Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LPJ LPD Desa Adat Tamblang, Kok Labanya Cuma Segitu?

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan informasi tentang LPD desa adat Tamblang yang beberapa waktu lalu sudah melaksanakan rapat LPJ untuk tahun buku 2022.

Foto: FB Lpd adat Tamblang

Berlokasi di wantilan pura Dalem desa adat Tamblang pada hari Sabtu, 21 Januari 2022 yang dihadiri oleh Bendesa Adat Tamblang dan Prajuru Adat lainya. Hadir juga auditor internal LPD, pembina/LPLPD Kab. Buleleng, Perbekel Tamblang dan beberapa elemen/paiketan masyarakat Adat lainya.

Astungkara atas dukungan dan kepercayaan masyarakat Desa Tamblang, tahun ke-2 setelah pandemi LPD Tamblang mampu mendistribusikan Dana Pembangunan Desa Adat sebesar Rp39.173.000,- dimana naik signifikan 45% dari laba tahun pertama setelah pandemi covid19 yaitu pada tahun buku 2021.

Untuk laba yang diperoleh pada tahun 2022 adalah sebesar Rp 196 juta dengan target Rp 114 juta. Jadi ada peningkatan target 45 persen. Kini aset mencapai Rp 3,1 miliar. Ke depan aset diharapkan meningkat lagi.

Sebelumnya LPD adat Tamblang pernah dua kali mengalami maladministrasi yang membuat LPD Tamblang sempat vakum karena sedang diadakan pemeriksaan oleh auditor.

Namun dengan tekad yang kuat dan dipimpin oleh pengurus baru, serta dukungan dari desa adat dan juga warga Tamblang yang sudah mulai percaya lagi dengan LPD dengan menyimpan dananya di LPD Tamblang.

Kini LPD Tamblang sudah muali menggeliat lagi dan sudah mampu menyisihkan laba untuk desa adat Tamblang. Kelian adat desa juga menghimbau warga untuk menyimpan dananya pada LPD, karena toh juga nanti keuntungan akan kembali ke Desa dan manfaatnya juga untuk warga desa Tamblang. Kedepannya semoga LPD semakin sehat dan lebih baik lagi dalam pengelolaan.

Pertanyaannya adalah, siapa saja yang boleh melihat laporan laba rugi fan neraca dari LPD? Apakah saya admin blog ini yang juga warga desa adat Tamblang, boleh melihat laporan itu untuk mengetahui pos biaya yang ada dan juga kredit yang beredar, kenapa dengan aset sebesar 3.1 M, hanya mampu mendapat keuntungan 196 juta.

Nah mungkin hanya itu sedikit tulisan saya tentang LPJ LPD desa adat Tamblang, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "LPJ LPD Desa Adat Tamblang, Kok Labanya Cuma Segitu?"