Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Hari Acara Tiga Bulanan untuk Bayi

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya mau memberikan informasi tentang cara menentukan hari upacara tiga bulanan untuk anak / bayi yang baru lahir.



Acara tiga bulanan ini biasanya dilaksanakan ketika bayi sudah berumur 3 bulan Bali atau 105 hari sejak hari kelahirannya.

Didaerah tertentu di Bali acara tiga bulanan anak / bayi ini bisa dibilang acara yang besar karena memakai saranan banten yang banyak.

Saya tidak akan membahas seperti apa upacara tiga bulanan ini dan bagaimana prosedur acara tiga bulanan ini, karena setiap daerah di Bali memiliki caranya masing-masing.

Intinya tujuan dari upacara tiga bulanan ini adalah untuk menandakan kalau bayi sudah bisa dibuatkan banten supaya tidak cuntaka lagi selain itu umur 3 bulan Bali (105) hari pada bayi sudah menandakan kalau panca indra dari Bayi sudah sempurna.

Dengan demikian ketika bayi sudah dibuatkan banten upacara tiga bulanan maka setelah itu bayi sudah boleh diajak masuk ke pura, paling dekat mungkin sanggah merajan dulu pastinya.

Mungkin bagi mereka yang sudah paham tentang perhitungan wuku di Bali, maka akan dengan mudah mengetahui hari Tiga Bulanan anak, karena setiap wuku itu ada 7 hari berarti untuk satu bulan harus melewati 5 wuku dan untuk mencapai 105 hari maka harus melewati 15 wuku.

Bagi kamu yang tidak tahu penanggalan Bali atau tidak hafal nama wuku, kamu tidak perlu khawatir, karena untuk saat ini sudah ada kalkulator hari berupa media online yang bisa menentukan tanggal atau hari upacara tiga bulanan anak.

Sebelumnya saya sudah pernah mencoba mencari hari tiga bulanan keponakan saya, dan ternyata hasilnya sangat tepat dan akurat.

Apa nama media online itu dan bagaimana caranya silakan simak caranya di bawah ini.

Pertama buka browser HP kamu lalu buka situs kalkulator hari ini https://tanggalan.com/ atau langsung saja klik link itu, lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Setelah itu pada kolom tanggal mulai, kamu isikan dengan tanggal lahir anak kamu, setelah itu tinggal tambahkan 105 hari pada pada kolom ditambah, setelah itu silakan klik hitung, setelah itu pada kolom jatuhnya akan muncul tanggal hari upacara tiga bulanannya.



Misalnya hari lahirnya tanggal 22 oktober 2023, maka jika ditambah 105 hari maka hari upacara tiga bulannya adalah pada hari Minggu 4 Februari 2024.

Misalnya contoh lain seperti gambar di bawah, tanggal lahir 1 Agustus 2023 maka jika ditambah 105 hari maka hari upacara tiga bulanan jatuh pada tanggal 14 November 2023.


Nah itulah cara menentukan hari acara tiga bulanan untuk bayi yang baru lahir dengan memakai bantuan media online atau kalkulator hari, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Hari Acara Tiga Bulanan untuk Bayi"