Masalah Pada BPro 5 AE Mark II S, hasil Video Blur

Advertisement
Advertisement
Halo Brosis, sudah hampir setahun lebih saya punya kamera action dengan merk Brica model BPRO 5 AE II s, selama itu saya jarang pakai. Maunya dipakai untuk motovlog tapi seperti kita tahu kalau hasil rekaman suara dari Bpro ini beser alias tidak bagus.

Masalah Pada BPro AE Mark II S, hasil Video Blur

Karena masalah itu kamera itu sempat saya bongkar sendiri, maksud hati ingin mengganti audio jacknya dari 2.5 menjadi 3.5 supaya bisa memasukkan microphone tanpa adapter bawaan dari Brica. Banyak yang bilang kalau hasil suara jelek BPro ini karena audio jacknya harus diganti menjadi 3.5 mm.

Setelah saya bongkar ternyata saya tidak bisa memasangnya karena perlu alat khusus seperti yang dimiliki oleh tukang elektronik. Maka niat mengganti lubang audio jack pun tak terlaksana. Saat membongkar kamera tersebut, saya juga sempat membuka lensa Brica tersebut karena ingin tahu seperti apa bentuk dan cara bongkar pasang lensanya.

Setelah itu saya pasang kembali semua yang sudah pernah saya bongkar sampai menjadi utuh kembali seperti sedia kala. Saya pikir tidak ada masalah karena saya sudah memasang semua komponen dengan benar dan tidak ada komponen yang tertinggal.

Namun setelah itu masalah muncul, setelah itu hasil video menjadi agak blur dan tidak jelas seperti video dengan resolusi rendah padahal saya sudah pakai setting video 720p 30 fps bahkan lebih tinggi yakni 1080p 30fps, namun video yang dihasilkan masih blur seperti video dengan resolusi sangat rendah.

Saya pun berfikir pasti ada komponen yang rusak saat saya bongkar kamera tersebut atau mungkin ada komponen yang belum terpasang dengan benar. Setelah itu lama saya diamkan tanpa saya pakai karena hasil videonya jelek.

Entah kenapa beberapa hari lalu saya kembali ingin memakai kamera itu untuk merekam perjalanan saya dari Denpasar ke Singaraja, dan hasilnya masih sama videonya masih Blur. Setelah itu saya bongkar lagi kameranya berharap bisa menemukan solusinya untuk memperbaiki hasil videonya supaya menjadi lebih jernih dan tidak blur.

Setelah mencoba beberapa hal akhirnya saya menemukan titik permasalahannya, yang membuat hasil video blur seperti dengan resolusi rendah itu adalah pemasangan lensa yang terlalu kencang atau kendor. Lensa itu kan dipasang dengan metode derat, maka jika kita kencangkan atau terlalu kendor maka titik focus kamera bisa berubah.

Nah disanalah saya mulai mengatur titik focus dari kamera tersebut dengan beberapa kali mengencangkan dan mengendorkan derat lensa Brica tersebut. Dengan melakukan percobaan beberapa kali akhirnya saya bisa menemukan focus yang terbaik untuk lensa brica tersebut sehingga bisa menghasilkan gambar yang jernih tanpa blur lagi.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Masalah Pada BPro 5 AE Mark II S, hasil Video Blur"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih