Pengalaman Mengisi Sensus Penduduk Online 2020

Halo Brosis, seperti diketahui kalau sensus penduduk online 2020 sudah mulai per hari ini yakni tanggal 15 Februari sampai dengan tanggal 31 Maret 2020 yang bisa kamu lakukan dengan mengunjungi situs / website BPS.

Saya sendiri sudah ikut berpartisipasi dalam Sensus Penduduk online 2020 ini dan saya rasa sangat mudah untuk mengisi beberapa formulir yang harus diisi karena tinggal memilih menu dropdown dan juga tinggal centang saja dan ada sedikit menulis alamat jalan tempat tinggal dan tentang penjelasan pekerjaan.

Saya sendiri sebagai kepala keluarga sudah ikut melaksanakan kegiatan ini dengan baik meski ada sedikit keraguan saat mengisi formulir online tersebut. Namun dengan bertanya pada sumber yang kredibel akhirnya saya bisa menyelesaikan sensus penduduk online 2020 ini. Sempat khawatir saat akan akses website BPS ini, karena banyaknya yang akses, takut situs error atau tidak bisa dibuka, namun semua itu tidak terjadi, ternyata lancar jaya.

Seperti apa cara mengisi fromulir sensus penduduk online 2020 ini, silakan simak beberapa langkahnya berikut ini.
  1. Sebelum mulai mengakses website BPS, maka ada baiknya persiapkan beberapa dokumen seperti KTP, KK, Akte nikah laki dan perempuan, karena saat mengisi formulir akan ditanya NIK, KK dan nomor akte nikah suami dan istri. Meski memerlukan juga Akte lahir namun tidak perlu memasukkan nomor.
  2. Pastikan koneksi internet kamu sudah bagus dan kenceng supaya tidak terjadi masalah saat mengakses situs web BPS. Situe web sensus 2020 bisa diakses via HP atau pun laptop.
  3. Jika sudah mempersiapkan dokumen dan koneksi  yang bagus, silakan kunjungi situs sensus penduduk online 2020 di https://sensus.bps.go.id
  4. Jika sudah, silakan masukkan NIK, KK dan masukkan captcha enam digit, jika captcha tidak muncul silakan tunggu beberapa saat. Jika sudah silakan tap Cek Keberadaan.
  5. Jika sudah berhasil maka akan muncul formulir pembuatan password, Silakan buat password sesuai petunjuk dan juga buat pertanyaan keamanan yang berguna untuk reset pasword ketika kamu lupa password di kemudian hari. Pengalaman saya saat membuat password ini sempat muncul tulisan merah Terjadi kesalahan, sempat beberapa kali terjadi kesalahan, namun tidak ada petunjuk bagian mana yang salah. Akhirnya saya putuskan untuk membuat password dengan kombinasi 5 angka dan 1 huruf, akhirnya saya berhasil membuat password. Setelah itu silakan tap  Mulai Mengisi.
  6. Selanjutnya akan muncul formulir keterangan keluarga, paling pertama adalah alamat keluarga saat ini. Nah disini saya sempat bingung, alamat yang diisi sesuai KTP atau alamat tinggal saat ini. Saat ini saya tinggal di Denpasar namun KTP saya masih KTP Buleleng. Karena bingung akhirnya saya bertanya ke Sekretariat SP 2020 Buleleng di nomor telpon (0362) 22145, disana dijelaskan kalau alamat yang diisi adalah alamat tempat tinggal sekarang yakni alamat Denpasar.
  7. Setelah itu silakan isi formulir yang ada, Baca dulu pertanyaan dengan baik setelah itu silakan jawab pertanyaannya dengan memilih menu dropdown atau silakan centang pada jawaban yang ada.
  8. Jika sudah berhasil mengisi beberapa jawaban, silakan tap simpan sementara untuk menyimpan data yang sudah diisi.
  9. Saya sendiri sudah menikah namun belum punya anak dan juga tidak mengajak anggota keluarga yang lain, jadi tidak perlu menambah anggota keluarga.
  10. Jika sudah selesai mengisi seluruh pertanyaan, silakan simpan lagi, dan jika sudah yakin dengan jawaban yang diberikan dan yakin tidak ada kesalahan, maka silakan pilih menu kirim. Namun perlu diingat, data yang sudah dikirim tidak dapat diubah lagi. Selain itu kita juga menyatakan ketika / dengan menekan tombol kirim, kita menyatakan bahwa data yang kita kirim adalah benar-benar data pribadi dan diisi dengan sebenar-benarnya sesuai kondisi saat pengisian dilakukan.
Nah itulah sedikit pengalaman saya saat berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online 2020, semoga bermanfaat dan terimakasih. Jika ada sesuatu yang kurang paham atau membingungkan, bisa hubungi sekretariat SP2020 kabupaten Buleleng 2020 di nomor telepon (0362) 22145 bagi warga Buleleng.

Jika sudah berhasil mengirim data, silakan keluar dari situs, letaknya pada bagian paling atas dengan tap keluar, karena saat kita login pertama kali, tidak mau logout otomatis, sehingga bisa berbahaya kalau kita mengisi data ini di perangkat publik seperti warnet atau HP minjam ke orang lain. 

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Mengisi Sensus Penduduk Online 2020"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel