Cara Supaya Hidup Tenang tanpa Beban

Halo Brosis, sebelumnya saya ucapkan selamat tahun baru 2020 untuk kita semua, semoga tahun ini menjadi tahun yang berkesan untuk dikenang pada tahun selanjutnya. Mungkin sudah banyak yang punya resolusi untuk tahun 2020 ini. Apakah ada perubahan resolusinya dari tahun 2019, nah itu tergantung kita seperti apa akan menjalani hidup ini di tahun 2020.

Cara Supaya Hidup Tenang tanpa Beban

Seperti saya sendiri menjalani hidup ini selow saja, ketika ada orang yang malam tahun baru keluar untuk mencari hiburan dan menyalakan kembang api, saya malah memilih untuk tidak kemana-mana dan tidak melakukan apa-apa cuma diam di kamar saja sambil main game. Nah itu semua tergantung kita, kalau dengan menyalakan kembang api bisa merasa senang, namun ada juga sudah merasa senang meski hanya diam di kamar saja.

Saya sungguh tidak pernah ambil pusing dengan semua itu, yang penting saya melakukannya dengan senang, jadi mau melakukan apapun kalau sudah senang ya pasti tidak ada beban, asalkan kegiatan positif ya. Nah oleh sebab itu kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana bisa hidup senang, tenang tanpa harus tegang ketika menjalani hidup ini.

Memang hidup ini kita yang menjalani namun orang lain yang menilai, entah itu baik atau buruk tentu ada saja penilaian dari sudut pandang yang berbeda sehingga mungkin ada yang menilai baik dan juga menilai buruk terhadap apa yang kita lakukan. Nah berikut ini adalah cara saya supaya bisa hidup tenang meski punya hutang di beberapa bank sehingga kita bisa menjalani hidup dengan damai. 😀
  1. Jangan suka mengeluh, boleh mengeluh tapi jangan sering-sering, apa lagi mengeluh di media sosial, itu sangat tidak baik. Saya sendiri hampir tidak pernah mengeluh di media sosial dan juga di dunia nyata. Apalagi mengeluh masalah pekerjaan, tentu itu akan menjadi boomerang bagi kamu.
  2. Jangan mikirin hidup orang lain, ketika kamu melihat orang lain sukses, nah alangkah baiknya lihat dulu kenapa dia bisa sukses, kita harus lihat proses jangan cuma lihat hasilnya. Kalau saya melihat orang sukses, maka saya bilang dalam hati "oh pantas dia sukses" karena alasan yang positif, misalnya dia pintar, dia rajin, dia ulet, dia tahu peluang dan lain-lain. Tapi saya kok masih seperti ini saja? jadi kita harus tahu diri dan sadar diri, artinya ukurlah kemampuan mu apakah wajar hanya jadi seperti ini? apa saja yang sudah dilakukan untuk merubah nasib? Seperti apa kemampuan mu? jika semua itu sudah kamu tahu maka kamu akan bisa menerima hidup ini. Namun jika kamu ingin lebih sukses dengan kemampuan yang biasa, maka harus lebih sering mencoba dari kebanyakan orang yang lebih pintar.
  3. Jangan urus postingan di media sosial. Kadang ada orang yang suka pamer di media sosial, pamer kekayaan, pamer perjalanan, pamer istri/suami, pamer anak, itu sah-sah saja karena itu miliknya sendiri dan mungkin dia banyak berjuang untuk bisa pamer di media sosial. Jadi ini kaitannya dengan poin nomor 2, jika orang sukses banyak materi, akan pernah saja posting pamer di media sosial. Jadi jangan hiraukan, jika kamu mau memuji silakan, jika mau skip juga silakan, intinya gak usah mikirin orang yang suka pamer di media sosial karena media sosial memang tempat untuk pamer.
  4. Jangan pernah menyaingi kehidupan orang yang berada di atas mu, misalnya sering lihat orang pamer, di media sosial, jadi kamu ingin ikutan seperti itu dengan kemampuan yang seadanya? yah bisa ambyar hidup ini, apalagi untuk bisa menyaingi dengan membuat hutang tentu hidup ini menjadi tidak tenang karena mikirin hutang untuk dipakai konsumtif. Untuk jadi motivasi mungkin bisa untuk memacu diri ini untuk bisa sukses.
  5. Jangan suka mendengarkan gosip yang gak penting, jangan suka membicarakan orang lain di belakang, jangan suka cari tahu yang tak perlu di ketahui, cukup kerjakan apa yang harus dikerjakan untuk diri sendiri dulu.
  6. Jangan iri pada orang lain, dalam hal apapun, mereka bisa karena mereka berusaha dan berjuang dengan sepenuh kemampuan, jika pun ada yang bisa hanya dengan berjuang biasa-biasa saja mungkin itu karena nasibnya baik, jadi gak usah mikirin itu, sekarang bagaimana kita juga harus bisa sukses jadikan itu sebagai motivasi.
  7. Jangan pernah menyesali keputusan yang sudah diambil. Keputusan waktu itu adalah keputusan Tuhan karena apapun yang terjadi hari itu adalah memang harus seperti itu. Artinya yang terjadi biarlah terjadi sekarang kita bagaimana belajar dari pengalaman itu supaya menjadi lebih baik di kemudian hari.
  8. Jangan pernah memaksakan, kalau kemampuan seperti itu yang cukup sampai disitu, jangan terlalu fokus bekerja, sesekali hibur diri dengan hiburan yang bisa menghibur, misalnya menonton, makan diluar, pergi rekreasi untuk menjaga hubungan baik dengan orang terdekat dulu, keluarga dan lebih jauh lagi.
  9. Yang paling saya resapi adalah, seperti apa saya ini, jadi saya bisa tahu diri dengan keadaan saya yang sekarang sehingga saya bisa menerima diri ini apa adanya dan selalu bersyukur atas apa yang sudah didapatkan dan terus berusaha untuk menjadi lebih baik.
Saya orangnya tidak pernah takut kehilangan, dulu beberapa kali saya harus berhenti bekerja, namun setelah itu saya berusaha menjadi pekerjaan lagi, setelah beberapa kali kehilangan pekerjaan akhirnya saya benar-banar berhenti kerja di kantoran, saya pun menjadi pengangguran, namun saya masih tetap bisa menjalani hidup, saya menikmati hidup dengan jalan-jalan, kamu bisa cerita perjalanan saya di blog saya kapahjumah.com yang saya buat pada akhir desember 2015. 

Nah itulah beberapa hal yang saya lakukan supaya hidup saya tenang, dan hidup ini jarang menjadi beban, tidur pun selalu nyenyak setiap malam karena tidak mikirin hal-hal yang tidak perlu dipikirkan.
Made Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Belum ada Komentar untuk "Cara Supaya Hidup Tenang tanpa Beban"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel