaimana perkembangan informasi roda dua tanah air ikuti terus bersama Akriko semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Mengamati Segmen Pasar dari Pabrikan Motor"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih