Apa itu Sebenarnya Kena Hack?

Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya kali ini saya mau sedikit membahas tentang hack / kena retas terutama untuk akun sosial media. Nah hari ini saya banyak melihat postingan tentang akun facebook orang nomor satu di Kodya Denpasar yakni Bapak Ida Bagus Rai Mantra selaku Wali kota Denpasar kena Hack. Nah apakah tepat penggunaan kata Hack dalam kasus ini?


Ceritanya begini, jadi ada orang yang membuat akun facebook atas nama Rai Mantra dan juga memakai foto beliau dalam profil akun facebook tersebut. Kemudian akun itu melakukan permintaan pertemanan kepada orang-orang yang mungkin kenal atau tidak dengan Bapak Rai Mantra. Nah setelah itu akun tersebut langsung melakukan aksinya lewat FB Messenger dengan cara melakukan permintaan bantuan berupa uang.

Mengetahui hal tersebut, maka Bapak Rai Mantra pun melakukan klarifikasi di akun Facebook resminya, bahwa Beliau tidak ada membuat akun baru beliau menulis dalam akun facebooknya seperti ini "Saya sampaikan bahwa akun saya di hack. Jika ada permintaan dana atau apapun mohon diabaikan. Suksma" seperti itulah klarifikasinya.

Nah sebelum lanjut mari kita bahas apa itu hack? nah seperti asal katanya Hack merupakan kata kerja berasal dari bahasa inggris yang artinya retas sedangkan orang yang melakukan pekerjaan ini disebut Hackers atau peretas dalam bahasa Indonesia. Hackers merupakan orang yang mampu membobol sistem keamanan sebuah sistem sehingga dia bisa menguasai dan mengendalikan sistem tersebut tanpa ketahuan karena kebanyakan hakcers itu anonim atau anonymous bahasa kerennya. Nah sampai disini saya yakin sudah paham apa itu hack dan hackers.

Nah kembali ke kasus akun Facebook Bapak Rai Mantra yang katanya kena Hack, nah jika akun Pak Rai Mantra sempat di kuasai oleh Hackers saat melakukan permintaan dana di facebook messenger maka akun beliau memang benar kena hack sedangkan jika orang yang tidak bertanggung jawa itu membuat akun facebook baru dengan nama Rai Mantra dan melakukan permintaan pertemanan dulu maka itu bukan kena Hack tapi kena pencurian profil Facebook (kloning)  yakni membuat profil facebook dengan nama dan foto yang sama untuk meyakinkan orang lain percaya bahwa itu adalah Bapak Rai Mantra.

Jadi sampai disana saya yakin sudah tahu bedanya antara akun kena hack dengan akun kena kloning karena keduanya berbeda. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Sebenarnya Kena Hack?"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel