Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warna Kabel Instalasi Listrik Berdasarkan PUIL 2011

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya mau memberikan informasi tentang warna kabel instalasi listrik berdasarkan PUIL 2011.



PUIL merupakan singkatan dari Persyaratan Umum Instalasi Listrik dimana semua ketentuan dalam instalasi listrik ada disana dengan tujuan sebagai standarisasi atau penyeragaman dalam instalasi listrik nasioanal.

Salah satu hal yang diatur pada PUIL ini adalah tentang warna kabel yang dipakai saat instalasi listrik. Penyeragaman warna kabel ini bertujuan supaya teknisi dengan mudah menentukan mana kabel api/pasa, kabel netral dan juga kabel ground.

Ada beberapa warna kabel yang dipakai saat instalasi listrik. Berdasarkan PUIL yang ada sebelumnya yakni 2000 ada tiga jenis warna kabel pase / api / positif yakni

Kabel listrik phase adalah L1 : merah, L2 : kuning dan L3 : hitam. Berikut penjelasan warna kabel listrik phase pada gambar di bawah ini.

Mungkin pada bangunan lama masih ada memakai instalasi listrik memakai kabel warna di atas karena belum lahirnya PUIL 2011.

Selanjutnya untuk PUIL terbaru yakni PUIL 2011 warna kabel phase sudah berubah yakni warna kabel listrik phase adalah L1 :hitam, L2 : Coklat dan L3 : abu-abu. Berikut penjelasan warna kabel listrik phase pada gambar di bawah ini.


Sementara untuk kabel netral dan juga grounding masih memakai warna yang sama yakni Biru untuk kabel netral dan Kuning garis hijau untuk kabel grounding.


Sementara untuk ukuran kabel yang dipakai bisa disesuaikan dengan besar tegangan yang akan dipasang, misalnya untuk instalasi rumah tangga untuk satu paket 450 watt 220 volt bisa memakai kabel ukuran 1,5 mm sedangakn untuk 900 watt 220 volt bisa memakai kabel ukuran 2.5 mm.

Nah itulah informasi tentang warna kabel sesuai PUIL untuk instalasi listrik semoga informasi ini berguna bagi kamu yang sedang mencari informasi warna kabel, terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Warna Kabel Instalasi Listrik Berdasarkan PUIL 2011"