Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rentetan Upacara yang ada di desa Adat Tamblang

Akriko.com - Halo semeton jumpa lagi dengan saya admin dari Tamblang yang akan memberikan informasi tentang rentetan upacara yang ada di wewidangan desa adat Tamblang.

Desa Tamblang merupakan desa yang sudah ada sejak lama, namun ada yang unik pada desa ini dimana desa Tamblang tidak memiliki Pura Puseh di wilayahnya. Namun Pura Puseh berada di desa Bayad.

Upacara yang ada di desa adat tamblang biasanya berdasarkan sasih yakni setahun sekali berdasarkan perhitungan kalender Bali. Namun sebelum lanjut ada baiknya kita sebutkan dulu nama-nama sasih yang ada pada penanggalan kalender Bali.

Ada 12 Sasih dimana setiap sasih terdiri dari 35 hari, apa saja nama sasih (bulan) pada penanggalan kalender Bali? silakan simak di bawah ini.

Kasa (pertama), Karo (kedua), Katiga, Kapat, Kalima, Kanem, Kapitu, Kawolu (kedelapan), Kasanga (kesembilan), Kadasa (kesepuluh), Jiyestha (kesebelas), Sadha (keduabelas).


Nah biasanya setiap upacara yang ada di desa Tamblang berdasarkan sasih, nah pada sasih berapakah dimulainya rentetan upacara yang ada di wewidangan desa adat Tamblang, silakan simak di bawah ini.

  1. Upacara pertama di desa Tamblang di mulai pada sasih Karo pada hari Purnama tegak odalan Pura Puseh.
  2. Sasih katiga tidak ada upacara / tegak piodalan di desa Tamblang
  3. Sasih kapat pada hari purnama kapat katur bakti Nyumun sari di pura desa / Bale Agung.
  4. Sasih kelima pada saat Purnama biasanya tegak piodalan / pujawali di Pura Baleagung / pura desa Tamblang, biasanya isi mekiis ke segara Ponjok Batu dan juga ngulemin ke desa Bontihing dan Bayad.
  5. Sasih Kanem / Purnama kanem ada upacara Ngaturang penerus, biasanya ada dua versi yakni nyegara gunung dan... kalau nyegara gunung biasanya katur bakti Penerus di segara Ponjok batu, sedangkan untuk versi kedua katur bakti Penerus di wewidangan desa Adat. Saat hari tilem kenem ada upacara mecaru (nanggluk merana) di desa juga di sanggah masing masing dadia dan juga masing-masing rumah tangga.
  6. Sasih kapitu
  7. Sasih Kawolu purnama kawolu mubuh tabah
  8. Sasih kesanga pada hari purnama piodalan ring pura bukit sinunggal ngayat dari pura Desa / Baleagung, tilem kesange juga ada upacara mecaru
  9. Sasih kedasa / Purnama kedasa ada upacara di Pura Dalem desa tamblang, nah ini mungkin agak aneh ya, kenapa tegak piodalan di pura Dalem bertepatan pada purnama. Setelah itu akan ada upacara juga di Pura Desa dimana Subak desa Tamblang akan melaksanakan upacara Ngeloang capah / Ngusaba Desa.
Nah itulah rentetan upacara Tri Kahyangan yang ada di wewidangan desa Tamblang, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Rentetan Upacara yang ada di desa Adat Tamblang"