Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ganti BB Pelor Sepeda Balap Jadul dengan BB Kotak

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan informasi tentang cata mengganti BB Pelor / gotri Sepeda Balap Jadul merk Golden Eagle dengan BB Kotak.

Ganti BB Pelor Sepeda Balap Jadul dengan BB Kotak


Sepeda balap ini sudah lama saya miliki yakni sejak tahun 2009 lalu dan sejak itu juga belum pernah ganti alat kecuali ganti kampas rem, stang dan Ban.

Beberapa hari lalu pernah saya bawa gowes jarak dekat, Bottom Bracket dari sepeda ini pernah macet, dan ketika saya paksa untuk diputar ternyata kembali normal dan bisa dipakai.

Namun setelah itu saya coba bongkar, ternyata rumah pelor sudah hancur satu,  mungkin ini yang menyebabkan macet waktu dipakai.

Setelah itu saya diamkan karena belum punya BB baru untuk dipasang, saya akali, saya tambah lagi dua biji pelornya dan sementara masih bisa dipakai.

Karena terlalu berat untuk dipakai nanjak maka saya ganti cranknya dengan crank bekas sepeda Polygon Premier premium jadul yang sudah rusak.

Pada akhirnya saya ganti juga itu BB karena sudah terasa oblak saat dikayuh. Selanjutnya saya beli BB kotak secara online ukuran 113.5 mm.

Nah setelah barangnya datang, saya langsung pasang, ternyata BBnya kependekan, chainring mentok pada fork belakang sepeda. Seharusnya mungkin harus pakai BB ukuran 122 mm atau 127 mm. Nah karena mentok, akhirnya body sepeda saya getok supaya tidak kena chainring.

Cara pasang BB ini sangat mudah, karena sudah PNP dengan rumah BB pada sepeda balap jadul golden eagle. Untuk memasang BB pada sepeda ada beberapa langkah yakni

Pertama buka dulu crank sepeda memakai kunci treker khusus untuk buka crank sepeda. Setelah itu buka derat BB bagian kanan dengan kunci inggris 12" putar ke arah jarum jam untuk membuka. Setelah itu buka juga pada bagian kiri, buka dulu penguncinya dengan betel dan palu kalau gak punya kuncinya, untuk membuka pukul berlawan arah jarum jam. Setelah itu buka juga derat yang satunya dengan kunci inggris berlawanan arah jarum jam.

Setelah itu pasang BB kotak, jangan sampai terbalik kiri dan kanan. Silakan pasang dulu dari kiri karena derat itu tidak bisa dilepas, putar berlawanan arah jarum jam untuk mengencangkan dengan kunci khusus pasang BB. Setelah itu pasang derat yang dikanan, putar ke arah jarum jam untuk mengencangkan. Silakan kencangkan sampai presisi dan tidak kocak.

Nah itulah cerita sya ganti BB Pelor dengan BB Kotak pada sepeda balap jadul, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Ganti BB Pelor Sepeda Balap Jadul dengan BB Kotak"