Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Audio Out Pada TV dan Fungsinya

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikaninformasi tentang audio out pada tv seperti apa modelnya dan apafungsinya.
Untuk saat ini hampir semua produk TV memiliki fitur audio out, mulai dari TV LED biasa, android TV dan Smart TV namun dengan bentuk atau tipe yang berbeda.

Audio out ini bisa berupa audio out analog dan ada juga yang digital jadi pemakaiannya juga berbeda atau memakai alat yang berbeda.

Jenis audio out ini ada berupa lubang jack 3.5 mm, ada juga berupa RCA, ada digital coaxial, HDMI, Bluetooth dan lain-lain.

Sebenarnya apa fungsi dari audio out ini pada TV. Namanya juga audio out jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya suara keluar. Jadi fungsi audio out pada TV adalah untuk menyambungkan suara TV ke speaker luar / speaker aktif yang terpisah dari TV.

Lalu bagaimana cara menyambungkan suara TV ke speaker aktif? Nah tentu caranya dan alatnya juga beda-beda sesuai dengan jenis audi outnya TV, apakah analog atau digital.

Untuk audio out analog biasanya ada dua tipe yakni berupa lubang audio jack 3.5 mm dan juga ada berupa RCA. Untuk kedua audio out ini bisa disambungkan ke speaker aktif memakai kabel kabel aux 3.5 mm atau RCA 2.1 juga bisa.

Jika audio out pada TV berupa lubang jack 3.5 mm maka kabel RCA bagian jack 3.5 mm dicolokkan ke TV dan bagian RCA (merah dan putih) di colokkan pada Line in speaker aktif. Selain kabel RCA 2.1, kita juga bisa pakai kabel aux, namun pada speaker aktif kita pilih menu aux in karena sama-sama pakai lubang audio jack 3.5 mm.

Jika audio out pada TV berupa RCA maka bisa disambungkan dengan kabel RCA 2.1 juga. Namun sekarang terbalik, ujung RCA (merah dan putih) kita colokkan pada TV, sedangkan ujung audio jack 3.5 mm kita colokkan pada menu aux in pada sepaker aktif. 

Sedangkan untuk audio out dalam bentuk digital, biasanya juga harus disandingkan dengan audio / speker yang punya line in digital dengan memakai kabel audio optik / fiber optik. Jika akan disambungkan dengan speaker yg masih analog maka harus perlu alat yakni converter audio dari digital ke analog dan ini sangat ribet.

Sedangkan untuk HDMI juga sama, harus disandingkan dengan perangkat lain yang juga punya HDMI, jika ingin disandingkan dengan perangkat analog maka perlu alat converter dari HDMI ke analog.

Selain beberapa model diatas, ada juga audio out TV berupa Bluetooth, jadi tidak ada lubang audi out berupa jack 3.5 mm atau RCA. Jadi supaya suara TV bisa disambungkan ke speaker maka perlu speaker aktif yang ada bluetoothnya juga. Jika speaker belum ada bluetooth maka bisa belikan Bluetooth musik yang dipasang pada speaker kemudian sambungkan dengan bluetooth TV.

Nah itulah beberapa jebis audio out pada TV dan cara menyambungkan dengan perangkat lain seperti aktif speaker, semoga bermanfaat.

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Jenis Audio Out Pada TV dan Fungsinya"