Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Pembuka Batok Kelapa atau Penyeluhan

Akriko.com - Saya yakin semua orang sudah tahu buah kelapa. Buah yang satu ini biasanya dipakai untuk bahan kue atau bisa juga untuk tambahan bumbu masak. Bisa juga untuk membuat santan. Namun di Bali di beberapa daerah kelapa ini dipakai untuk membuat bahan dasar masakan khas Bali yakni Lawar.


Kelapa merupakan satu pohon yang paling banyak berguna, mulai dari daun, buah dan kayunya juga bisa terpakai untuk keperluan banyak hal. Oleh karena memiliki banyak kegunaan, oleh sebab itu lambang Pramuka memakai gambar tunas kelapa, dengan harapan setiap generasi bisa berguna dalam hal apapun yang positif.

Kelapa sebelum bisa dipakai maka kita harus mengupasnya dulu. Untuk kulit yang berupa sabut maka bisa buka dengan memakai linggis. Setelah itu kelapa masih punya batok yang keras, oleh sebab itu kita harus membukanya dulu supaya bisa mengambil isinya.

Kalau di desa Tamblang, orang membuka batok kelapa dengan memakai alat yang terbuat dari besi yang disebut Penyeluhan / Penyeluan. Alat ini akan sangat membantu kita untuk memecahkan batok kelapa dan juga melepaskan isi kelapa dari batoknya.

Cara memakai Penyeluhan ini juga sangat mudah dan praktis, tidak perlu waktu yang lama dan juga tidak memakai banyak tenaga kalau sudah tahu teori yang benar memakai penyeluhan ini untuk mengupas batok kelapa.

Jika saat ini kamu perlu yang namanya Penyeluhan, dimana membeli Penyeluhan?  Kamu bisa membelinya di Toko Sutar, saat ini toko sutar menjual Penyeluhan namun stok Penyeluhan yang sedang tersedia tidak terlalu banyak. (silakan klik tulisan biru untuk menuju ke lapak).

Mungkin tidak semua daerah di Bali punya alat yang namanya Penyeluhan, seperti di Gianyar, tepatnya di daerah Buahan Payanagan, orang membuka kulit kelapa hanya memakai Blakas / Belakas, mulai dari membuka sabutnya sampai mengupas batok kelapa itu.

Dengan demikian jika kelapa sudah terlihat isinya maka kelapa itu bisa dipakai untuk banyak bahan, misalnya untuk membuat kue, masakan yang bersantan, bahkan bisa dipakai untuk membuat minyak kelapa dan lain-lain.

Nah itulah info singkat tentang alat untuk membuka batok kelapa, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Alat Pembuka Batok Kelapa atau Penyeluhan"