Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seniman Dalang Wayang Kulit yang Ada di Tamblang

Akriko.com - Halo semeton jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang seniman dalang wayang kulit yang pernah ada dan dalang yang masih eksis di desa Tamblang.

Alm.  Jro Dalang Warisa

Seni pedalangan memang sudah ada sejak dahulu kala, termasuk di desa Tamblang juga ada beberapa seniman dalang wayang kulit yang cukup terkenal.

Hiburan wayang memang salah satu hiburan yang paling mudah ditemukan pada zaman dulu, karena tidak ada begitu banyak hiburan pada zaman dulu.

Biasanya seni wayang ini merupakan bagian dari upacara agama Hindu, sehingga seni wayang sangat erat kaitannya dengan upacara agama Hindu.

Namun tidak semua dalang bisa muput upacara agama / nunas tirta wayang, ada juga dalang yang memang sebagai profesi hanya untuk menghibur misalnya dalang Wayang Cenkblonk.

Seniman dalang yang ada di desa Tamblang bisa dibilang terkenal pada masanya karena memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh seniman dalang lainnya.

Baiklah saya tidak akan berlama-lama lagi, siapa sajakah seniman dalang wayang kulit yang pernah ada di desa Tamblang.
  1. Pada periode yang masih diingat jauh sebelumnya ada juga dalang di tamblang yang bernama dalang Siem, tidak banyak informasi yang bisa didapat tentang dalang ini.
  2. Jro Dalang Nengah Gendra (Alm) merupakan dalang yang terkenal pada era tahun 1970an, tidak banyak informasi yang admin dapatkan tentang Jro dalang Gendra ini. Nah saat ini seni pewayangan / pedalangan di warisi oleh anaknya.
  3. Jro Dalang Gara (Alm) tidak banyak juga informasi yang bisa saya dapatkan. Saat ini seni pewayangannya diwarisi oleh keponakannya yang sempat mengenyam pendidikan pedalagan di ISI Denpasar.
  4. Jro dalang Warisa / Dalang Genjek (Alm) beliau merupakan dalang muda juga pada masanya karena sejak tahun 1985 beliau sudah menjadi dalang pada umur 20 tahun. Salah satu ciri khas dalang ini alah setiap lelampahannya selalu isi humor/ hiburan yang dibalut dalam seni genjek. Oleh sebab itu beliau dijuluki sebagai Dalang genjek. Saat ini seni pedalangannya sudah diteruskan oleh anaknya yang nomor empat.
  5. Jro dalang Siaka (alm) dalang yang mulai terkenal tahun 2000an, nah saat ini seni pedalangannya sudah diwarisi oleh anaknya.

Nah seniman dalang itu merupakan dalang yang terkenal pada masanya karena keunikan dan ciri khasnya masing-masing.

Saat ini juga masih ada seniman dalang dari Tamblang yang masih aktif, siapa sajakah mereka berikut daftar seniman dalang wayang kulit yang ada di Tamblang, daftar berikut saya urutkan secara random.
  1. Jro Dalang Labda yang merupakan anak dari Jro dalang Nengah Gendra (alm) beliau masih aktif menekuni dunia perdalangan untuk wayang kulit sampai saat ini.
  2. Jro Dalang Suharta merupakan anak dari Jro Dalang Siaka (alm) beliau juga salah satu dalang yang terkenal dari Tamblang saat ini.
  3. Jro dalang Suyasa merupakan dalang yang tidak memiliki silsilah dalang dalam keluarganya, beliau dulu merupakan pengabih dari Jro dalang Warisa, memutuskan mundur menjadi pengabih dan menjadi Dalang.
  4. Jro dalang Ketut Arta, tidak banyak info yang saya dapatkan tentang Jro Dalang Ketut Arta, beliau menjadi dalang kurang lebih sejak 5 tahun lalu.
  5. Jro Dalang Nyoman Separma merupakan keponakan dari jro dalang Gara (alm) yang dengan semangat untuk melanjutkan seni pedalangan dalam keluarganya dengan mengenyam bangku kuliah seni pedalangan di ISI Denpasar.
  6. Jro dalang Ketut Widiarsa, merupakan anak dari Jro Dalang Warisa, saat ini sudah resmi menjadi dalang karena sudah mewinten sebagai dalang.
  7. Jro Dalang Wahya Saputra, dia merupakan dalang termuda yang ada di Tamblang umurnya sekarang masih 20an tahun, dalam keluarganya juga tidak ada silsilah seniman dalang, dia pernah sekolah pedalangan.
Bisa di bilang di desa Tamblang merupakan desa yang paling banyak ada seniman dalang wayang kulit jika di bandingkan dengan desa lain di Buleleng bahkan di Bali.

Nah itulah sedikit informasi tentang seniman dalang yang pernah ada dan seniman dalang yang masih aktif sampai sekarang di desa Tamblang, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Seniman Dalang Wayang Kulit yang Ada di Tamblang"