Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Mobil Suzuki Ertiga, dari Desain hingga Performanya

Mobil penumpang atau yang akrab disapa dengan Multi Purpose Vehicle (MPV) cukup beragam pilihannya di Indonesia. Hampir setiap produsen otomotif mengeluarkan seri mobil MPV. Suzuki juga mengeluarkan mobil MPV yang menarik dan sangat populer, yakni Suzuki Ertiga.
Review Mobil Suzuki Ertiga, dari Desain hingga Performanya
Foto: Suzuki.co.id

Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil keluarga terbaik dari Suzuki Indonesia. Mobil ini termasuk MPV Global berjenis Low MPV yang dirakit di Indonesia, dan dipasarkan sampai luar negeri. Suzuki Ertiga merupakan seri mobil unggulan yang AMIN, yakni Aman, Mewah, Irit, dan Nyaman.

Desain Eksterior Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga didesain sebagai mobil penumpang, bukan mobil niaga dimana sangat menekankan aspek AMIN hingga hal terkecil sekalipun. Mobil ini dilengkapi dengan kunci anti maling Immobilizer dan Side Impact Bearn atau baja penahan benturan samping.

Selain itu, eksterior Suzuki Ertiga memiliki desain luar yang modern. Sedangkan untuk detailnya, bisa disimak berikut ini.

● Ukuran

Mobil Suzuki Ertiga memiliki panjang sekitar 4.395mm, lebar 1.735mm, tinggi 1.690mm. Sumbu rodanya diletakkan pada jarak 2.740mm sehingga mampu menyangga beban dengan stabil. Ground clearance sekitar 180mm.

● Desain Depan

Front grille dibuat dengan pattern gerigi yang dibalut dengan aksen chrome menjadikan kesan premium. Lampu depan juga menghadirkan reflector serta bentuk yang tajam pada ujung lampu. Spion yang digunakan adalah spion elektrik dan LED High Mount Stop Lamp.

● Desain Samping

Bagian samping dari Suzuki Ertiga terlihat cukup elegan dengan dua garis tegas dan kink yang cukup tebal di kaca baris ketiga sehingga terkesan futuristik.

● Desain Belakang

Lampu bagian belakang mobil ini dilengkapi LED Rear Combination Lamps. Lampu ini menyerupai boomerang sehingga terlihat modern.

Desain Interior

Suzuki Ertiga memiliki desain interior mewah dan elegan sehingga banyak digemari. Beberapa kelengkapan interior tersebut antara lain sebagai berikut.

● Tempat Duduk

Kabin mobil ini luas dengan dilengkapi 7 tempat duduk yang memiliki desain mewah juga nyaman. Tempat duduk pada Suzuki Ertiga ini didesain dengan legroom yang sangat lega. Disini juga terdapat headrest yang terpasang pada setiap kursi.

● Bagasi

Suzuki Ertiga memiliki bagasi yang luas. Kursi belakang juga dapat dilipat dan dijadikan bagasi tambahan jika membutuhkan tempat lebih.

● Dashboard

Desain dashboard mobil ini dilengkapi dengan panel instrumen yang mewah. Panel didesain dengan wooden panel dan head unit yang canggih dengan tambahan fitur-fitur USB charging, double blower, dan beberapa fitur lain. Disini juga tidak terdapat banyak tarikan sehingga lebih mudah saat membersihkan.

Terdapat laci kecil untuk menyimpan HP atau barang lainnya pada dashboard. Pada bagian tengah dashboard juga terdapat audio system 2 DIN dengan USB. Tuas persnelingnya sendiri berada di tengah depan hand brake dengan desain sederhana dan mudah dijangkau ketika berakselerasi.

Performa

Suzuki Ertiga memiliki performa yang unggul dan dapat disaingkan dengan kompetitor sekelasnya. Tenaga yang dihasilkan oleh mobil ini cukup tinggi yaitu mencapai 104.7 PS per 600 rpm. Kemampuan mesin yang mumpuni menciptakan torsi yang juga cukup tinggi yang bisa mencapai 138 nm per 4400 rpm.

● Mesin

Suzuki Ertiga rata-rata memiliki kapasitas silinder mesin yang tinggi mencapai 1462 cc dan karena hal ini membuat mobil Suzuki Ertiga menjadi mesin dengan penunjang sistem pembakaran yang baik.

Mesin Suzuki Ertiga ini menggunakan jenis mesin 4 silinder. Konfigurasi mesin K15B, DOHC, dan VVT membuat performa mobil Suzuki Ertiga semakin gahar dan tentunya irit bahan bakar.

● Daya Suspensi dan Sistem Rem

Dalam sistem suspensinya, mobil ini telah dirancang dengan kapabilitas yang tinggi. Bagian depan mengadopsi macpherson strut with coil spring. Sedangkan bagian belakang didukung oleh suspensi torsion beam with coil spring, sehingga menjadi lebih nyaman dan ringan.

Rem Suzuki Ertiga pada bagian depan dilengkapi kemampuan ventilated disc brake yang bekerja dengan memperkecil gaya gesek pada roda. Sedangkan untuk rem belakang menggunakan jenis drum brake, leading, dan trailing.

● Sistem Keselamatan

Suzuki Ertiga sudah dilengkapi sistem keselamatan berupa anti lock braking system,brake assist, electronic brake distribution, sensor parkir dan review kamera. Mobil ini juga dilengkapi dengan vehicle stability control system yang membantu mempertahankan kestabilan saat dikendarai.

Itu dia ulasan tentang mobil MPV Suzuki Ertiga dengan kelebihan pada desain dan performa yang mumpuni. Mobil ini sangat cocok dipilih untuk mobilitas keluarga Anda.


Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Review Mobil Suzuki Ertiga, dari Desain hingga Performanya"