Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Benar Posting Jualan Sepeda Motor pada Marketplace Facebook

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, Seperti diketahui saat ini facebook sudah menyediakan fitur untuk berjualan yang diberi nama Marketplace. Nah kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang cara posting jualan sepeda motor pada marketplace / grup jual beli Facebook supaya bisa memberikan informasi yang lengkap kepada calon pembeli.

Cara Benar Posting Jualan Sepeda Motor pada Marketplace Facebook

Pada marketplace ini kita bisa menjual kendaraan / sepeda motor bekas kita dengan cara yang mudah tanpa harus mengeluarkan biaya iklan dan biaya lainnya, cukup dengan HP, kuota internet dan punya akun facebook maka kita sudah bisa menjual barang kita di marketplace facebook.

Kali ini saya akan lebih spesifik membahas tentang cara posting jualan sepeda motor pada Marketplace, karena belakangan ini saya sedang mencari motor bekas, namun banyak informasi yang tidak bisa saya dapatkan pada postingan iklan pada marketplace tersebut.

Ketika saya mencari iklan sepeda motor bekas di Marketplace facebook maka yang pertama saya ingin tahu adalah nopol / dimana kendaraan itu terdaftar, biasanya saya mencari kendaraan yang satu daerah dengan saya, supaya mudah mengurus balik nama. Kemudian info lainnya yang saya perlukan  adalah tahun kendaraan tersebut.

Jika saya sudah menemukan minimal dua informasi tersebut maka kemungkinan akan berlanjut dengan mengirim pesan /menghubungi penjual untuk info lebih lanjut yang tidak ada pada keterangan iklan di marketplace.

Baiklah saya akan langsung saja memberikan tips ketika membuat keterangan saat menjual sepeda motor bekas pada marketplace facebook. Info apa saja yang perlu ditambahkan saat membuat iklan di marketplace Facebook, silakan simak di bawah ini.
  1. Jenis kendaraan harus jelas, karena disini kita menjual sepeda motor maka kita pilih jenis kendaraan sepeda motor. Biasanya disini banyak yang salah memilih kategori, jual kendaraan tapi masuk ke kategori lain.
  2. Setelah itu kita isi tahun pembuatan kendaraan.
  3. Setelah itu kita pilih Pabrikan, disana ada banyak sekali jenis pabrikan, namun di Indonesia biasanya ada Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan lain-lain, silakan pilih nama pabrikan sesuai merek kendaraan yang akan dijual. 
  4. Kemudian pilih model kendaraan, jika tidak ada pada list maka silakan pilih saja lainnya, nanti kita bisa ketik secara manual. (Poin 2-4 akan menjadi judul iklan Anda di marketplace)
  5. Silakan isi warna eksterior sesuai jenis warna yang tertera pada STNK kendaraan.
  6. Silakan isi jarak tempuh kendaraan saat ini ketika akan mau dijual.
  7. Silakan isi lokasi iklan, atau lokasi sepeda motor yang akan dijual, biasanya menyesuaikan dengan lokasi Anda saat ini.
  8. Silakan isi harganya, sesuai dengan harga yang anda inginkan, apakah itu harga pas atau harga masih bisa nego, silakan tentukan sendiri dan nanti isi info tambahan harganya pada keterangan iklan.
  9. Nah ini paling penting, Keterangan iklan harus jelas dan bisa memberikan informasi yang lengkap pada pembeli, supaya tidak bolak balik bertanya pada penjual untuk informasi yang seharusnya sudah ada pada kolom keterangan ini. Dalam keterangan ini kita bisa tambahkan informasi sebagai berikut:
    • Dimana lokasi kendaraan, biasanya akan mempengaruhi calon pembeli, kalau dekat mungkin akan mencoba menawar, kalau jauh mungkin iklan akan diabaikan.
    • Nopol / Plat kendaraannya daerah mana, biasanya calon pembeli mencoba membeli kendaraan yang satu daerah dengan KTPnya supaya mudah mengurus balik nama kendaraan bekas yang sudah dibeli.
    • Apakah motor tersebut milik pribadi, tangan pertama atau tangan kedua.
    • Surat-surat kendaraan apakah lengkap termasuk jatuh tempo pajaknya sampai kapan. Kadang pembeli juga ingin tahu jatuh tempo pajaknya supaya, baru beli tidak langsung bayar pajak dan ini juga bisa mempengaruhi harga jual.
    • Jelaskan juga kondisi kendaraan kepada calon pembeli, apakah masih mulus atau ada cacatnya.
    • Jelaskan juga apakah harga yang ditawarkan harga pas atau harga masih bisa nego.
    • Silakan tambahkan nomor telepon Anda supaya lebih mudah dihubungi oleh calon pembeli.
    • Silakan isi juga keterangan, silakan cek ke lokasi untuk kondisi detail kendaraan yang akan di jual.
Itulah sedikit tips tentang cara benar posting jualan sepeda motor bekas di marketplace Facebook, info di atas adalah info yang paling banyak di cari oleh calon pembeli kendaraan bekas, khususnya sepeda motor.

Meskipun kita sudah menambahkan informasi yang lengkap, kadang ada calon pembeli yang malas membaca dengan menanyakan pertanyaan yang sudah ada jawabannya pada keterangan iklan, jadi sebagai penjual kudu sabar, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Cara Benar Posting Jualan Sepeda Motor pada Marketplace Facebook"