Signature Smartphone antara sengaja dan tidak tahu.

Advertisement
Advertisement
Pernahkah kita membaca email dari seseorang dan melihat tagline ini di akhir kalimat seperti gambar diatas? Biasanya email itu terkirim dari pengguna smartphone atau gadget lain nya dengan signature default milik operator atau dari pabrikannya. Atas keberadaan tagline iklan tersebut, penggunanya ada yang sadar dan tidak. Ada yang belum tahu cara merubahnya dan ada yang sengaja mempertahankannya. 

Seperti judul yang saya buat antara sengaja atau tidak tahu cara merubahnya atau mau pamer gadget yang canggih dan mahal, signature surat elektronik seperti itu sangat memperlihatkan sesuatu yang tidak professional. 

Dalam mengirim surat elektronik mungkin ada pilihan untuk membuat signature secara otomatis atau dibuat secara manual setiap menulis atau akan mengirim surat elektronik, jika tak ingin terlalu serin g membuat signature, maka dibuatlah auto signature, dimana otomatis akan muncul signature setiap akan membuat pesan baru. 

Pada saat kapan mengirim surat harus ada signaturenya, mungin ada beberapa alasan, jika surat yang dikirim berisi signature maka akan terlihat lebih professional dan menunjukkan sebagai apa dan dimana anda mengirim surat tersebut, biasanya instansi resmi baik negeri atau swasta signature emailnya itu berisi gambar dan embel-embel perusahannya dan bahkan ada link yang mengarahkan ke web mereka langsung jika signature itu diklik. 

Signature tidak ditentukan oleh level tinggi rendahnya jabatan karna setiap siapa yang mengirim email akan ada singnature dan pastinya berisi nama dan jabatan pengirim. Mungkin ada pertanyaan kenapa harus ada signature tersebut, mungkin tadi diatas sudah sedikit saya jelaskan, signature menunjukkan perusahaan akan lebih professional dan tidak akan menunjukkan pengiriman email yang asal-asalan. Signature ini tersedia disetiap penyedia email gratis atau pun domain pribadi, baik melalui computer atau pun gadget. 

Banyak saya menemui signature email melalui gadget memakai signature default dari gadget dan providernya, mungkin bisa dilihat dan dibaca digambar diatas bagaimana kata-kata dari signature tersebut. Jika masih memakai signature seperti di atas maka akan kelihatan sekali kalau pemakai gadget tersebut tidak tahu akan signature tersebut, tahu tapi tidak mempeduikannya, atau memang tidak tahu cara merubahnya. Banyak saya menemui signature seperti itu dipakai oleh orang-orang level top manajemen, tahu level top manajemen itu seperti apa? 

Saya pun kadang geleng-geleng kepala sendiri kok bisa signaturenya seperti itu, yang jelas sangat kelihatan tidak professional, tidak tahu banyak tentang gadget yang dipakainya, dieksploitasi oleh provider padahal kita sudah bayar mahal untuk itu. Maka dari itu sebelum terlanjur malu maka belajarlah untuk merubah signature tersebut, jika tidak bisa merubahnya sendiri maka bisa bertanya pada saya atau departemen yang terkait. Karna jika sudah memakai signature yang bagus maka akan memperlihatkan seorang pengirim yang pintar. Signature pun juga berlaku untuk email pribadi. Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. 

Kadang sesuatu hal yang sepele bisa membuat nilai minus yang merugikan diri sendiri.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

4 Responses to "Signature Smartphone antara sengaja dan tidak tahu."

  1. Hi akriko apa kabr, lama tak berkunjung ke blog keren ini.

    Yup signature by default terkadang diatur oleh si provider penyedia layanan, kadang kali sering berbau promo seprti yang di contohkan diatas.

    Benar sekali kalo konsumen di exploitasi habis2an, semacam hukum rimba saja.

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabar baik.... suksma bro...sudah mampir kesini....

      Delete
  2. Yang saya lihat, banyak orang yang tidak sadar dengan adanya signature itu khususnya ketika mengirim email menggunakan perangkat seperti BlackBerry.

    Ada juga yang tahu dan ingin merubah tapi tidak tahu cara merubahnya atau mengira hal itu tidak bisa (tidak boleh) dirubah. *seperti saya dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga dulu tahun 2010 pertama kali memamakai BB, mengetahui ada signature seperti itu, ketika saya posting di blog via email dan bales komentar di group facebook, dan setelah saya cari ternyata itu signature default, dan saya pun berusaha untuk merubah dan menghapusnya... Biasa pertamaklai memakai sesuatu itu banyak yg tidak diketahui, karna langsung pakai tanpa membaca buku petunjuknya dulu, seperti saya juga... :D suksma sudah mampir.

      Delete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih