Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Termudah Untuk Mengisi Urutan, Inilah Alatnya

Akriko.com -  Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial tentang cara mengisi urutan dengan mudah dan cepat dengan memakai alat yang sangat mudah untuk dibuat di rumah.


Urutan atau sosis Bali merupakan salah satu makanan khas Bali yang terbuat dari usus babi yang didalamnya di isi dengan daging yang dicincang dan diisi bumbu dan kemudian dijemur atau diasapi beberapa hari kemudian baru di goreng.

Selain untuk di konsumsi, dalam upacara tertentu urutan juga sebagai pelengkap banten sarana upacara yang di sandingkan dengan beberapa pelengkap lainnya seperti sate, lawar dan lain-lain.

Selama ini dibeberapa daerah cara orang mengisi urutan masih memakai cara tradisional yakni memakai lidi yang masih muda / lidi busung, kemudian di ikatkan pada ujung usus babi, kemudian baru dimasukkan dading yang dicincang secara perlahan.

Dibeberapa daerah ada yang memakai busung yang dibentuk sedemikian rupa untuk mengisi urutan cara ini lebih cepat dari cara yang tradisional. Namun kadang busung suka robek kalau mengisi urutannya dalam jumlah yang banyak.

Saat ini saya punya cara untuk mengiri urutan supaya lebih mudah dan praktis, meski mengisi urutan yang banyak alat ini tidak mudah rusak. Untuk keperluan rumah tangga pada saat hari raya seperti penampahan galungan / kuningan, alat ini atau cara ini sangat mudah untuk dipakai.

Alat yang dipakai adalah botol kecap dari plastik yang kecil, cara untuk membuatnya sangat mudah, cukup pakai pisau atau gunting untuk memotong bagian yang harus di potong. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini, silakan bentuk botol kecapnya seperti pada gambar di bawah ini.


Nah jika usus babinya besar maka bisa langsung pakai saja seperti pada gambar pertama, nah jika usus babinya agak kecil maka bisa dipotong pada bagian ujung supaya ujungnya menjadi lebih kecil dan bisa masuk pada usus babi yang akan dijadikan urutan.

Nah itulah informasi kali ini tentang cara mengisi urutan dengan cara mudah dan memakai alat yang sederhana yang mudah untuk dibuat dan didapatkan bahannya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Cara Termudah Untuk Mengisi Urutan, Inilah Alatnya"