Pentingkah Memory Card untuk Android Kamu?

Advertisement
Advertisement
Pentingkah Memory Card untuk Android Kamu

Brosis, kali ini akriko ingin sedikit cerita tentang Memory card, akriko yakin semua orang sudah tahu apa itu memory card, secara gampang akriko mengartikan memory card adalah media penyimpanan luar yang bisa dipasang pada perangkat yang mempunyai slot untuk menambah media penyimpanan luar. Sebelum akriko bercerita ada baiknya akriko juga akan jelaskan tentang jenis Memory card, bentuk dan ukuran memory card dan label atau kelas memory card.

Jenis Memory Card ada tiga yang pertama adalah SD Card ( Secure Digital) Standar SD Card menggunakan format file bernama FAT16 yang mendukung kapasitas antara 32 MB hingga 2 GB, yang kedua adalah SDHC (Secure Digital High Capacity) dengan memakai format file FAT32, kartu jenis SDHC ini memiliki kapasitas mulai dari 2GB hingga maksimum 32 GB., yang ketiga adalah SDXC (Secure Digital Extended Capacity) Kartu jenis ini memakai format exFAT (bukan FAT32 atau FAT) dan dapat memuat data dari ukuran 32 GB hingga 2 TB. 

Bentuk Memory Card
Bentuk memory card ada tiga yang pertama adalah SD card standart, kartu SD ukuran standar yang paling umum digunakan untuk kamera digital atau DSLR ukurannya adalah 32 x 24 x 2.1 mm, dengan berat sekitar 2 gr. Bentuk yang kedua adalah Mini SD, dengan ukuran kecilnya yang hanya 21.5 x 20 x 1.4 mm memori jenis ini memang cocok untuk dipasang di ponsel atau MP3 player. Namun sekarang ini amat jarang ditemui pada hp-hp keluaran terbaru (smartphone). Bentuk yang ketiga adalah Micro SD, diciptakan oleh SanDisk Corporation dan mulai diperkenalkan pada bulan Maret 2005 dan mulai dipasarkan di tahun 2006. Ukurannya lebih kecil daripada Mini SD yakni sekitar 15 x 11 x 1 mm dengan berat 0,5 gram, sekarang ini hampir semua perangkat smartphone memakai Micro SD ini. 

Label atau kelas memory card 
Class 2 : kecepatan tulis min. 2 MB/s atau kecepatan 13X
Class 4 : kecepatan tulis min. 4 MB/s atau kecepatan 26X
Class 6 : kecepatan tulis min. 6 MB/s atau kecepatan 30X
Class 8 : kecepatan tulis min. 8 MB/s atau kecepatan 40X 
Class 10 : kecepatan tulis min. 10MB/s atau kecepatan 66X 
akriko sendiri kurang paham dengan label atau kelas ini, tetapi sedikit bisa dijelaskan kalau semakin tinggi kelas tentu kecepatan transfer dan menulis data akan lebih baik jika dibandingkan dengan kelas yang lebih rendah. 

Kembali ke judul diatas, Pentingkah Memory Card untuk Android Kamu? menurut akriko itu penting apa lagi Android dengan RAM dan memori internal yang kecil, memori card sangat penting untuk meringankan kinerja smartphone kamu, kasus terakhir yang akriko alami adalah android akriko tidak bisa unduh atau memperbarui aplikasi, selalu muncul pesan tidak ada ruang yang cukup untuk menyimpan, nah dari kasus itu akriko berfikir sebaiknya akriko beli satu memory card untuk di pasang pada android akriko karena support memory card class 10 maka akriko beli yang 8 GB, jika sudah memakai memory card, maka alangkah baiknya semua data di smartphone kamu penyimpanannya di pindah ke memory card karena itu akan mengurangi pemakaian memory internal dan jika semua data seperti Foto, Lagu, Video tersimpan di memory card maka jika kamu ganti smartphone atau reset android kamu maka data kamu tidak akan hilang. Nah mungkin hanya itu cerita hari ini, semoga bermanfaat, terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pentingkah Memory Card untuk Android Kamu?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih