Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah File APK Android Terbuka dan Terpasang Pada HP yang dikirim Via WhatsApp

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya kali ini saya akan memberikan sedikit tips atau tutorial tentang cara mencegah aplikasi tidak dikenal atau dengan format APK atau aplikasi dari luar Playstore terinstall pada HP kamu.

Belakangan ini marak pesan yang dikirim via WA yang katanya dari kurir jasa pengiriman atau yang terakhir ada juga undangan perkawinan yang berisi aplikasi APK mallware, jika dipasang maka akan bisa mencuri data-data penting yang ada pada HP kamu.

Data penting itu bisa berupa PIN, OTP, identitas mobile Banking dan lain-lain yang tidak seharusnya orang lain tau, karena jika itu bocor maka kemungkinan saldo kita di Bank akan terkuras oleh pelaku penipu yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang modus penipuan ini yang mengaku dari kurir jasa pengiriman dan juga yang mengaku orang dekat yang mengirim udangan pernikahan dengan modus klik tautan yang ada pada pesan itu.

Sudah ada orang yang menjadi korban dari modus penipuan ini bahkan kerugiannya juga tidak sedikit mencapai ratusan juta rupiah.

Nah bagi kamu yang tidak ingin kena modus seperti ini maka tidak ada salahnya kita mencegah supaya tidak kena modus penipuan seperti ini. Kadang kita sudab tau itu penipuan tapi kita lupa, kemudian kita klik tautan itu dan memasang APK itu pada HP.

Nah untuk mencegah APK terpasang pada HP maka kita bisa mencegahnya dengan melakukan penolakan pemasangan aplikasi tidak sah pada HP dengan cara mengatur izin pada aplikasi WA atau aplikasi lain yang dipakai untuk mengirim tautan spam / yang berisi APK jahat.

Seperti apa cara mencegah apliaksi APK yang jahat yang tidak sah supaya tidak bisa terpasang pada HP, silakan simak caranya di bawah ini.
  1. Pertama silakan cari pengaturan pada HP kamu, setalah itu silakan pilih aplikasi.
  2. Nanti akan muncul banyak apliaksi yang terpasang padq HP kamu
  3. Setelah itu pilih WhatsApp, kemudian lihat ke bawah, pilih menu Install aplikasi yang tidak di kenal. Jika masih aktif, sikakan pilih matikan saja.

Selain cara diatas, bagi kamu yang suka pakai aplikasi WA yang tidak official seperti WA GB, maka segeralah ganti dengan aplikasi WA yang berasal dari Play Store atau App Store supaya lebih aman.

Selain itu jika sudah menerima pesan seperti itu maka langsung saja blokir nomor itu dan hapus semua esan dan file yang dikirim oleh penipu itu.

Nah itulah cara mencegah aplikasi format APK yang dikirim via WA bisa terpasang pada HP kita, jika kita sudah tidak mengizinkan maka apliaksi APK itu tidak akan bisa terpasang pada HP kita.

Nah itulah sedikit info tentang mencegah apalikai APK terpasang pada HP Android, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Cara Mencegah File APK Android Terbuka dan Terpasang Pada HP yang dikirim Via WhatsApp"