Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rawatlah Gigi Sejak Dini Sebelum Terlambat

Akriko.com - Halo jumpa lagi dengan saya, kali ini saya mau cerita sedikit tentang gigi yang merupakan bagian tubuh yang penting dalam hidup ini.

Rawatlah Gigi Sejak Dini Sebelum Terlambat


Saya yakin sudah semua orang tahu apa itu gigi yang merupakan bagian tubuh yang ada di dalam mulut.

Saya tidak akan membahas terlalu panjang tentang gigi ini misalnya jenis gigi, umur berapa baru tumbuh gigi susu atau tanggalnya gigi, karena fokus saya tidak disitu tapi lebih pada perawatan gigi.

Mengapa gigi menjadi bagian yang penting dalam hidup ini? Jawabannya ada beberapa yang bisa saya berikan, mungkin ini jawaban yang sederhana seperti pengalaman saya.

  1. Gigi merupakan alat untuk mengunyah makanan, jadi sebisa mungkin gigi harus terus sehat untuk bisa terus mengunyah. Sebisa mungkin merawat supaya gigi tidak berlubang. Apa lagi jenis giginya yang tidak bagus, misalnya warna tidak putih, mudah tumbuh karang gigi, bahkan mudah keropos. Oleh sebab itu periksakan gigi ke dokter minimal 6 bulan sekali.
  2. Selain rambut hal yang diperhatikan saat berinteraksi dengan orang lain adalah gigi, jika ada saja sedikit yang janggal pada gigi maka itu sangat diperhatikan oleh orang lain, misalnya giginya hilang satu, posisi gigi tidak beraturan atau gigi penuh dengan karang atau warna gigi agak kuning atau gigi berlubang yang membuat nafas menjadi bau. Nah hal itu bisa mengurangi kepercayaan diri kita saat berinteraksi dengan orang lain. Oleh sebab itu jaga selalu gigi supaya tetap bersih supaya kita selalu percaya diri ketika berbicara dan tertawa di depan orang.

Selain itu jika gigi sudah bermasalah misalnya sering sakit gigi karna gigi berlubang maka itu akan mengurangi produktifitas kita sebagai manusia yang punya banyak kegiatan.

Nah untuk menghindari punya masalah gigi di usia yang masih muda, maka dari itu rawatlah gigi sejak dini dengan cara berikut ini.

  1. Memberikan dan menanamkan edukasi sejak dini tentang pentingnya kesehatan gigi pentingnya fungsi gigi serta pentingnya mempertahankan keberadaan gigi sampai usia tua / meminimalisir kerusakan gigi sejak dini.
  2. Membiasakan sejak dini gosok gigi baru bangun, sehabis makan dan juga sebelum tidur. Jika sudah terbiasa maka tentu akan menjadikan gosok gigi sesuatu yang wajib dan ketika tidak dilakukan maka kita merasa bersalah atau berdosa. Usahakan gosok gigi pakai pasta gigi yang tidak berbusa. Ini tugas orang tua untuk mengedukasi anak tentang pentingnya kesehatan gigi.
  3. Periksakan gigi ke dokter setidaknya enam bulan sekali untuk menghilangkan karang gigi atau sekedar cek kesehatan gigi saja untuk mengetahui kondisi gigi.
  4. Makan makanan yang sehat, misalnya maka buah supaya gusi tetap sehat, selain itu makan makanan yang tidak bersuhu ekstrim misalnya makanan yang terlalu dingin atau panas.

Nah bagi kamu yang mungkin selama ini giginya kurang terawat maka mulai saat ini sebisa mjngkin untuk merawat gigi untuk menghindari masalah pada gigi yang sudah saya jelaskan di atas.

Bagi kamu yang giginya sudah bermasalah maka segera perbaiki jika banyak karang maka segera hilangkan, jika berlubang masih kecil ysegera tambal kalau masih bisa, karena kalau sudah harus cabut maka biayanya akan mahal terutama untuk pasang gigi palsu yg harganya jutaan.

Ingat lebih baik merawat gigi dengan mengeluarkan uang ratusan ribu yang juga bisa menambah kepercayaan diri, dari pada mengganti gigi yang rusak yang biayayanya sampai puluhan juta karena kurang merawat gigi.

Seperti saya yang punya gigi agak jelek, warna gak mau putih, posisi tidak teratur dan gampang tumbuh karang gigi apa lagi selama ini kurang mendapat edukasi tentang gigi sejak dini, saat ini gigi saya sudah mulai ada yang berlubang parah dan itu bisa memakan biaya jutaan rupiah untuk memperbaikinya.

Nah mungkin hanya itu cerita saya kali ini tentang pentingnya gigi dan juga pengalaman saya yang terlambat merawat gigi semoga bermanfaat dan terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Rawatlah Gigi Sejak Dini Sebelum Terlambat"