Yamaha NMax Tiba-tiba Boros Bahan Bakar, Apa Penyebabnya?

Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya mau sedikit cerita tentang motor Yamaha NMax tahun 2016 yang tiba-tiba menjadi boros bahan bakar. Motor ini dipakai oleh istri saya, dia mengeluh sudah sejak 2 minggu ini motornya dirasakan boros bahan bakar.


Biasanya kalau beli BBM pertalite Rp 50.000 bisa dipakai seminggu lebih untuk berangkat dan pulang kerja dari Denpasar ke Seminyak. Namun karena motor mulai boros, pertalite segitu dipakai kurang dari satu minggu kira kira 4-5 hari saja, sehingga beli BBMnya terasa banget.

Awalnya saya gak percaya kalau motor Yamaha NMax istri saya mulai boros, saya pun abaikan keluhan istri saya itu karena saya gak percaya kalau motor mulai boros BBM.

Akhirnya pada suatu hari saya antar istri ke tempat kerja, setelah itu motor itu saya pakai online untuk GrabBike, karena plat yang terdaftar pada akun Grab saya adalah Yamaha NMax itu.

Saya pakai narik selama beberapa jam, awalnya BBM yg terlihat pada indikator BBM hanya habis satu Bar saja. Setelah itu saya lihat bar indikator BBM habis lagi 2 bar.

Nah dengan demikian saya pun memutuskan untuk segera membawa motor NMax itu ke bengkel resmi. Karena hari sabtu dan sudah sore dan hari minggu bengkel tutup, maka hari senin baru saya bawa ke bengkel.

Sampai di bengkel seperti biasa daftar service, saya bilang beberapa keluhan pada motor seperti mulai boros bahan bakar, lampu indikator sempat menyala, trus yang terakhir handel rem kiri agak keras.

Setelah motor dikerjakan saya pun dipanggil oleh mekanik, menjelaskan apa yg sebenarnya terjadi dengan motor saya. Dari analisa mekanik berdasarkan average pemakaian BBM seperti yg terlihat pada speedometer, disana terlihat angka 41.0 km untuk satu liter bensin.

Lalu saya jelaskan bahwa mulai boros itu sejak 2 minggu terakhir, lalu saya tanya, "ini average pemakaian BBM untuk periode kapan?" Mekanik menjawab, "kalau belum pernah direset, ini average dari awal". Saya pun balik nanya, "berarti untuk periode 2 minggu terakhir belum bisa terlihat ya?" 

Setelah itu saya sempat cerita kalau dulu saya pernah punya motor new vixion, saya bilang dulu motor saya pernah boros BBM, lalu mekanik pun mengecek dan memberikan solusi dengan mengatur ulang ECU atau CO saya kurang tahu, dan akhirnya moto new vixion saya jadi lebih irit lagi.

Dari cerita saya itu, mekanik pun bilang, bisa saja sih di setting CO nya tapi kalau asupan BBM berkurang motor jadi lemot, motor matic beda settingnya dengan motor pakai kopling dan cara pemakainya juga beda.

Terus mekanik juga menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan motor menjadi boros BBM seperti kondisi cuaca atau tekanan udara, cara pemakaian apakah suka bentot-bentot gas dengan keras dan juga macet. Tapi saya jelaskan lagi kalau pemakaian motor normal, apalagi motor di bawa oleh istri saya yang jarang ngebut.

Kemudian mekanik pun mereset average BBM itu menjadi nol. Mekanik kekeh bilang kalau motor saya tidak ada masalah dengan average 41 km / liter itu adalah normal. Kalau masalah lampu indikator mesin menyala dan mati lagi, itu artinya sistem bisa mengembalikan setting yang ada pada sensor sistem. Karena motor sudah canggih.

Setelah itu saya pun percaya saja sama mekanik, padahal dalam hati saya kecewa dengan penjelasan mekanik karena tidak mendapatkan jawaban yang tepat dengan pertanyaan saya, kenapa motor Yamaha NMax saya tiba-tiba boros BBM, padahal pemakaian normal saja.

Nah dengan diresetnya average BBM maka saya akan lihat hasil pemakaian BBM setelah saya rasa motor ini boros BBM, apakah masih averagenya di angka 40an / liter. Setelah saya tahu hasilnya saya akan bawa motor ini ke bengkel lain untuk mencari second opinion, jujur saya kurang puas dengan jawaban dan juga pengambilan tindakan dari mekanik yang ada di bengkel itu.

Nah selain itu motor saya juga di cek saringan udaranya dan rem kiri sudah mulai agak lembut setelah dibersihkan dan juga tadi ganti busi karena businya sudah tidak bagus lagi. Nah itulah sedikit cerita saya saat service Yamaha NMax karena masalah boros BBM, semoga bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Yamaha NMax Tiba-tiba Boros Bahan Bakar, Apa Penyebabnya?"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel