Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata Modus dan Motif dalam Sebuah Kasus dan Penggunaannya

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan informasi tentang arti kata Modus dan Motif dalam sebuah kasus dan juga penggunaannya supaya lebih tepat.

Mungkin kamu sudah pernah mendengar kata modus dan juga motif dalam sebuah berita kriminal di televisi atau media online lainnya sehingga dua kata ini sudah tidak asing lagi di telinga.

Dalam pemakaian kata Modus, biasanya diikuti dengan kata lainnya yakni Operandi, jadi secara lengkap biasanya disebutkan yakni Modus operandi, namun sekarang kebanyakan cuma disebut/ditulis Modus saja.

Jadi kata modus operandi ini bisa dikatakan sebagai kata yang menunjukkan bagaimana seorang penjahat melakukan kejahatannnya sehingga bisa terjadi kasus kriminal, misalnya pencurian, perampokan atau penipuan secara online.

Biasanya pihak kepolisian juga menjelaskan tentang modus operandi ini sebagai cara penjahat melakukan kejahatannya. Misalnya seorang pencuri sapi melakukan kejahatannya dengan modus operandi di sebuah TKP, pencurian dilakukan pada malam hari dilakukan sendirian, dimana sapi yang dicuri langsung dipotong di TKP yang diambil bagian dagingnya saja, setelah itu langsung dijual di pasar.

Nah mungkin seperti itulah salah satu penggunaan kata Modus operandi pada sebuah kasus kejahatan. Jadi makna kata modus operandi adalah bagaimana seorang penjahat melakukan tindakan kejahatannya.

Setelah itu ada kata motif, biasanya ketika ada modus kejahatan sudah pasti ada kata motif sebagai pelengkap dari sebuah aksi kejahatan.

Secara umum kata motif bisa berarti corak. Namun dalam kasus kejahatan kata motif bukan berarti corak. Mungkin kata motif ini berasal dari kata Motivasi yang artinya dorongan atau alasan orang untuk melakukan sebuah tindakan kejahatan.

Dalam kasus diatas kita bisa bertanya pada pelaku atau pihak kepolisian dengan pertanyaan, Apa motif pelaku melakukan tindakan pencurian sapi seperti itu?

Jadi dengan pertanyaan itu mungkin akan ada beberapa jawaban, misalnya, pelaku mencuri karena tidak punya pekerjaan, sehingga untuk menghasilkan uang dengan mencuri sapi kemudian di jual.

Selanjutnya motif pencuri langsung memotong sapi di TKP adalah karena supaya lebih gampang membawa daging sapi saja ketimbang membawa sapi yang masih hidup.

Nah itulah penjelasan dari kata modus operandi dan motif dalam kasus kejahatan, semoga dengan contoh diatas bisa memberikan pengertian yang simpel dari kata Modus dan motif kejahatan.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Arti Kata Modus dan Motif dalam Sebuah Kasus dan Penggunaannya"