Pengguna Grab Harus Baca ini

Advertisement
Advertisement
Halo Brosis, salam satu aspal, kali ini saya akan sedikit menjelaskan seperti apa layanan pada aplikasi Grab Penumpang dan juga layanan yang disediakan oleh aplikasi GrabBike. Seperti diketahui selama ini GrabBike memiliki tiga layanan yakni GrabBike (membawa penumpang), GrabFood (membelikan makanan pada merchant) dan GrabExpress (membawa barang).

Pengguna Grab Harus Baca ini

Saya yakin banyak yang sudah tahu apa dan bagaimana layanan itu bisa digunakan oleh customer, namun ada juga yang tidak tahu apa fungsi sebenarnya dari layanan yang disediakan oleh GrabBike tersebut. Berikut ini akan saya jelaskan seperti apa layanan yang ada pada Grab terutama GrabBike.

Pada aplikasi Grab Penumpang secara umum ada ada tiga pilihan yakni Transportasi, Makanan dan Pengiriman. Transportasi juga ada beberapa pilihan seperti GrabCar, GrabBike,GrabTaxi dan lain-lain. Sementara untuk makanan (grabfood) hanya ada satu saja dengan pilihan restoran yang banyak. Sedangkan untuk Grab Express saya kurang tahu nanti akan saya jelaskan lebih detail fungsinya saja.

Jika Anda butuh layanan salah satu dari layayn Grab yang ada maka silakan buat order Anda, dari mana dan kemana, setelah itu Anda akan mendapat driver, silakan perhatikan Nama driver, jenis motor dan nomor kendaraan driver, hal ini berguna ketika akan menjemput penumpang atau mengantarkan pesanan. Jika nomor kendaraan sudah Anda ketahui maka tidak ada istilah order yang tertukar atau atau mengira-ngira mana driver yang membawa pesanan saya.

Jika order sudah selesai, maka silakan berikan bintang 5 pada driver yang sudah menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan juga tuliskan komentar supaya driver menjadi lebih baik dan bisa meningkatkan pelayanan kepada customer, karena setiap driver oejk online hidup dari bintang lima dan feedback dari customer, oleh sebab itu sempatkanlah waktu Anda yang tidak lebih dari satu menit untuk memberi bintang 5 dan feedback pada driver.
  1. GrabBike, merupakan layanan yang disediakan oleh grab untuk mengangkut penumpang sebanyak satu orang saja untuk satu perjalanan. Saya yakin sudah banyak yang tahu apa fungsi dari grabBike ini. Namun perlu juga saya sarankan kepada Anda yang mungkin baru pertama kali memakai grabBike, yang paling penting itu adalah titik penjemputan, jangan sampai titik penjemputan terlalu jauh dari lokasi Anda. Jika itu terjadi maka bisa membuat bingung driver yang akan menjemput. Selain itu titik antar juga harus sesuai, tidak melenceng begitu jauh dari tempat pengantaran yang sebenarnya.
  2. GrabFood, grabfood ini adalah layanan dari Grab untuk membelikan makanan pada merchant atau restoran yang Anda pilih pada aplikasi Grab. Layanan ini memudahkan Anda untuk membeli makanan ketika Anda malas untuk keluar. Driver akan membayar dulu semuanya, mulai dari harga makanan dan juga parkir. Nanti sampai ditujuan akan diganti oleh pembeli atau yang memesan GrabFood tersebut. Untuk tarif antarnya memang murah, jarak terdekat hanya Rp 4.000 saja. Namun bagi Customer jangan lihat tarif itu karena driver akan mendapat insentif dari perusahaan setiap menyelesaikan order GrabFood dengan syarat dan ketentuan berlaku. Besar Insentif untuk sekali order yang memenuhi syarat adalah Rp 14.000. Nah disanalah keuntungan driver Grab jika mendapat order GrabFood dari customer.
  3. Grab Express, nah layanan satu ini adalah layanan yang disediakan oleh GrabBike untuk mengantar barang yang sesuai dengan ketentuan Grab. Disini driver cuma mengambil barang yang akan dikirimkan dari titik penjemputan dan dibawa ke titik atau alamat antar sesuai dengan yang di aplikasi. Namun ada beberapa Customer yang tidak paham dengan layanan ini. Seolah-olah mereka mengira Grab Exrpress ini adalah layanan yang mirip dengan Go-Shop / Go-Mart milik Go-jek. Banyak customer yang menyalah artikan layanan Grab Express ini. Misalnya ada orang pesan Grab Express, disuruh ambil barang di toko, sampai di toko disuruh bayarin dulu barang yang diambil dan sampai di tujuan tempat antar maka uang akan diganti sekaligus dengan ongkos kirim.
Seperti yang saya alami hari ini, Minggu 19 Agustus 2018, tadi siang saya menerima order Grab Express, tanpa basa-basi saya langsung terima order tersebut dan langsung menuju pengambilan barang. Namun sampai ditengah perjalanan saya mendapat pesan dari yang order, saya disuruh membeli rujak, krupuk dan es. Bukan hanya itu dibaliknya saat menuju rumah yang order saya disuruh membeli sebungkus bakso. Karena kadung sudah saya terima dan sudah dekat dengan lokasi jemput maka saya terima saja permintaan customer tersebut. Dari kejadian yang saya alami ini maka fungsi Grab Express sudah jauh menyimpang. Seharusnya jika mau pesan makanan seperti itu lebih tepatnya memakai Grab Food. Saya tidak tahu apakah Tempat saya tadi beli rujak sama es sudah bergabung sebagai merchant grabfood atau belum. 

Mungkin ada orang yang berfikir order grabfood itu ongkosnya murah, jadi customer merasa kasihan dengan driver GrabBike, seperti diketahui ongkos kirim GrabFood itu mulai dari Rp 4.000 untuk jarak terdekat. Namun seperti yang saya jelaskan di atas kalau driver akan mendapat insentif dari perusahaan sebesar Rp 14.000 untuk sekali order yang sudah diselesaikan dan memenuhi syarat untuk mendapat insentif. Oleh sebab itu mungkin ada customer yang berfikir, mendingan pakai grab Express untuk pesan makanan karena ongkosnya lebih besar.

Seperti kasus tadi, Grab Express tersebut ongkosnya Rp 8.000 sedangkan jika pesan pakai Grab Food mungkin tarifnya lebih murah yakni Rp 4.000 tapi driver dapat insentif Rp 14.000.,- jadi jika ada customer yang berfikir seperti itu maka Anda salah besar. Nah itulah sedikit cerita tentang pengalaman saya menerima order Grab Express, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pengguna Grab Harus Baca ini"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih