Cara Mengaktifkan HTTPS pada Kustom Domain Di Blogger

Advertisement
Advertisement
Hari ini saya tumben berfikir untuk mencari sebuah artikel di Google dengan kata kunci "cara aktifkan https pada blogger kustom domain" karena selama ini yang saya tahu untuk blog dengan platform Blogger tidak bisa memakai https jika memakai kustom domain. Dengan demikian saya berharap sudah ada blogger yang memakai https meski dia memakai kustom domain dari blogger.

Cara Mengaktifkan HTTPS pada Kustom Domain Di Blogger

Dengan kata kunci itu akhirnya saya menemukan hasil pencarian seperti apa yang saya harapkan. Saya klik satu artikel dan hasilnya sudah lengkap tanpa harus mencari artikel lain lagi untuk memandu saya dalam mengaktifkan HTTPS ini pada beberapa blogger saya yang sudah memakai kustom domain.

Sebenarnya apa itu https? apa bedanya dengan http? jawabannya sangat simpel jika HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, sedangkan HTTPS adalah gabungan dari HTTP+SSL. Sekarang apa itu SSL? secara singkat SSL adalah Secure Socket Layer atau Transport Layer Security (TLS), adalah kelanjutan dari protokol kriptografi yang menyediakan komunikasi yang aman di Internet. Dengan demikian kalau kita mengunjungi sebuah website atau blog di internet maka blog itu adalah blog / web yang aman dari praktek malware.

Biasanya dulu yang bisa memakai HTTPS ini adalah web atau blog dengan self hosting. Namun saat ini blog gratisan dari blogger dan dengan kustom domain pun bisa memakai fitur https ini yang membuat blog menjadi lebih ramah, aman dan memiliki perlindungan yang baik sehingga orang tidak ragu-ragu untuk membuka link blog yang kita miliki.

Cara Mengaktifkan HTTPS pada Kustom Domain Di Blogger
Contoh link blog setelah https diaktifkan

Baiklah mungkin hanya itu penjelasan singkat tentang HTTP dan SSL ini, selanjutnya langsung saja bagaimana cara mengaktifkan HTTPS ini pada blogger dengan kustom domain, silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Langkah pertama silakan buka blogger melalui draft.blogger.com, silakan pilih blog yang akan dipasang protokol https.
  2. Pada tab menu silakan pilih Pengaturan dan pilih dasar
  3. Disana ada pilihan Ketersediaan HTTPS, silakan pilih YA untuk mengaktifkan https pada blog tersebut.
  4. Proses nomor tiga bisa memakan waktu agak lama, jika proses nomor tiga sudah selesai maka silakan pilih menu Pengalihan HTTPS silakan pilih YA.
  5. Jika langkah no 1-4 sudah selesai, sekarang kita menuju template, silakan buka edit template, silakan cari semua http:// pada template tersebut kemudian ganti dengan https:// karena kita sudah memakai SSL pada blog kita, setelah itu jangan lupa simpan. Saya yakin sobat blogger sudah tahu caranya mengganti dengan cepat.
  6. Setelah itu silakan buka google webmaster atau webmaster lain yang sobat punya. Silakan submit ulang blog yang sudah memakai HTTPS tadi, caranya sama persis ketika kamu submit ulang blog tersebut, cuma bedanya sekarang pakai https:// supaya webmaster bisa merayapi blog baru kita dengan baik dan muncul di hasil pencarian dengan https://.
Nah itulah cara mudah mengaktifkan HTTPS pada blogger dengan kustom domain, dengan demikian blog menjadi lebih aman dan orang tidak ragu untuk mengklik link blog kita ketika muncul pada hasil pencarian, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Mengaktifkan HTTPS pada Kustom Domain Di Blogger"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih