Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu RCCB dan Apa Fungsinya pada Instalasi Listrik?

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan informasi tentang salah satu alat yang dipasang saat memasang instalasi listrik yang mempunyai fitur keamanan dan bisa memutus arus listrik jika terjadi kebocoran arus.

Apa itu RCCB dan Apa Fungsinya pada Instalasi Listrik?


Alat yang saya maksud adalah RCCB (Residual Current Circuit Breaker) adalah alat perlindungan listrik yang digunakan untuk mendeteksi dan memutuskan sirkuit listrik jika terjadi kebocoran arus listrik yang berlebihan (ground fault).

Arus bocor adalah arus listrik yang mengalir ke tanah atau ke sumber lainnya yang tidak seharusnya terjadi. Arus bocor dapat terjadi karena adanya konsleting atau hubungan pendek, yang dapat membahayakan keselamatan pengguna dan merusak peralatan listrik.

RCCB bekerja dengan membandingkan arus masuk dan arus keluar dalam sirkuit listrik, jika terdapat perbedaan antara kedua arus tersebut, maka RCCB akan memutuskan sirkuit listrik untuk mencegah terjadinya kebocoran arus listrik yang berbahaya.

RCCB sangat penting dalam sistem listrik, terutama untuk menghindari kecelakaan listrik yang dapat membahayakan nyawa manusia atau merusak peralatan listrik. RCCB biasanya digunakan dalam instalasi listrik rumah tangga dan gedung-gedung komersial untuk memberikan perlindungan terhadap kebocoran arus listrik.

Untuk cara pemasangan RCCB ini kamu bisa simak gambar di bawah ini


Arus yang datang dari PLN terutama yang positif, dimasukkan ke input MCB, setelah itu kabel negatif sambungkan ke input RCCB, untuk kabel ground biarkan saja. 

Setelah itu kabel yang berisi arus positif yang keluar dari MCB disambungkan ke input  RCCB, nah jika sudah begitu untuk pemakaian arus diambil dari output RCCB seperti pada gambar di atas.

Nah itulah pengertian dan fungsi dari RCCB dan juga cara merangkainya, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Apa itu RCCB dan Apa Fungsinya pada Instalasi Listrik?"