Pengalaman Pertama Belanja Online di JD.id

Advertisement
Advertisement
Halo Brosis, kali ini saya mau sedikit cerita tentang pengalaman belanja online di JD.id untuk pertama kalinya. FYI JD adalah merupakan singkatan dari jingdong toko online asal China karena beroperasi di Indonesia maka memakai domain Indonesia (id). Biasanya saya sering belanja online di Lazada, namun kali ini saya memilih JD.id karena barang yang saya beli di Lazada ada kesalahan pemilihan metode pembayaran, oleh sebab itu pesanan yang sudah saya buat di Lazada saya biarkan saja dan membuat pesanan baru di JD.id untuk barang yang sejenis. Singkat cerita akhirnya pesanan saya di Lazada di batalkan oleh sistem karena dalam jangka waktu 24 jam tidak saya bayar.

Pengalaman Pertama Belanja Online di JD.id

Nah sekarang saya akan ceritakan pengalaman belanja online di JD.id untuk pertama kalinya pada tanggal 12 Juli 2018. Pesanan saya yang pertama adalah HP Xiaomi Redmi 5 plus warna hitam  RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB. Saat saya masukkan ke keranjang belanja ada notifikasi yang isinya bahwa barang yang saya beli adalah barang presale, jadi kemungkinan memerlukan waktu yang lebih lama.

Saya pikir itu tidak masalah karena saya juga tidak begitu mendesak untuk memakai HP baru, jadi saya lanjutkan saya sampai ke preoses pembayaran yang saat ini bisa melakukan pembayaran di tempat (COD) dengan demikian saya jadi lebih santai, kalau barangnya datang saya bayar, kalau tidak datang saya juga tidak rugi karena belum bayar.

Setelah proses pemesanan selesai sekitar pukul 11.40 Wita maka muncul notifikasi bahwa  "Pesanan Anda telah diterima oleh gudang dan siap untuk dikirimkan" setelah membaca pesan itu, saya pikir ini barangnya sudah ada makanya sudah bisa segera dikirim.  Nah untuk detailnya silakan simak informasi pemesanan dan pengiriman barang saya di bawah ini.
Pengalaman Pertama Belanja Online di JD.id

Hanya dalam waktu dua hari pesanan sudah dipacking dan sudah siap untuk dikirim dan pada tanggal 12 Juli 2018 pesanan sudah sampai di Denpasar, namun karena pesanan saya harus dikirim ke Singaraja maka saya harus menunggu lagi. Estimasi pengiriman untuk wilayah Bali adalah 5 - 10 hari barang akan sampai.

Tanggal 14 Juli 2018 ada pemberitahuan bahwa barang sudah akan dikirim seperti yang terlihat pada gambar di atas, saya sudah senang sekali hari ini HP baru saya akan datang. Namun saya tunggu-tunggu tidak kunjung datang. Setelah jam 5 sore baru ada pemberitahuan kalau barang masih nyangkut entah dimana karena cuaca.

Setelah itu saya terus menunggu pesanan sayan datnag sampai tanggal 16 Juli, namun tak kunjung datang. Malam hari pada pukul 19.51 Wita saya ditelpon oleh CS JD.id dari Jakarta, mereka menanyakan perihal pesanan saya yang belum diterima. Dia bertanya apakah saya pernah dihubungi oleh kurir masalah pesanan yang belum sampai. Saya pun menjawab kalau saya tidak pernah dihubungi oleh kurir. CS itu pun berkata kalau besok akan diusahakan untuk diprioritaskan untuk di kirim.

Besoknya tanggal 17 Juli saya tunggu juga tidak ada kabar, kemudian saya lacak pesanan masih tidak ada kabar masih nyangkut kabar tanggal 14 Juli  karena cuaca barang tidak bisa dikirim. Karena saya akan ke Denpasar saya pasrah, uangnya saya titip uangnya ke Bapak saya. dan saya pun nitip pesan ke Bapak saya jika ada pesanan datang, tolong di terima dan bayar dengan uang ini. Dan Bapak saya pun mengerti.

Pengalaman Pertama Belanja Online di JD.id

Setelah itu pada tanggal 18 Juli 2018  dan posisi saya sudah di Denpasar, ada pesan masuk sekitar pukul 11.29 Wita, bahasanya sopan banget saya pikir ini pesan dari kurir yang akan mengirim pesanan saya. isi SMS itu adalah bahwa akan ada kiriman datang dari JD.id hari ini dengan pembayaran COD tolong siapkan dananya. Saya pun membalas kalau dananya sudah ada.

Pada hari yang sama pukul 13.43 Wita ada pesan WA masuk dari kurir yang mengirim pesanan saya, dia meminta share lokasi saya di WA supaya dia bisa menemukan alamat saya. Namun karena saya berada di Denpasar saya tidak mungkin membagikan lokasi saya saat ini via WA. Akhirnya saya berikan lokasi toko Bapak saya yang sudah tercantum di Google Maps dengan akurat.

Setelah itu tidak ada kabar lagi saya pikir Kurir itu sudah bisa menemukan alamat rumah saya dengan memakai navigasi alamat toko bapak saya. Akhirnya pukul 17.00 Wita Bapak saya menelpon bahwa pesanan atau paket sudah datang dan diterima dan sudah dibayar oleh Bapak saya.

Nah itulah sedikit cerita tentang pengalaman pertama saya berbelanja di JD.id sebenarnya saya sempat menghubungi CS online menanyakan pesanan saya ada dimana. Singkat cerita CS juga tidak bisa memastikan kapan akan pesanan akan sampai, saya disuruh menunggu sampai tanggal 20 Juli 2018.

Ada satu hal yang membuat saya kecewa dengan CS tersebut, tanpa basa basi dia menyebut saya Ibu, padahal saya cowok. Pada akhir percakapan maka saya cuma beri 3 hati dan menyebutkan alasan bahwa CS minim tentang apa itu lupa saya. Oke baiklah mungkin hanya itu cerita singkat kali ini, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pengalaman Pertama Belanja Online di JD.id"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih