Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Resesi?

Akriko.com - Halo Brosis, belakangan ini di media elektronik kita sering mendengar kata resesi yang di ucapkan oleh pejabat negara seperti menteri keuangan Ibu Sri Mulyani atau para ekonom lainnya yang juga sering mengucapkan dan membahas tentang resesi ini.
Semenjak pulih perlahan dari dampak Pandemi Covid19, ada banyak hal yang muncul terutama dalam bidang ekonomi karena selama pandemi hampir tidak bisa berbuat banyak karena kita tidak bisa bergerak bebas.

Banyak perusahaan yang tutup selama andemi apa lagi industri wisata, pandemi ini sangat berdampak besar dimana banyak usaha pariwisata yang tutup, seperti hotel atau villa yang berhenti operasi karena tidak ada tamu. Begitu besar dampaknya terhadap perekonomian masyarakat.

Namun perlahan ekonomi mulai pulih setelah melewati masa pandemi ini, namun setelah itu muncul lagi prediksi ekonom yang katanya akan terjadi resesi yang akan dialamo oleh hampir semua negara di dunia ini. Apa sih sebenarnya resesi itu?

Resesi adalah suatu kondisi perekonomian di mana terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi dalam waktu yang cukup lama dan meluas pada hampir semua sektor ekonomi. Dalam resesi, biasanya terjadi penurunan output produksi, penurunan permintaan, meningkatnya pengangguran, dan penurunan tingkat investasi.

Resesi biasanya terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara permintaan dan pasokan di pasar, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kenaikan harga minyak, perubahan kebijakan pemerintah, krisis keuangan, atau faktor-faktor global seperti pandemi.

Dalam banyak negara, resesi dianggap sebagai masalah yang serius karena dapat menyebabkan kemiskinan, pengangguran, dan ketidakstabilan sosial. Oleh karena itu, pemerintah seringkali berusaha untuk mengambil langkah-langkah ekonomi guna memperbaiki kondisi dan mencegah terjadinya resesi yang lebih besar.

Nah itulah sedikit pengertian tentang Resesi, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Apa itu Resesi?"