Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanggal Lahir Kamu Salah di KTP, Sebaiknya segera Ubah.

Akriko.com - Seperti yang kita tahu kalau tanggal lahir merupakan bagian penting dalam hal administrasi kependudukan, oleh sebab itu kita memerlukan data yang akurat untuk tanggal lahir.

Kadang karena kekeliruan dalam pencatatan atau pendataan, kadang tanggal lahir bisa salah atau tanggal lahir menjadi beda dengan yang sebenarnya.

Misalnya dari lahir tanggal lahir 12 Januari 1978, nah karena pendataan atau perbaikan data kadang tanggal lahir bisa jadi salah menjadi 12 November 1978.

Hal ini bisa terjadi karena kekeliruan saat pendataan ulang, terutama saat pendataan ulang untuk ektp atau ktp L, entah itu human error atau system error sehingga data tanggal lahir jadi berubah.

Nah jika kamu mengalami hal yang sama alangkah baiknya segera ubah tanggal lahir kamu dengan tanggal lahir yang benar supaya tidak ribet di kemudian hari.

Sebagai contoh, beberapa hari lalu saya membantu mengurus jual beli tanah di daerah Gianyar, nah saat akan diprosea di kantor notaris, ternyata ada perbedaan tanggal lahir.

Pada serifikat tanah memakai tanggal lahir yang benar sedangkan saat ini KTP tanggal lahir tidak sama dengan yang ada di sertifikat, lalu apa yang terjadi?

Nah dengan adanya perpedaan tanggal lahir maka proses balik nama kepemilikan tanah jadi tertunda dan pembayaran pun tertunda oleh pembeli, harusnya sudah bisa bayar full jadinya cuma baru bayar setengah saja.

Lalu apa yang harus dilakukan dan data apa lagi yang diperlukan untuk bisa proses balik nama sertifikat?

Seperti saran dari pihak notaris bahwa untuk bisa memproses balik nama karena beda tanggal maka harus cari surat keterangan ke kantor desa tentang perbedaan tanggal lahir itu.

Nah kalau jarak notaris dengan kantor desa dekat mungkin akan terasa gampang. Nah bagaimana kalau jarak Notarisnya jauh yakni antara Singaraja dan Gianyar? Pastinya akan terasa agak ribet.

Perbedaan tanggal lahir ini juga berpengaruh pada pengurusan administrasi lainnya. Jadi jika kamu punya tanggal lahir yang salah di KTP, alangkah baiknya segera urus menjadi benar.

Nah itulah cerita kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Tanggal Lahir Kamu Salah di KTP, Sebaiknya segera Ubah."