Apa itu Watermark dan Apa Fungsinya?

Advertisement
Advertisement
Brosis, kali ini saya mau sedikit cerita tentang Watermark, mungkin ada yang sudah tahu apa itu watermark mungkin ada juga yang belum tahu apa itu watermark. Watermark adalah sebuah tulisan atau logo yang biasa ditemukan pada sebuah karya digital atau manual, Watermark ini menunjukkan identitas dari seseorang yang menciptakan karya tersebut. Bentuk dari watermark ini bermacam-macam ada yang berupa tulisan singkat atau ada juga berupa logo yang berisi rincian lengkap dari identitas si pencipta karya. Dengan adanya watermark ini maka pencipta karya sekaligus bisa berpromosi.

Apa itu Watermark dan Apa Fungsinya?
Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali ini adalah contoh watermark dengan menambah tulisan akriko.com pada foto.
Biasanya kita sering melihat watermark itu pada sebuah karya fotografi digital, biasanya watermark itu diletakkan pada pojokan supaya tidak menutupi obyek, atau ada juga watermark yang sengaja dibuat menutupi obyek tetapi dengan tingkat transparan yang tinggi supaya tidak sepenuhnya menutupi obyek yang ada di foto. Selain di fotografi kamu juga bisa menemukan watermark itu pada sebuah aplikasi gratisan dimana pada sebuah aplikasi hasil dari yang diciptakan oleh aplikasi itu akan berisi tulisan dari dari nama aplikasi tersebut untuk contoh misalnya PicStory, PicMix, Instamag dan lain-lain. Selain itu ada juga beberapa watermak ditemukan pada DP BBM dimana pada DP BBM tersebut berisi alamat web pembuat atau PIN BBM atau akun twitter si pembuat DP BBM.

Apa tujuan dari watermark ini? seperti fungsi utamanya sebagai identitas, watermark juga berfungsi sebagai hak cipta untuk melindungi hasil karya supaya tidak dibajak oleh orang lain. Selain itu watermark juga berfungsi sebagai sarana promosi atau marketing untuk memperkenalkan sebuah usaha atau karya. Dulu saya sering membuat DP BBM dalam DP BBM itu saya isi alamat web atau twitter yaitu akriko.com atau @akrikz sekarang juga masih bikin tapi jarang. Nah jika sudah berisi watermark, jika orang ingin mencari karya jenis lain dari orang yang sma maka dia kan sangat mudah mencarinya misalnya dengan mnecari akun twitter atau alamat web yang dipakai untuk watermark.

Baca juga: Cara Menambah Watermark Foto Pada Perangkat Android

Ketika kamu melihat karya dengan watermark apakah kamu tidak boleh memakainya? jawabannya tentu saja boleh asalkan tidak menghilangkan watermark tersebut dan mengklaim karya itu dan merugikan pihak yang punya karya baik berupa material atau non material. Saat kamu memakai karya orang lain, jika sudah berisi watermark, jadi kamu tidak perlu repot-repot menulis sumber dari karya tersebut. Nah sampai saat ini juga, setiap saya membuat tulisan, saya selalu mengisi watermark akriko.com di bagian yang susah untuk di hapus, dengan demikian orang tidak bisa mengklaim atau menyembunyikan watermark dari hasil karya saya.

Menurut kamu apakah watermark itu penting atau tidak? nah mungkin hanya itu cerita saya tentang watermark, sekarang kamu sudah paham bukan apa itu watermark? semoga bermanfaat dan terima kasih. Silakan bagikan tulisan ini dengan share ke sosial media, jika menurut kamu tulisan ini bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

2 Responses to "Apa itu Watermark dan Apa Fungsinya?"

  1. sipt okeh terimakasih sangat membantu sekali niih gan informasinya !!!

    ReplyDelete
  2. Bagus banget infonya. Sangat membantu. Terimakasih ya

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih