Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modus Penipuan Baru Berupa Link Instagram

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan informasi tentang modus baru penipuan berupa link Instagram yang mungkin sangat berbahaya bila link itu di klik.

Modus Penipuan Baru Berupa Link Instagram


Hari ini saya melihat video di Tiktok yang membahas modus baru penipuan ini, mungkin modus ini belum ada sebelumnya, paling baru kan modus mengirim APK via WA oleh kurir atau berupa undangan pernikahan.

Nah kalau modus kali ini lebih canggih lagi dan bisa menyerang perangkat android dan bahkan iOS yang notabene keamanannya sangat ketat.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, penipu mengirim sebuah pesan yang isinya ada hubunganya dengan hak cipta, dimana penipu merasa keberatan kalau produk yang diposting di IG itu miliknya dan memposting di IG tanpa izin yang punya.

Dalam pesan itu dikirim juga link IG yang menunjukkan postingan yang dimaksud. Nah setelah link tersebut ada kata-kata yang bernada ancaman, jika postingan tersebut tidak segera di hapus maka pihak dari yang punya produk akan memblokir dan akan melaporkan ke pihak berwajib jika dalam 24 jam postingan tersebut tidak di hapus.

Nah dari kata-kata yang dikirim oleh penipu maka sudah pasti orang yang dikirim akan sedikit panik, maka berusaha untuk melihat postingan yang dimaksud dengan mengklik link tersebut. Nah ketika link itu diklik maka akan membuat HP Android atau iPhone kamu akan terbaca data-datanya.

Biasanya yang dicari adalah OTP, Password dan PIN mobile banking dan lain-lain, bahkan dalam penjelasan video itu, HP bisa mati total dan tidak bisa dihidupkan lagi ketika kita sudah membuka tautan IG itu.

Apakah modus baru ini benar atau tidak, namun tidak ada salahnya kita tahu modus ini, jika dikemudian hari ada menerima pesan yang isinya seperti gambar di atas maka kita bisa lebih teliti dalam menanggapi pesan seperti itu. 

Pastikan kita tidak membuka tautan yang dikirim, jika masih penasaran maka berusaha untuk meminta Screenshot dari postingan di IG tentang produk yang di maksud.

Jadi intinya kita tetap waspada dan jangan sembarangan membuka link dari orang yang tidak dikenal, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Modus Penipuan Baru Berupa Link Instagram"