Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemakaian Kata Angkatan dan Alumni yang Tepat

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit cerita tentang pemakain kata Angkatan dan Alumni. Kedua kata itu biasanya berkaitan dengan kata reuni. Nah beberapa lalu saya melihat sesuatu yang janggal dari pemakaian kedua kata itu, oleh sebab itu saya mencoba memberikan cara pemakaian kata Angkatan dan Alumni yang lebih tepat.

Pemakaian Kata Angkatan dan Alumni yang Benar


Reuni ini merupakan acara berkumpulnya suatu atribut atau almamater ketika sudah lama tidak pernah bertemu. Biasanya yang mengadakan reuni bisa dari teman sekolah, teman kuliah, teman kerja atau bisa juga dari instansi lain.

Nah saat akan mengadakan reuni biasanya dipilah mulai dari almamater yang besar sampai yang paling kecil. Bisanya saat reuni itu bisa dipilih dari angkatan atau alumni tahun tertentu, atau bisa juga mengadakan reuni akbar bisa dipilih dari angkatan / alumni dalam kurun waktu tertentu.

Nah seperti apa pemakaian kata angkatan atau alumni saat akan mengadakan reuni. Kalau menurut saya sendiri semuanya bisa dipakai baik angkatan atau alumni, namun tahunnya harus disesuaikan. Nah misalnya saya sendiri masuk SD tahun 1989 tamat 1995, SMP 1995 tamat 1998, SMA 1998 tamat 2001 dan kuliah tahun 2001-2004.

Jadi berdasarkan data diatas maka saya SD angkatan 1989 alumni 1995, SMP angkatan 1995 alumni 1998, SMA angkatan 1998 alumni 2001 dan Kuliah Angkatan 2001 alumni 2004. Jadi sudah jelas banget penjelasan saya tentang pemakain angkatan dan alumni untuk contoh diatas.

Nah saat akan mengadakan reuni, maka yang dipilih kata angakatan atau Alumni, keduanya bisa saja dipakai namun tamunya yang diundang tentu akan beda. Kalau memakai kata Angkatan, misalnya Reuni teman SMA angkatan tahun 1998, maka tamu undangannya adalah mereka semua yang masuk sekolah SMA itu pada tahun 1998. Sedangkan jika memakai kata alumni maka memakai kata Alumni 2001, ini juga undangannya beda, artinya mereka yang masuk SMA, entah dari angkatan kapan saja, bisa jadi undangan, yang jelas dia alumni 2001. Misalnya ada yang angkatan 1997 tapi karena tinggal kelas setahun maka jadi alumni 2001. Atau bahkan angkatan 1996 karena gak naik kelas dua kali maka dia juga bisa jadi alumni 2001.

Apalagi kalau kuliah, misalnya si A dan si B kuliah S1 bersamaan dengan sistem SKS, jika si A ngebut kuliahnya nyicil SKSnya, maka jika masuk kuliah tahun 2001 maka bisa jadi tamatnya lebih cepat misalnya tahun 2004. Atau bisa juga si B masuk kuliah tahun 2001, namun karena malas kuliah maka dia baru selesai kuliah tahun 2007. Nah dari dua contoh itu si A dan B sama-sama angkatan 2001 namun beda alumni, karena si A lebih cepat tamat maka dia menjadi alumni 2004 sedangkan si B menjadi alumni 2007.

Nah dari dua contoh diatas saya rasa sudah paham bagaimana memakai kata Angkatan dan Alumni untuk merangkul orang yang dimaksud. Jadi jika reuni akan memakai kata angkatan maka ikuti dengan tahun masuk, sedangkan jika memakai kata alumni maka ikuti dengan tahun tamatnya. Saya sendiri SMP angkatan 1995 dan alumni 1998 karena selalu naik kelas.

Jadi seperti itulah pemakaian kata Angakatan dan Alumni ketika kita akan merangkul seseorang untuk bergabung, menurut saya lebih baik memakai angkatan saja karena lebih jelas dan lebih gampang mencari anggotanya /orangnya, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Pemakaian Kata Angkatan dan Alumni yang Tepat"