Sikap Bertanggungjawab

Advertisement
Advertisement

Banyak sekali tulisan yang membahas tentang tanggungjawab, saya mungkin tidak akan menjelaskan apa itu tanggungjawab setidaknya anda sudah paham apa yang dimaksud dengan tanggung jawab atau bertanggungjawab. Mungkin bisa dibilang tanggungjawab ini adalah kata yang terdengar sederhana tetapi memiliki makna yang berat jika harus dilakukan.

Saya akan memaparkan satu contoh kecil tentang tanggungjawab, dimana saya sendiri sering menjadi korban atas kejadian terhadap orang yang tak bertanggungjawab, yang terbaru yang saya alami adalah kemarin tanggal 26 maret 2012 kira-kira sekitar pukul 22.00 wita dan saya baru menyadarinya hari ini pukul 10.00 wita dan saat menyadari itu seketika itu saya jadi kesal dan ingin marah, melihat barang bukti yang saya punya sudah rusak, meskipun rusaknya tidak seberapa tetapi jika di konversi saya akan menderita kerugian sekitar Rp.50.000. tapi bukan kerugian itu yang membuat saya bercerita.

Baiklah saya akan mulai cerita ini bagaimana kronologis kejadiannya, seperti biasa saya berangkat kerja dari hari senin sampai jumat sekitar pukul 12.30 wita, dengan naik sepeda motor vixion tahun 2010, seperti biasa saya parkir ditempat biasa, karna saya datang disiang hari dan pengaturan parkir yang tidak teratur maka saya berusaha mencari-cari celah untuk bisa memarkir motor saya dengan baik, dan akhirnya bisa juga mendapat parkir yang nyaman.

Karna saya masuk siang, otomatis saya akan pulang paling akhir sekitar pukul 21.00 wita, dan yang masuk pagi pun akan pulang dan mengambil motor mereka sekitar pukul 17.30 wita. Mungkin karna parkir yang tak teratur maka susah untuk mengeluarkan motor sehingga bisa nyenggol motor yang disebelahnya, saat bersenggolan tersebut mungkin motor yang disenggol bisa lecet atau bahkan jatuh ynag menyebabkan motor tersebut cacat.

Seperti yang saya alami  siangnya saya parkir motor dengan rapi dan saya rasa motor saya sudah nyaman disana, malam hari saya pulang karna suasana parkir gelap jadi saya tidak melihat ada kejanggalan yang saya lihat pada motor saya, dan saya pun pulang seperti biasa. Keesokan harinya dipagi hari saat saya mau memanaskan motor saya, saya melihat ada yang kurang pada motor saya, handle remnya sudah patah dan anehnya kenapa semalam saya tidak merasakan kalau handle tersebut sudah patah.

Dari kejadian tersebut saya pun berfikir, kira-kira apa yang menyebabkan handle rem motor saya bisa patah? dan sambil menghidupkan mesin saya mencoba melihat-lihat motor saya apakah ada bekas yang bisa saya jadikan bukti atas apa yang terjadi dengan motor saya, dan saya pun melihat bekas tanah yang menepel pada stang dan pedal kaki, dari sana saya tahu bahwa motor saya sempat jatuh diparkir, entah karna apa atau ulah siapa saya tidak berani menuduh siapapun atas kejadian tersebut karna saya tidak punya bukti dan saksi mata. Tapi menurut saya mungkin motor saya kena senggol seperti yang saya ceritakan diatas.

Dari kejadian tersebut saya ingin bertanya, apa yang anda rasakan jika anda yang punya motor mengalami kejadian seperti itu? dan saya juga ingin bertanya apa yang anda lakukan jika anda tidak sengaja menjatuhkan motor orang sehingga membuat motor orang rusak? dari kedua pertanyaan tersebut mungkin akan memiliki jawaban yang berbeda-beda, dan dari jawaban untuk pertanyaan kedua mungkin akan dipengaruhi oleh seberapa tingkat tanggung jawab atas perbuatan yang mereka lakukan, baik sengaja atau tidak sengaja.

Bagi pemilik motor mungkin jawabannya akan sedikit sama yang saya alami. Bagi yang menjatuhkan mungkin akan mencoba lari dari tanggung jawab apa lagi tidak ada bukti dan saksi mata maka dengan mudah mereka akan lepas dari tanggung jawab. Tapi kalau menurut saya itu adalah perbuatan pengecut, karna sudah merugikan orang lain dengan sengaja atau tidak sengaja, setidaknya ada sikap yang ditunjukkan kalau kita memang bertanggung jawab apa lagi dilingkungan kerja yang mungkin sudah saling kenal misalnya dengan meminta maaf dan mengatakan kalau benar telah dengan tidak sengaja menjatuhkan motor yang tersenggol saat keluar parkir, Dengan demikian sudah menunjukkan sikap bertanggungjawab meskipun nanti tidak bisa memberikan ganti rugi atas kerusakan yang terjadi pada motor yang jatuh. Bagi yang punya motor tidak akan bertanya-tanya lagi siapa yang telah menjatuhkan motornya jadi yang punya motor akan merasa lega karna sudah tahu siapa yang menjatuhkan motornya. Bagi orang bijak ketika mendengar pernyataan seperti itu saya yakin mereka tidak akan marah, mereka akan salut kepada mereka yang telah berani menyatakan dirinya salah dan berani meminta maaf.

Saat ini saya belum tahu siapa yang menjatuhkan motor saya, dan saya masih menunggu apakah kejadian ini akan sama seperti yang saya ceritakan diatas, akankah orang yang menjatuhkan motor saya bertanggungjawab bercerita tentang kejadian tersebut? saya akan menunggu. oke mungkin ini contoh kecil, hanya curahan sedikit rasa yang kesal karna telah merasa dirugikan, semoga anda tidak mengalami apa yang saya alami. sekian dan terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Sikap Bertanggungjawab"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih