Hari Raya Nyepi di Bali vs Earth Hour di Dunia

Advertisement
Advertisement
Pemandangan dari depan rumah
Dalam rangka Earth Hour kali ini yang jatuh pada tanggal 23 maret 2013, dimana saat itu akan ada beberapa kota di seluruh dunia akan memadamkan lampu selama satu jam, awalnya Jam Bumi (Inggris: Earth Hour) adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature, juga dikenal sebagai World Wildlife Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim. Jam Bumi dicetuskan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald tahun 2007 ketika 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak perlu. Setelah Sydney, banyak kota-kota lain di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada tahun 2008. gerakan ini bertujuan untuk menurunkan panas bumi atau pemanasan global, dari tahun ke tahun peserta earth hour ini semakin banyak dan akhirnya sampai mendunia!

Jika di bandingkan dengan Nyepi sehari di Bali maka perbandingannya tentu kontribusinya sangat besar untuk Bali sendiri dimana pada saat Nyepi atau pemadaman listrik selama 24 jam terutama untuk rumah tangga itu bisa menghemat penggunaan listrik sampai 60% sedangkan 40% itu mungkin dipakai oleh Rumah sakit atau beberapa Hotel dan restoran. Bayangkan jika seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia memadamkan listrik selama 24 jam, berapa persen penghematan energi listrik dan penurunan panas bumi?

Selain listrik masih ada beberapa yang bisa di hemat saat nyepi seperti hemat BBM karena pada saat itu hampir tidak ada kendaraan yang beroperasi selama 24 jam, coba bayangkan berapa persenkah penghematan yang dilakukan saat Nyepi? Disamping itu juga kadar udara bersih akan mencapai titik ter bersih karena saat Nyepi tidak ada asap atau emisi buang apapun yang mengotori udara, sehingga pada saat Nyepi udaranya sangat bersih. Bahkan saat Nyepi ini bandar udara internasional pun di tutup selama 24 jam, begitu besar manfaat Nyepi bagi lingkungan.

Pernah saya baca berita bahwa menteri lingkungan hidup mengusulkan bahwa Hari Nyepi akan diterapkan secara nasional dimana tidak ada kendaraan yang beroperasi dan pemadaman listrik. Tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan, Nyepi juga dapat melakukan penghematan energi yang sangat banyak," kata Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, Karena itu, Balthasar akan mengusulkan ke provinsi lain agar mengadopsi acara seperti Nyepi di Pulau Dewata. "Saya rasa Nyepi bisa dilakukan secara nasional. Kendaraan berhenti beroperasi satu atau dua hari," tutur mantan Rektor Universitas Cendrawasih itu.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Hari Raya Nyepi di Bali vs Earth Hour di Dunia"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih