Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Faskes BPJS Kesehatan dengan Mobile JKN

Akriko.com - Seperti yang kita ketahui kalau BPJS Kesehatan sudah punya aplikasi yang canggih yakni Mobile JKN yang bisa diunduh secara gratis di Play Store atau App Store.

Cara Mengganti Faskes BPJS Kesehatan dengan Mobile JKN

Ada banyak fitur yang bisa kita pakai untuk kepentingan layanan BPJS Kesehatan. Namun untuk bisa memakai aplikasi ini kita harus mendaftar dulu memakai nomor HP, email dan pastinya NIK.

Berdasarkan pengalaman saya memakai aplikasi Mobile JKN ini, saya rasa aplikasi ini sangat bagus karena kita bisa melakukan banyak hal untuk keperluan BPJS Kesehatan sesuai dengan menu yang ada pada aplikasi ini.

Banyak sekali fitur yang ada pada aplikasi ini, misalnya info program JKN, Infor lokasi Faskes, Info riwayat pelayanan, Rehab (cicilan), penambahan peserta, Info peserta, Pendaftaran pelayanan (antrean), Konsultasi dokter, Perubahan data peserta, Pengaduan layanan JKN, Info ketersediaan tempat tidur.

Nah yang diatas itu adalah fitur utama dari aplikasi Mobile JKN, ada juga fitur lainnya seperti Info jadwal tindakan operasi, Info iuran, Pendaftaran auto debit, Info riwayat pembayaran, Skrining riwayat kesehatan, Info virtual account dan Minum obat.

Dari beberapa menu di atas ada beberap menu yang sudah saya pakai yakni Pendaftaran auto debit, pendaftaran pelayanan (antrean) dan Perubahan data peserta yang menurut saya paling berguna saat kita mau ganti data peserta.

Nah dari menu Perubahan data peserta kita bisa ganti no hp, email, faskes dan kelas rawat. Nah kali ini saya mau bercerita tentang cara mengganti Faskes melalui aplikasi Mobile JKN.

Cara mengganti Faskes ini sangat mudah, seperti apa caranya silakan simak di bawah ini.
  1. Pertama pastikan kamu sudah punya aplikasi mobile JKN dan sudah mendaftar disana.
  2. Setelah itu silakan buka aplikasi Mobile JKN, lalu cari menu Perubahan data peserta.
  3. Lalu pilih nama peserta yang akan ganti faskes
  4. Selanjutnya silakan pilih menu Fasilitas Kesehatan tingkat I, setelah itu silakan masukkan Provinsi, Kabupaten dan silakan pilih faskes yang mau dipakai. Jika hanya merubah Faskes 1 peserta maka bagian atas yang bertuliskan Perubahan satu keluarga tidak perlu di centang, jika perubahan faskes untuk satu keluarga maka centang tulisan itu.
  5. Setelah memilih faskes yang mau dipakai maka silakan simpan. Biasanya kalau faskes dokter umum maka kita harus memilih faskes untuk dokter gigi juga. Namun kalau memilih klinik yang lengkap maka kita tidak perlu memilih dokter gigi.
  6. Jika sudah selesai maka faskes kamu sudah berubah dan sudah bisa dipakai, perubahan faseks ini hanya bisa dilakukan sekali dalam tiga bulan.
Sebagai contoh, dulu bapak saya Faskes I untuk dokter umum adalah dokter A dan untuk dokter gigi adalah dokter G, nah karena terlalu jauh dan juga tidak satu tempat maka memilih untuk ganti Faskes yakni memilih Puskesmas saja yang kliniknya sudah lengkap, jadi saat kita memilih puskesmas maka cukup pilih satu saja tidak perlu memilih dokter gigi.

Nah pengalaman saya saat mau berobat dengan mendaftar secara online pakai Mobile JKN, saat kita mau daftar maka kita bisa memilih layanan kesehatan mana yang akan di kunjungi, misalnya dokter umum, dokter gigi, dokter penyakit dalam dll, kita tinggal pilih saat pendaftaran.

Pendaftaran ini dibuka 24 jam sebelum kunjungan kita ke sana, misalnya kita mau berobat pada hari Selasa, maka kita bisa daftar hanya pada saat H-1 atau pada hari senin menjelang puskesmas di buka.
  
Nah itulah info tentang cara mengganti Faskes BPJS kesehatan dengan aplikasi Mobile JKN semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Faskes BPJS Kesehatan dengan Mobile JKN"