Cara Mengganti Lampu Depan Honda Vario Techno 125 FI old

Advertisement
Advertisement
Sudah hampir dua minggu lebih lampu depan Honda Vario Techno 125 FI old punya saya lampu depannya mati terutama untuk lampu jarak pendeknya. Awalnya cuma satu lampu yang mati, namun setelah beberapa lama akhirnya kedua lampu untuk jarak pendek mati sedangkan untuk lampu jarak jauhnya (high beam) masih hidup.

Cara Mengganti Lampu Depan Honda Vario Techno 125 FI old

Meski dua lampu jarak jauh masih hidup namun tetap harus diganti karena tidak mungkin berkendara terus-terusan memakai lampu jarak jauh, apa lagi kalau malam hari maka itu bisa membuat pengendara di depan kita (lawan arah) akan sangat silau dengan lampu tersebut.

Mumpung jadwal ganti oli berkala maka saya langsung beli lampunya di diler tempat ganti oli. Saya lupa untuk menanyakan apakah pasang lampu itu kena biaya tambahan atau tidak. Karena dari awal saya sudah berniat untuk memasang lampu itu sendiri dirumah supaya tahu caranya.

Bagi kamu yang tidak ingin ribet maka silakan langsung saja pasang di tempat beli lampunya. Saya sempat baca di blog orang lain kalau biaya pasang lampu itu bisa mencapai Rp 15.000 dan itu pun tahun 2014 dan tidak tahu kalau sekarang berapa ongkos pasangnya.

Harga lampu bohlam untuk Honda Vario Techno 125 FI old adalah Rp 20.000 / pcs, karena saya perlu dua maka total saya membeli lampu depan tersebut menjadi Rp 40.000. Sedangkan untuk ganti olinya harganya Rp 42.000 jadi total belanja hari ini adalah Rp 82.000.

Nah kita langsung saja bagaimana cara memasang lampu depan Vario Techno 125 FI old. Caranya sangat mudah, kita tidak perlu membuka apapun karena untuk membuka lampu depan tersebut kita bongkar dari bawah.

Pertama buka dulu penutup lampu dari karet yang menempel pada rumah lampu, kemudian baru kita buka pengunci / rumah lampu. Tekan kedepan kemudian putar ke arah berlawanan jarum jam, maka pengunci akan lepas dan lampu bisa dicopot dari rumahnya.

Untuk memasangnya juga sama, setelah lampu dimasukkan pada rumahnya, harap perhatikan saat memasukkan lampu, bagian atas adalah bagian yang ada menonjolnya. Setelah lampu dipasang maka silakan pasang kembali penguncinya dengan menekan ke bawah dan putar ke arah jarum jam untuk mengunci. Setelah itu silakan pasang karet penutupnya.

Mungkin hari ini Jumat 2 Maret 2018 hari pengeluaran untuk Vario saya ini, setelah datang dari diler ternyata ban agak kempes, setelah itu saya bawa ke tukang tembel ban, setelah dicek ternyata ada ban dalam yang bocor. Pantesan anginnya cepat habis padahal baru kemarinnya beli angin. Setelah selesai di tembel bayar Rp 15.000.

Sampai rumah saya cek lagi bannya ternyata ada ban luar yang sudah robek sedikit dan ban dalam terlihat dari luar. Nah tanpa basa-basi saya pun putuskan untuk membeli ban luar, pakai ban yang standar saja dengan harga Rp 150.000 sudah termasuk ongkos pasang.

Jadi pengeluaran saya hari ini untuk Vario Techno 125 FI old ini adalah

Ganti oli = Rp 42.000
Beli lampu = Rp 40.000
Tambal ban = Rp 15.000
Ban luar = Rp 150.000 (Ban federal 90/90)
total = Rp 247.000

Namanya juga motor dipakai sudah pasti akan ada pengeluaran, memang ada beberapa part dalam waktu tertentu harus diganti untuk keamanan, namun apalah arti pengeluaran sebesar itu jika rasa nyaman dan aman sudah ada pada genggaman, jadi kita tidak was-was saat berkendara, cukup fokus pada medan di depan saja, semoga bermanfaat.

Untuk lebih jelasnya silakan tonton video di bawah ini.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Mengganti Lampu Depan Honda Vario Techno 125 FI old"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih