Modus Penipuan dan Sedikit Tips untuk Terbebas dari Penipuan.

Advertisement
Advertisement
Seiring berkembangnya teknologi informasi maka semakin banyaklah media yang menyediakan informasi dan sangat mudah untuk di kases, banyaknya media yang tersedia dan mudahnya  mendapat informasi, maka semakin banyaklah orang yang mengakses informasi tersebut,. Disini saya tidak akan membahas soal media cetak, karena untuk saat ini informasi lebih banyak diakses melalui internet baik melalui warnet, computer pribadi yang terhubung dengan internet dan tak kalah mudahnya adalah informasi tersebut bisa di akses  melalui mobile internet, apa artinya mobile internet, saya yakin semua sudah bisa mengartikannya  apa itu mobile internet.
Saat ini hampir semua orang memiliki satu unit Handphone atau saya singkat HP dan bahkan bisa memiliki lebih dari satu. Bayangkan saja hanya dengan uang Rp. 400.000 saja sudah bisa memiliki HP dengan fitur lengkap seperti untuk menelpon, sms, kamera, MP3 player dan untuk internet. Selain fungsi dasarnya untuk menelpon dan sms, saat ini HP juga dilengkapi dengan fungsi yang lain yaitu MMS, Email dan Browsing yang memungkinkan orang untuk mengakses informasi melalui mobile internet.
Sebagai sarana yang mudah dan praktis sudah pasti HP memiliki sisi negative dan positif tergantung dari para penggunanya untuk apa HP itu dan mau dijadikan sarana apa HP itu. Dari segi positifnya sudah pasti sangat membantu saat berkomunikasi dengan orang lain saat berada pada jarak yang berjauhan. Dari segi negatifnya mungkin banyak yang sudah tahu misalnya digunakan untuk sms penipuan atau terror terhadap pihak tertentu.
Penipuan disini maksudnya adalah perbuatan sengaja yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mendapat keuntungan dengan cara membohongi pihak tertentu (korban)  baik secara langsung atau tidak langsung. Maraknya penipuan yang terjadi saat ini baik yang suah menelan korban atau tidak sungguh sangat meresahkan pengguna HP (masyarakat). Contoh penipuan melaui sms atau bahkan ada yang menerima telepon langsung dari si penipu. Yang paling sering terjadi adalah Penipu mengatasnamakan sebuah perusahaan sedang melakukan promo undian dan nomor anda sedang beruntung mendapatkan hadiah pulsa yang jumlahnya bisa mencapai jutaan rupiah dan atau bisa dalam bentuk lain dan dibelakang sms tersebut berisi nama perusahaan dan nomor telpon yang bisa dihubungi untuk bisa mendapatkan hadiah tersebut. Ini adalah modus lama dan mungkin hamper kebanyakan pernah menerima sms seperti ini.
Modus belakangan ini agak sedikit berbeda mereka yang mengirim sms tidak meawarkan hadiah pulsa atau hadiah lain yang dimenangkan, mereka lebih cenderung berpura pura menjadi orang dekat dari korban contoh menjadi ayah, ibu atau pacar si korban. Untuk modus ini biasanya penipu berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang tidak terlalu besar, karena mereka Cuma minta dibeilkan pulsa ke nomor barunya berkisar Rp. 25.000 s/d Rp. 50.000, dan saya yakin semua pernah menerima sms seperti ini untuk lebih jelasnya saya beri gambar yang seperti ini.
Capturenux_2011-12-28_203856
Modus yang lainnya adalah mereka meminta kita untuk mentransfer uang tunai melalui ATM, mereka dengan jelas menyebutkan nama Bank, pemilik rekening, Nomor rekening dank ode Bank yang akan dikirimi uang, untuk lebih jelasnya ini adalah contoh gambar yang menggambarkan penjelasan saya diatas.
Penipui
Dan ada lagi modus lain adalah mereka mengaku sebagai sudara dekat atau teman dari salah satu keluarga, penipu ini mengabarkan ke orang yang dekat dengan korban bahawa salah satu sudaranya mengalami kecelakaan dan sedang dirawat dirumah sakit dan sedang membutuhkan dana untuk menebus obat, dan korban disuruh untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening penipu, kejadian ini pernah dialami oleh teman saya, anaknya dikabarkan jatuh dari tangga tempat dia bersekolah, dan sedang berada dirumah sakit, sambil panik ibu dari korban langsung menghubungi pihak sekolah, setelah dikonfirmasi ternyata anaknya masih bermain-main dihalaman sekolah, dan tidak mengalami kecelakaan apapun. Demikianlah modus ini yang bisa saya jelaskan dan semoga tidak dialami oleh siapapun.
Baiklah mungkin hanya demikian yang bisa saya tuliskan, mungkin ini termasuk tulisan basi yang sebelumnya sudah pernah ditulis, tapi disini saya cuma mengingatkan kembali, bahwa siapapun bisa menjadi korban dari penipuan tersebut baik yang sudah rugi material ataupun yang tidak pernah menggubris sms seperti itu, alangkah baiknya kita selalu waspada dan selalu berusaha mencegah supaya tidak terjadi penipuan karena dengan membaca tulisan ini mungkin akan selalu mengingatkan kita untuk selalu waspada atas tindakan yang bisa merugikan orang lain dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Mungkin ada beberpa tips yang bisa mencegah untuk bisa terhindar dari penipuan seperti ini:
1.       Pastikan anda tidak mempunyai masalah dengan siapapun entah yang sms mengaku menjadi Bapak, Ibu atau pacar, sebelum anda menanggapi sms tersebut baiknya anda menghubungi orang terdekat yang mengaku sebagai Bapak, Ibu atau Pacar, intinya jangan panik.
2.       Jika ada yang meminta transfer kerekening tertentu, pastikan anda sebelumnya anda tidak punya janji untuk mentransfer uang ke salah satu rekening dan satu lagi jangan panik.
3.    Jika semua sudah tenang alangkah baiknya anda tidak mennggubris sms tersebut atau abaikan saja
4.    Kita sebagai orang yang berpendidikan jangan sampailah tertipu dan rugi material dengan sms seperti itu.
5.       Dan yang terakhir adalah tetap tenang dan jangan panik.
Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Modus Penipuan dan Sedikit Tips untuk Terbebas dari Penipuan."

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih