Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pangkonan Tradisi Unik Desa Tamblang yang Penuh Kebersamaan

Akriko.com - Halo jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan informasi tentang salah satu tradisi unik yang ada di desa Tamblang. Selain memiliki tradisi unik seperti ngeloang capah setiap purnama kedasa,  Tamblang memiliki satu tradisi unik lagi yakni Pangkonan.



Tradisi pangkonan di desa Tamblang ini sudah ada sejak dahulu kala dan sampai saat ini masih tetap dilestarikan atau dilaksanakan sampai sekarang.

Pangkonan adalah makanan yang di tata sedemikian rupa sehingga terlihat menarik. Di desa Tamblang pangkonan dihidangkan diatas dulang yang dihiasi dengan janur.

Pangkonan ini terdiri dari nasi yang ditaruh pada wakul yang terbuat dari janur, ada juga lauk berupa daging ayam, daging babi, telor. Juga berisi rokok, air minum dan juga buah.

Karna pangkonan ini porsinya besar, satu pangkonan ini bisa disantap secara megibung untuk empat orang maksimal lima orang.

Tradisi pangkonan ini merupakan rentetan acara pujawali di pura Baleagung desa Tamblang pada Purnama Kelima.

Biasanya saat pujawali di Pura Baleagung akan menjalankan uleman ke desa Tetangga yakni desa Bayad dan Bontihing pada keesokan harinya (setelah purnama).

Namun belakangan ini desa Bayad sudah tidak pernah datang hanya desa Bontihing yang datang. Untuk menyambut kedatangan uleman ini maka pada malam harinya akan ada tradisi Pangkonan.

Tradisi pangkonan ini merupakan simbol dari keceriaan (meliang-liang) karena sudah melaksanakan Pujawali dan kedatangan saudara dari desa Tetangga.


Nah untuk merayakannya kita duduk bersama (tegak gede) menikmati santapan Pangkonan sambil bercerita dan bergembira dengan saudara-saudara yang sudah meluangkan waktu untuk datang ke Tamblang.


Pada malam ini juga menandakan kalau pujawali di Pura Baleagung sudah berakhir dengan penyineban, dan para uleman juga akan kembali ke desa masing-masing pada malam itu juga.



Nah itulah cerita singkat tentang tradisi Pangkonan yang ada di desa Tamblang, semoga bermanfaat dan terima kasih. Jika ada yang kurang silakan tambhkan informasinya pada kolom komentar.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Pangkonan Tradisi Unik Desa Tamblang yang Penuh Kebersamaan"