Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mini Touring ke Kebun Raya Bedugul, Segini Biayanya.

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan bercerita tentang mini touring kali ini yakni pergi ke Kebun Raya Bedugul bersama anak istri naik Yamaha Lexi LX 155 VVA.

Hari ini Rabu 19 Juni 2024 saya berangkat pagi sekitar pukul 9.30 Wita dari desa Tamblang menuju kebun raya Bedugul lewat jalur kota Singaraja.

Sebelumnya isi pertamax dulu di pertashop yang ada di desa Bila, isi 25K saja sudah penuh karena sebelumnya indikator BBM masih sisa tiga bar.

Waktu awal perjalanan sempat macet macet beberapa menit di desa Bungkulan karena ada orang Ngaben, setelah itu perjalanan mulai lancar.

Jalur Bedugul yang sudah mulai bagus dan jalan sudah lebar karena ada beberapa shortcut yang sudah bisa dilalui, namun ada juga beberapa titik masih dalam tahap proyek pembangunan.

Hampir tidak menemui kendala yang berarti selama perjalanan dari Tamblang ke Bedugul sehingga perjalanan menjadi terasa cepat.

Tujuan mini touring kali ini juga untuk mencoba motor baru saya yakni Lexi LX 155 tipe standar, seperti apa rasanya naik motor 155cc yang harganya di bawah 30 juta.

Menurut saya motor ini bisa diandalkan untuk dipakai berboncengan untuk melibas jalur bedugul ini, tenaganya besar, jadi sangat bisa diandalkan untuk menyalip kendaraan roda empat walau jalur agak menanjak.

Sebelum lanjut ada baiknya saya berikan informasi sedikit tentang Kebun Raya Bali ini.

Kebun Raya Bali adalah taman botani terbesar di pulau Bali dan Indonesia. Taman ini terletak di Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali.

Kebun Raya Bali memiliki luas 157,5 hektar dan memiliki koleksi lebih dari 10.000 jenis tanaman dari berbagai belahan dunia.
Kebun Raya Bali didirikan pada tahun 1959 oleh pemerintah Indonesia.

Taman ini dibuka untuk umum pada tahun 1961. Kebun Raya Bali memiliki beberapa fungsi, yaitu:
  • Konservasi tumbuhan: Kebun Raya Bali memiliki koleksi berbagai jenis tanaman dari berbagai belahan dunia. Koleksi ini digunakan untuk melestarikan keanekaragaman hayati tanaman.
  • Penelitian: Kebun Raya Bali digunakan untuk melakukan penelitian tentang tanaman. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari manfaat tanaman dan mengembangkan teknologi baru untuk budidaya tanaman.
  • Pendidikan: Kebun Raya Bali digunakan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya tanaman. Edukasi ini dilakukan melalui berbagai program, seperti pemandu wisata, pameran, dan workshop.
  • Pariwisata: Kebun Raya Bali adalah salah satu objek wisata populer di Bali. Taman ini menawarkan berbagai kegiatan wisata, seperti trekking, piknik, dan fotografi.
Berikut adalah beberapa informasi tambahan tentang Kebun Raya Bali:
 * Jam buka: 08:00 - 18:00 WITA
 * Alamat: Jalan Raya Bedugul, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82171
 * Telepon: +62 363 223222
 * Situs web: https://kebunraya.id/bali

Baiklah kita lanjut tentang perjalanan hari ini, setelah sampai di lokasi kebun Raya Bedugul, maka langsung saja mencari parkir motor, biaya parkirnya Rp10.000 untuk roda dua dan Rp20.000 untuk kendaraan roda empat.

Setelah selesai parkir, langsung menuju lokasi tiket masuk, di sini harga tiket masuk hari biasa (senin-Jumat) sebesar Rp15.500 per pax sedangkan untuk weekend atau libur nasional harga tiketnya menjadi Rp25.500 per pax. Anak umur di bawah 5 tahun tidak perlu bayar tiket.

Setelah itu mulai berkeliling di sepanjang jalan yang ada di sana, mulai dari bawah berfoto di gerbang juga pada tulisan kebun raya dan pastinya ke patung yang paling iconik yakni patung kumba karna.

Setelah itu sempat duduk di bawah pohon mengelar tiker yang kecil sambil menikmati bekal yang di bawa dari rumah dan juga snack yang di beli tadi di mini market,

Jessy senang sekali di ajak main ke kebun raya Bedugul, dia suka sekali jalan-jalan di atas rumput yang hijau.

Setelah lama menikmati susana di kebun raya bedugul, akhirnya kami putuskan untuk pulang karena hari sudah mulai sore.

Ingat harga makanan di sana itu mahal bisa 3 kali lipat dari harga normal, oleh sebab itu usahakan membawa makanan atau snack dari rumah atau beli di luar area kebun raya.

Nah itulah perjalan touring mini kali ini dari desa Tamblang menuju kebun raya Bali dengan jarak kurang lebih 98 Km pulang pergi, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Mini Touring ke Kebun Raya Bedugul, Segini Biayanya."