Cara Mudah Mengisi Suara Drum pada Lagu dengan Aplikasi Real Drum

Advertisement
Advertisement
Halo Brosis, sudah lama tidak menulis tentang Android, kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang memakai aplikasi Android yakni aplikasi Real Drum. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mengeluarkan suara instrumen drum untuk mengiringi musik cukup dengan perangkat Android saja.


Sejak sebulan terakhir saya sedang belajar memakai aplikasi Real Drum ini supaya saya bisa mengisi lagu-lagu ciptaan saya dengan suara drum meskipun saat ini merekam lagu masih pakai HP dan hanya memakai gitar akustik. Namun ketika diisi suara drum musik akan terdengar lebih menarik.

Ada begitu banyak aplikasi permainan drum di Play Store, namun aplikasi Real Drum yang saya anggap paling bagus dan paling mudah untuk dimainkan. Aplikasi Real Drum ini ada versi gratis namun saat memainkan ada iklan yang muncul pada bagian pojok kanan atas. Ada juga versi berbayar yakni Rp 27.000 belum termasuk PPN, jika yang berbayar maka iklan akan hilang dari aplikasi.

Saya merasa sangat terbantu dengan aplikasi Real Drum ini, sampai saat ini permainan saya masih jauh dari kata bagus, namun saya sudah bisa untuk mengiringi lagu yang saya buat dan saya rekam, ada dua lagu yang sudah saya unggah di facebook saya.

Nah berikut ini adalah cara untuk mengisi suara drum pada lagu dengan memakai aplikasi Real Drum.

  1. Pertama silakan rekam dulu lagu, bisa memakai kamera HP atau kamera yang lebih bagus, atau bisa juga memakai alat rekaman jika sudah punya. Kalau saya biasanya merekam pakai HP + mic External BM 800.
  2. Setelah itu bisa tambahkan suara gitar Rythem atau Bas untuk menghasilkan musik yang lebih bagus. Kalau saya biasanya cuma tambahkan suara gitar Rythem plus melodi jika ada.
  3. Setelah selesai mixing lagu utama dengan suara gitar rythem atau bas atau melodi, silakan ubah rekaman itu menjadi format MP3.
  4. Setelah berbentuk format MP3, silakan masukkan pada HP yang ada aplikasi Real Drumnya, nanti akan diputar disana dan akan di iringi dengan permainan real drum.
  5. Setelah itu silakan buka aplikasi Real Drum, silakan tap logo segitiga biru (play) silakan pilih songs, silakan cari lagu yang akan diisi drum tadi. Setelah ketemu silakan tap play pada bagian kanan lagu.
  6. Setelah itu lagu akan terputar, setelah itu silakan tap lingkaran merah untuk merekam hasil drum yang akan kita mainkan. Silakan coba beberapa kali memainkan untuk mendapatkan hasil suara drum yang sesuai keinginan.
  7. Setelah selesai memainkan drum dengan lagu tadi, silakan tap kembali logo bulat merah (record) jika sudah maka akan secara otomatis menyimpan sauar hasil permainan drum kita tadi.
  8. Untuk melihat hasilnya, silakan cari play (segitiga biru) setelah itu silakan pilih Records, disana akan terlihat hasil rekaman drum kita, yang terekam hanya suara drum saja, lagu yang kita putar / iringi tadi tidak ikut terekam.
  9. Jika merasa hasil drum sudah bagus, silakan ganti nama filenya sebelum dieksport menjadi MP3, supaya mudah mengingat rekaman ini rekaman drum lagu yang mana. Caranya adalah, silakan pilih Edit, silakan tap logo sebelah tanda kali merah, setelah itu silakan ubah namanya jika sudah selesai silakan tap OK.
  10. Untuk bisa memakai hasil rekaman drum tersebut maka hasil rekaman itu harus diekspor dulu menjadi MP3, silakan tap logo MP3 pada sebelah kanan hasil rekaman, silakan ganti nama dulu kalau mau, jika sudah silakan tap Exports.
  11. Silakan tunggu beberapa menit untuk melihat hasilnya. MP3 akan tersimpan pada memori internal pada folder music > real drum
  12. Untuk menggabungkan antara lagu tadi dengan suara drum, bisa dilakukan pada HP atau bisa juga pada komputer.
Nah itulah cara mudah untuk mengisi suara drum pada lagu memakai aplikasi Real Drum, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sebagai contoh, silakan dengarkan lagu yang saya unggah di facebook di bawah ini.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Mudah Mengisi Suara Drum pada Lagu dengan Aplikasi Real Drum"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih